Titanic: Music from the Motion Picture

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Titanic: Music from the Motion Picture
Album musik tema karya James Horner
Dirilis18 November 1997
Direkam1996–1997
GenreSoundtrack
Durasi72:29
LabelSony Classical
ProduserJames Horner
Kronologi James Horner
Titanic: Music from the Motion Picture
(1997)
Deep Impact
(1998)Deep Impact1998
Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian
Allmusic 4/5 stars[1]
Filmtracks 5/5 stars[2]

Titanic: Music from the Motion Picture adalah soundtrack untuk film dengan nama yang sama. Disusun, diatur dan dilakukan oleh James Horner. Soundtrack ini dirilis oleh Sony Classical pada 18 November 1997. Dengan kesuksesan film, soundtracknya juga menjadi top chart kira-kira dalam 24 area. Terjual lebih dari 30 juta salinan, album ini menjadi album yang terjual terbanyak hingga kini, dan menjadi penjualan tertinggi terutama dalam soundtrack orkestral.

Pada tahun 2012, album ini dirilis kembali bersama pensuksesnya Back to Titanic, menjadi bagian dari Collector's Anniversary Edition.

Informasi Album[sunting | sunting sumber]

Sutradara James Cameron sebenarnya mengharapkan Enya untuk membuat musik, dan kenyataannya mengumpulkan perbaikkan kasar dari film ini dengan menggunakan musiknya sebagai soundtrack sementara. Setelah dia tidak menyetujuinya, James Horner datang. Hubungan mereka menjadi dingin setelah berkerjasama di Aliens, tetapi Soundtrack dari Braveheart membuat Cameron mengabaikannya. Horner membuat soundtrack dengan gaya yang Enya pikirkan; Penyanyi Norwegia, penyanyi Sissel Kyrkjebø menyanyikan suara tanpa kata-kata.

Horner mengetahui Sissel dari ablum Innerst i sjelen dan dia sangat menyukai dia menyanyi lagu Eg Veit I Himmerik Ei Borg ("Ku Tahu di Surga Ada Kastil"). Horner telah mencoba 25 atau 30 penyanyi dan pada akhirnya, Horner memilih Sissel untuk menyanyi lagu tanpa suara.

Céline Dion, yaitu penyanyi yang sudah tidak asing dengan lagu-lagu film pada tahun 1990an, menyanyi My Heart Will Go On, teken film ditulis oleh James Horner dan Will Jennings. Awalnya, Cameron tidak ingin adanya lagu diahkir film, tapi Horner tidak setuju. Tanpa sepengetahuan Cameron, Horner pergi menulis lagu seadana, dan Céline Dion menyanyikannya. Cameron berubah pikiran ketika Horner menunjukan lagunya. Lagu "My Heart Will Go On" menjadi lagu terpopuler di seluruh dunia, menjadi lagu paling atas di seluruh dunia. "My Heart Will Go On" juga berahkir menjadi Top Chart Academy Award untuk lagu asli terbaik pada tahun 1997 dan juga di Golden Globe Award untuk lagu asli terbaik pada tahun 1998.

Artis lain juga diundang untuk mengajukan lagunya untuk soundtrack film juga termasuk artis kontemporer kristian Michael W. Smith. Dia menyebutkan dalam catatan liner untuk menyanyikan "In My Arms Again" darri album tahun 1998, Live The Life, " Terinspirasi dan menulis untuk film Titanic, bersyukur atas kesempatan mengirim mereka sebuah lagu, dan bersyukur atas mendaratnya rekaman ini.

Untuk latar belakang paduan suara lagu tertentu, Horner membuatnya menggunakan paduan suara digital termasuk satu yang asli; setelah musik okestral telah direkan, Horner melakukan paduan suara disintesis selama pemutaran rekaman. Idea di belakang menggunakan elektronik, lebih baik daripada paduan suara asli, Horner menghindari suara seperti 'gereja'.

Referensi[sunting | sunting sumber]