Perkantas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perkantas atau Persekutuan Kristen Antar Universitas adalah organisasi Kristen antar perguruan tinggi di Indonesia. Organisasi ini berafiliasi dengan International Fellowship of Evangelical Students (IFES) yang berpusat di Oxford, Britania Raya. Dalam proses pertumbuhannya, Perkantas juga dibantu oleh Australian Fellowship of Evangelical Students (AFES).

Sejarah Perkantas[sunting | sunting sumber]

Perkantas sebagai sebuah yayasan Kristen dibentuk pada tanggal 29 Juni 1971 oleh beberapa orang Kristen yang terpanggil oleh Tuhan, untuk melayani secara khusus di kalangan mahasiswa dan pelajar di Indonesia. Perkantas bukan suatu gereja dan bukan pula cabang dari satu aliran gereja tertentu. Perkantas merupakan yayasan antar universitas dan tidak berada di bawah satu gereja manapun. Perkantas terpanggil untuk memberi sumbangsih dalam pembangunan di Indonesia, khususnya dalam bidang kerohanian. Sebagai yayasan antar universitas, Perkantas telah membantu banyak gereja dalam pelayanan khusus di kalangan mahasiswa dan pelajar. Perkantas terus bekerja untuk membina mahasiswa dan pelajar agar semakin berguna dalam pelayanan gereja, kepada dunia, bangsa, dan negara. Organisasi ini telah menyebar ke lebih dari 100 perguruan tinggi di Indonesia.

Organisasi non-politik[sunting | sunting sumber]

Perkantas bukan organisasi politik. Karena panggilan khusus di bidang kerohanian, Perkantas tidak berkecimpung di dunia politik. Perkantas juga tidak mau diperalat untuk kegiatan-kegiatan politik.

Kantor[sunting | sunting sumber]

Perkantas berpusat di Jakarta dan mempunyai cabang di berbagai daerah di Indonesia. Di Jawa Timur Perkantas mempunyai kantor pusat di Surabaya, dengan beberapa anak cabangnya di Malang, Kediri, Jember, Banyuwangi, dan juga sampai ke Mataram dan Jayapura.

Mitra-Mitra Perkantas[sunting | sunting sumber]

  1. Perkantas Jawa Timur
  2. PMK uncen
  3. PMK Hukum UGM
  4. PMK Immanuel
  5. PMK IPB
  6. PMK ITS
  7. PMK Stie Malang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]