Permata, Bener Meriah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permata
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
KabupatenBener Meriah
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri11.17.02 Edit the value on Wikidata
Luas159,66 km²[1]
Desa/kelurahan27[1]
Gallery Permata

Permata adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Indonesia. Ibu Kota Kecamatan Gelampang Wih Tenang Uken, Wilayah ini merupakan kawasan utama lintasan Jl. KKA hingga ke perbatasan Kabupaten Aceh Utara.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu kecamatan terluas di kabupaten Bener Meriah. Komposisi alam Permata di kategorikan sangat subur dengan jenis tanah podjolik yang sangat potensial untuk pengembangan tanaman pertanian, seperti kopi, tembakau, teh, cabe, kubis, jagung, kentang, tomat dan segala jenis sayuran. Wilayah Selimut Kabut ini cenderung dataran tinggi karena berada disepanjang lereng Gunung Geureudong sebab itu cuacanya lumayan sejuk mencapai 10°C.

Potensi Alam[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Permata tercatat sebagai lahan tanaman kopi gayo jenis varian arabika terluas, mencapai 9.147,50 Ha.[3] Dengan meningkatnya prospek perkopian Nasional dan Internasional saat ini, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah membuka peluang investasi seluas-luasnya kepada investor baik dari dalam negeri maupun invetor asing untuk memanfaatkan potensi yang cukup besar untuk pengembangan komoditas kopi.

Administratif[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan wilayah administrasi Pemerintahan Kecamatan Permata terdiri dari 26 Desa/kelurahan dengan ibu kota Gelampang Wih Tenang Uken, yang saat ini menjadi pusat sektor pertanian di Kabupaten Bener Meriah. Luas Wilayah 159,66 Km2[1] (15 744 Jiwa[2] angka perhitungan 2008 - 2012). Jarak ke Ibu Kota Kabupaten: 17,0 km,[1] Jarak Ke ibu kota Provinsi: 412.5 km.[1]

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk Permata, Bener Meriah cukup beragam, mayoritas adalah Suku Gayo, tetapi terdapat juga suku Jawa, suku Aceh, suku Karo, suku anak jame dan suku alas. aktivitas sehari-hari penduduk Permata lebih dominan sebagai petani Kopi, sementara sebagian kecil adalah pedagang dan pegawai negeri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e benermeriahkab.go.id Diarsipkan 2015-09-23 di Wayback Machine., Permata - Halaman 10.
  2. ^ a b Bener Meriah bps.go.id, Permata Page:1, tahun 2008 - 2012
  3. ^ Potensi Bener Meriah Diarsipkan 2015-04-02 di Wayback Machine., Kebergayo On 16 Sep 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]