Penyelidikan British Wreck Commissioner atas tenggelamnya Titanic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lord Mersey

Tenggelamnya RMS Titanic pada tanggal 15 April 1912 menyebabkan dilakukannya penyelidikan oleh Komisi Kecelakaan Kapal atas nama Dewan Perdagangan Britania Raya. Penyelidikan ini diketuai oleh hakim Pengadilan Tinggi, Lord Mersey, dan digelar di London dari tanggal 2 Mei sampai 3 Juli 1912. Sidang dengar pendapat berlangsung di London Scottish Drill Hall, di Buckingham Gate 59, London SW1.

Lord Mersey memimpin penyelidikan ini, yang berlangsung selama 42 hari. Lord Mersey didampingi oleh sejumlah penasihat, penilai dan ahli hukum kelautan dan arsitektur pelayaran, menanyai para pejabat White Star Line, pejabat pemerintah, penumpang dan awak kapal yang selamat, serta orang-orang yang telah membantu upaya penyelamatan. Organisasi yang diwakili oleh penasihat hukum meliputi serikat pelayaran dan organisasi pemerintah. Hampir 100 saksi memberikan kesaksian dan menjawab lebih dari 25.000 pertanyaan. Penyelidikan ini menghasilkan laporan yang berisi uraian rinci mengenai kapal, uraian perjalanan kapal, uraian dampak tabrakan dengan gunung es, serta uraian proses evakuasi dan penyelamatan.

Laporan akhir penyelidikan ini diterbitkan pada tanggal 30 Juli 1912. Sama seperti temuan penyelidikan Senat Amerika Serikat yang telah dilakukan sebulan setelah tenggelamnya kapal, penyelidikan ini merekomendasikan dilakukannya perubahan standar keselamatan laut setelah musibah tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • SOS Titanic, details of a TV dramatisation of the inquiry (BBC)