Perajah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perajah penghitung Hewlett-Packard 9862A

Perajah[1] atau perajang (Inggris: plotter) adalah mesin yang menghasilkan gambar grafik vektor. Perajah menggambar garis di atas kertas menggunakan pena, atau dalam beberapa penerapan, menggunakan pisau untuk memotong bahan seperti vinil atau kulit.

Di masa lalu, perajah digunakan dalam penerapan seperti rancangan berbantu komputer, karena mereka mampu menghasilkan gambar garis lebih cepat dan mutu lebih tinggi dibandingkan pencetak konvensional masa kini. Perajah komputer meja yang lebih kecil sering digunakan untuk grafik niaga. Pencetak berkemampuan grafis mengambil alih sebagian pasar pada awal tahun 1980-an, dan pengenalan pencetak laser pada pertengahan tahun 1980-an menghilangkan sebagian besar penggunaan perajah dari sebagian besar keperluan.

Perajah mempertahankan ceruk untuk menghasilkan gambar yang sangat besar selama bertahun-tahun, namun kini sebagian besar telah digantikan oleh pencetak konvensional format lebar. Perajah masih digunakan di sejumlah industri.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Perajah yang dikendalikan secara digital ber'evolusi dari penulis XY analog sepenuhnya yang digunakan sebagai perangkat keluaran untuk instrumen pengukuran dan komputer analog.

Pena rajah mencetak dengan menggerakkan pena atau instrumen lain melintasi permukaan selembar kertas. Artinya, perajah adalah perangkat grafik vektor, bukan grafik raster seperti pada printer lainnya. Pena rajah dapat menggambar seni garis yang rumit, termasuk teks, tetapi melakukannya secara perlahan karena gerakan mekanis pena. Mereka seringkali tidak mampu secara efisien menciptakan wilayah warna yang tegas, namun dapat menetaskan suatu area dengan menggambar sejumlah garis yang rapat dan teratur.

Perajah menawarkan cara tercepat dan efisien menghasilkan gambar berukuran sangat besar atau mewarnai karya seni berbasis vektor beresolusi tinggi ketika memori komputer sangat mahal dan daya prosesor sangat terbatas, dan jenis pencetak lain memiliki kemampuan keluaran grafis yang terbatas.

Pena rajah pada dasarnya sudah ketinggalan zaman, dan telah digantikan oleh pencetak sembur-tinta format besar dan pencetak berbasis tinta bubuk LED. Perangkat tersebut mungkin masih memahami bahasa vektor yang awalnya dirancang untuk penggunaan perajah, karena dalam banyak penggunaannya, perangkat tersebut menawarkan alternatif yang lebih efisien dibandingkan data raster.

Perajah X–Y[sunting | sunting sumber]

Perajah X–Y adalah perajah yang beroperasi dalam dua sumbu gerak ("X" dan "Y") untuk menggambar grafik vektor kontinu. Istilah ini digunakan untuk membedakannya dari perajah standar yang hanya mengendali sumbu "y", sumbu "x" terus menerus diumpankan untuk menyediakan rajah beberapa variabel seiring waktu. Perajah berbeda dari pencetak sembur-tinta dan Laser karena perajah menggambar garis yang berkesinambungan, seperti pena di atas kertas, sedangkan pencetak sembur-tinta dan laser menggunakan matriks titik-titik yang sangat halus untuk membentuk gambar, sehingga meskipun sebuah garis tampak bersambung pada garis telanjang. mata, itu sebenarnya adalah kumpulan titik-titik yang terpisah.

Perajah elektrostatis[sunting | sunting sumber]

Perajah elektrostatis menggunakan proses alih tjnta bunuk kering yang serupa dengan yang dilakukan pada banyak mesin salin-cetak. Mereka lebih cepat daripada pena rajah dan tersedia dalam format besar, cocok untuk mereproduksi gambar teknik. Kualitas gambar seringkali tidak sebaik komplotan pena masa kini. Perajah elektrostatis dibuat dalam tipe alas datar dan drum. Perajah elektrostatis menggunakan piksel sebagai alat menggambar, seperti perangkat tampilan grafis raster . Kepala perajah terdiri dari sejumlah besar stilus kecil (sebanyak 21760) yang tertanam di dalamnya. Kepala ini melintasi lebar kertas saat ia menggelinding melewati kepala untuk membuat gambar. Resolusi yang tersedia mungkin 100 hingga 508 titik per inci. Perajah elektrostatik sangat cepat dengan kecepatan plot 6 hingga 32 mm/s, tergantung pada resolusi perajah.

Perajah pemotong[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi lapisan lempeng fleksibel dan kawanan (digunakan dalam pencetakan tekstil): lempeng pembawa, lapisan warna & lapisan penutup (termasuk lelehan panas)

Perajah pemotong menggunakan pisau untuk memotong sepotong bahan (seperti kertas, film milar, atau film vinil) yang diletakkan pada permukaan datar perajah. Perajah pemotong dihubungkan ke komputer, yang dilengkapi dengan program perangkat lunak komputer rancangan pemotongan atau gambar. Program perangkat lunak komputer tersebut bertanggung jawab untuk mengirimkan dimensi atau rancangan pemotongan yang diperlukan untuk memerintahkan pisau pemotong menghasilkan kebutuhan pemotongan proyek yang benar.

Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan perajah pemotong (umumnya disebut mesin potong-mati) telah menjadi populer di kalangan penggemar kerajinan kertas rumahan seperti pembuatan kartu dan kliping . Alat tersebut memungkinkan bentuk kartu dan stiker yang diinginkan dipotong dengan sangat tepat, dan berulang kali.

Pemotong vinil[sunting | sunting sumber]

Pemotong vinil digunakan untuk membuat poster, papan reklame, tanda, logo T-shirt, dan rancang grafis tahan cuaca lainnya. Vinil juga dapat diterapkan pada badan mobil dan jendela untuk iklan perusahaan besar dan terang serta pada jendela di atas kapal layar. Proses serupa digunakan untuk memotong vinil berwarna untuk jendela otomotif.

Warna dibatasi oleh koleksi vinil yang ada. Untuk mencegah bahan kusut, bahan disimpan dalam gulungan. Ukuran gulungan vinil yang umum adalah lebar 15 inci, 24 inci, 36 inci, dan 48 inci, dan memiliki bahan pendukung untuk menjaga penempatan relatif semua unsur rancangan.

Perangkat keras pemotong vinil mirip dengan plotter tradisional, hanya saja pena tintanya diganti dengan pisau yang sangat tajam untuk menguraikan setiap bentuk, dan mungkin memiliki pengatur tekanan untuk menyesuaikan seberapa keras pisau menekan film vinil, sehingga mencegah pemotongan juga. menembus bahan pendukung. Selain kehilangan penempatan relatif unsur an terpisah, potongan lepas dari bahan pendukung dapat rontok dan menyumbat pengumpan gulungan perajah atau kepala pemotong. Setelah dipotong, bahan vinil di luar rancangan terkelupas, meninggalkan rancangan pada bahan pendukung yang dapat diterapkan dengan menggunakan perekat, lem, laminasi, atau tekan panas.

Pisau vinil biasanya berbentuk seperti pena rajah dan juga dipasang pada kepala putar sehingga ujung pisau berputar sendiri menghadap ke arah yang benar saat kepala perajah bergerak.

Pemotong vinil terutama digunakan untuk menghasilkan seni garis dan tulisan satu warna. Rancangan berbagai warna memerlukan pemotongan lembaran vinil terpisah, lalu melapisinya selama penerapan; namun proses ini dengan cepat menjadi rumit untuk lebih dari beberapa warna.

Perajah pemotong tanda mengalami kemunduran dalam penerapannya seperti rancangan papan reklame umum, di mana pencetak sembur-tinta format lebar yang menggunakan tinta berbasis pelarut digunakan untuk mencetak langsung ke berbagai bahan. Perajah pemotong masih diandalkan untuk pemotongan kontur grafis yang presisi yang dihasilkan oleh printer inkjet format lebar – misalnya untuk menghasilkan grafis jendela atau mobil, atau berbentuk stiker.

Pencetak sembur-tinta format besar semakin banyak digunakan untuk mencetak pada lembaran plastik susut-panas, yang kemudian diterapkan untuk menutupi permukaan kendaraan dan menyusut agar pas menggunakan lem tembak, yang dikenal sebagai pembungkus kendaraan .

Meja potong statis[sunting | sunting sumber]

Meja potong statis adalah jenis perajah pemotongan yang menggunakan meja vakum datar berukuran besar. Ini digunakan untuk memotong bahan yang tidak kaku dan berpori seperti tekstil, busa, atau kulit, yang mungkin terlalu sulit atau tidak mungkin dipotong dengan plotter yang diberi makan gulungan. Pemotong statis juga dapat memotong material yang jauh lebih tebal dan lebih berat daripada yang mampu ditangani oleh perajah gulungan atau lembaran.

Permukaan meja memiliki serangkaian lubang kecil yang dibor di dalamnya. Bahan diletakkan di atas meja, dan lembaran plastik atau kertas dilapiskan pada bahan yang akan dipotong. Pompa vakum dihidupkan, dan tekanan udara menekan lembaran penutup untuk menahan material di tempatnya. Meja kemudian beroperasi seperti perajah vektor biasa, menggunakan berbagai alat pemotong untuk membuat lubang atau celah pada kain. Lembar penutup juga terpotong, yang mungkin menyebabkan hilangnya sedikit ruang hampa di sekitar tepi lembar penutup, namun kehilangan ini tidak signifikan.

Penggunaan di era kiwari[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan hingga akhir tahun 2000an, seniman dan peretas mulai menemukan kembali pena perajah sebagai perangkat keluaran yang unik dan dapat disesuaikan. Kualitas garis yang dihasilkan pena di atas kertas sangat berbeda dengan teknik keluaran digital lainnya. Bahkan pena perajah berusia 30 tahun biasanya masih berfungsi dengan baik, dan banyak yang tersedia dengan harga kurang dari $100 di situs lelang dan penjualan kembali. Meskipun dukungan untuk menggerakkan pena perajah secara langsung atau menyimpan berkas sebagai HP-GL telah hilang dari sebagian besar penerapan grafis komersial, beberapa paket perangkat lunak kiwari memungkinkan bekerja dengan HP-GL pada sistem operasi modern.

Seiring dengan berkurangnya penggunaan perajah pena, perajah format besar yang sebagian besar menggantikannya terkadang disebut "perajah" juga.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata perajah dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.