Penyak, Koba, Bangka Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penyak, Koba, Bangka Tengah
Negara Indonesia
Kode Kemendagri19.04.01.2007 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²


Desa penyak terletak di Kecamatan Koba, tepi jalan lintas Pangkalpinang - Koba. Desa ini memiliki garis pantai hingga 3km, sehingga terpilih menjadi salah satu tempat pemantauan ketika terjadi Gerhana Matahari total pada tahun 1986 yang dikunjungi oleh para pengamat gerhana dari dalam maupun Luar Negeri.

Tekstur pasir pantai yang landai dan berada tepat di pinggir  jalan raya merupakan daya tarik tersendiri sehingga selalu ramai dikunjungi ketika hari libur.

Di Penyak juga terdapat beberapa rumah makan yang di bangun di bibir pantai, bahkan ada juga diantaranya yang berada di atas air.

Jika berada disini cobalah memesan menu andalan mereka, yaitu Lempah Kuning Ikan Baung ditemani dengan sebuah Kelapa Muda. Rata - rata rumah makan yang ada mempersilahkan pengunjung untuk mengambil sendiri makanan dan lauk pauk yang diinginkan.

Nama Desa Penyak sendiri berasal dari kata Penyuak atau Penyu. Jadi saat itu banyak penyu yang bertelur disepanjang pantai Penyak. Banyaknya penyu dipantai ini membuat para perompak menyebut kampung ini sebagai Penyak.

  • Dasar Pembentukan : SK Gub Sumsel no. 141/786/PEM/81 tanggal 10 Februari 1981,
  • Potensi: pertanian, perkebunan, perdagangan,perikanan,wisata laut bahari,pertambangan(timah).
  • Berdasarkan potensi dan trademark-nya sebagai Desa Kuliner Bahari.
  • Slogan Desa Penyak dapat dirumuskan dengan kata BEOMBAK (Bersih, ElOk, Mandiri, Berbudaya, Amanah, dan Kompak)

Referensi[sunting | sunting sumber]