Perjanjian Moskwa (1970)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perjanjian Moskwa
JenisPerjanjian bilateral
Ditandatangani12 Agustus 1970 (1970-08-12)
LokasiMoskwa, RSFS Rusia, Uni Soviet
Penanda tangan
asal
Ratifikasi
  • Uni Soviet
  • Jerman Barat

Perjanjian Moskwa ditandatangani pada 12 Agustus 1970 antara Uni Soviet dan Jerman Barat..[1][2] Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Willy Brandt dan Walter Scheel untuk pihak Jerman Barat dan oleh Alexei Kosygin dan Andrei Gromyko untuk Uni Soviet.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an, Ostpolitik yang diusung Kanselir Jerman Barat Willy Brandt adalah kebijakan yang "meninggalkan, setidaknya untuk saat ini, klaimnya sehubungan dengan penentuan nasib sendiri dan reunifikasi Jerman, mengakui secara de facto keberadaan Republik Demokratik Jerman dan garis Oder–Neisse".[3]

Kedua belah pihak menyatakan ambisi mereka untuk mengupayakan normalisasi hubungan antara negara-negara Eropa sambil menjaga perdamaian internasional dan mengikuti pedoman Pasal 2 Piagam PBB.

Para pihak yang menandatangani perjanjian ini tidak lagi menggunakan kekerasan dan mengakui perbatasan pascaperang, khususnya garis Oder–Neisse, yang membentang dari sebagian besar wilayah bersejarah Jerman bagian timur hingga Polandia dan Uni Soviet.

Hal ini juga mengabadikan perpecahan antara Jerman Timur dan Jerman Barat, sehingga memberikan kontribusi elemen stabilitas yang berharga dalam hubungan antara kedua negara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Moscow Treaty (12 August 1970)". University of Luxembourg. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 September 2012. Diakses tanggal 19 June 2021. 
  2. ^ Horst Pötzsch (2006). "Moskauer Vertrag". Deutsche Geschichte von 1945 bis zur Gegenwart (dalam bahasa German). Munich: OLZOG. hlm. 173. ISBN 3-7892-8157-3. OCLC 751019247. 
  3. ^ The Federal Republic of Germany's Ostpolitik on CVCE website (Centre for European Studies).