Perekasandian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perekasandian, dalam semiotika, adalah proses menciptakan pesan untuk transmisi oleh pengalamat ke penerima. Proses pelengkap – menginterpretasikan pesan yang diterima dari pengalamat – disebut pengawasandian .

Diskusi[sunting | sunting sumber]

Proses pertukaran pesan, atau semiosis, adalah karakteristik utama kehidupan manusia yang bergantung pada aturan-aturan yang diatur dan sandi-sandi yang dipelajari, yang sebagian besar secara tidak sadar memandu komunikasi makna antar individu . Kerangka interpretatif atau kisi penghubung ini disebut "mitos" oleh Roland Barthes (1915–1980) dan meliputi semua aspek budaya dari percakapan pribadi hingga keluaran media massa (untuk pertukaran kode melalui media massa, lihat Amerikanisme ).

Ahli teori awal seperti Saussure (1857–1913) mengajukan teori bahwa ketika penerima pesan ingin mengirimkan pesan ke penerima, makna yang dimaksudkan harus diubah menjadi konten sehingga dapat disampaikan. Roman Jakobson (1896–1982) menawarkan teori strukturalis bahwa transmisi dan respons tidak akan mempertahankan wacana yang efisien kecuali para pihak menggunakan kode yang sama dalam konteks sosial yang sesuai. Namun, Barthes menggeser penekanan dari semiotika bahasa ke eksplorasi semiotika sebagai bahasa . Sekarang, seperti yang dikatakan Daniel Chandler, tidak ada pesan yang tidak dikodekan: semua pengalaman dikodekan. Jadi ketika pembicara sedang merencanakan pesan tertentu, baik makna denotatif maupun konotatif sudah melekat pada berbagai penanda yang relevan dengan pesan tersebut. Dalam kerangka kode sintaksis dan semantik yang luas, pengalamat akan memilih penanda yang, dalam konteks tertentu, paling baik mewakili nilai dan tujuannya. Tetapi media komunikasi belum tentu netral dan kemampuan penerima untuk memecahkan kode pesan secara akurat dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Jadi pengalamat harus berusaha untuk mengkompensasi masalah yang diketahui saat membangun versi final dari pesan dan berharap bahwa makna yang disukai akan teridentifikasi saat pesan diterima. Salah satu tekniknya adalah menyusun pesan sehingga aspek-aspek tertentu diberi arti-penting (kadang-kadang disebut latar depan ) dan mempengaruhi audiens untuk menginterpretasikan keseluruhan dalam terang yang khusus. Hal ini berkaitan dengan psikologi Gestalt, Max Wertheimer (1880–1943) meneliti faktor-faktor yang menentukan pengelompokan dalam proses kognitif:

  1. fakta mengelompokkan tanda-tanda bersama-sama membuat pemisa yang tidak kritis menganggap tanda-tanda itu serupa;
  2. penonton lebih suka penutupan, yaitu lebih suka pengalaman selengkap mungkin dan melihat segala sesuatu secara keseluruhan meskipun tidak ada kesinambungan atau kesimpulan aktual yang tersirat; Dan
  3. penonton lebih memilih Occam's Razor versi semua orang, yaitu penjelasan dan solusi paling sederhana. Dalam kehidupan nyata itu berarti bahwa asumsi, kesimpulan, dan prasangka seringkali dapat mengisi kekosongan. Jika sebuah kesimpulan tampaknya sesuai dengan fakta yang tersedia, kemungkinan lain tidak dipertimbangkan atau diabaikan, menghasilkan saran bahwa manusia menghemat energi kognitif kapan pun mereka bisa dan menghindari berpikir.

Jika pembicara sedang menulis pidato, kiasan retoris dapat digunakan untuk menekankan unsur-unsur yang menjadi fokus audiens dan berpotensi dianggap sebagai predikat kesimpulan tertentu. Jika gambar akan dipilih, metonimi dapat menunjukkan nilai asosiasi umum dengan makna teks yang disukai.

Referensi[sunting | sunting sumber]