Lompat ke isi

Penobatan Ratu Victoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penobatan Ratu Victoria
Potret penobatan Ratu oleh Sir George Hayter
Tanggal28 Juni 1838; 186 tahun lalu (1838-06-28)
LokasiWestminster Abbey, London, Inggris
Partisipan

Penobatan Victoria sebagai ratu Britania Raya berlangsung pada hari Kamis, 28 Juni 1838, setahun lebih setelah ia naik takhta Britania Raya pada usia 18 tahun. Upacara tersebut diadakan di Westminster Abbey setelah prosesi publik melalui jalan-jalan dari Istana Buckingham, tempat Ratu kembali kemudian sebagai bagian dari prosesi kedua.

Perencanaan penobatan yang dipimpin oleh perdana menteri, Lord Melbourne, dimulai di tingkat Kabinet pada bulan Maret 1838. Menghadapi berbagai keberatan dari berbagai pihak, Kabinet mengumumkan pada hari Sabtu, 7 April, bahwa penobatan akan dilakukan pada akhir tahun. Sidang parlemen pada bulan Juni. Rencana tersebut dianggarkan sebesar £70.000, lebih dari dua kali lipat biaya penobatan "potongan harga" pada tahun 1831, tetapi jauh lebih kecil dari £240.000 yang dikeluarkan ketika George IV dimahkotai pada bulan Juli 1821. Elemen kunci dari rencana tersebut adalah presentasi acara tersebut kepada masyarakat luas.

Pada tahun 1838, jalur kereta api yang baru dibangun mampu mengantarkan banyak orang ke London dan diperkirakan sekitar 400.000 pengunjung datang untuk menambah jumlah massa yang memadati jalan-jalan saat dua prosesi berlangsung dan memenuhi taman tempat katering dan hiburan berada. asalkan. Hyde Park adalah tempat diadakannya pekan raya besar, termasuk pendakian balon. Pameran tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, tetapi pada akhirnya diperpanjang karena banyaknya permintaan menjadi empat hari. Green Park menampilkan pertunjukan kembang api pada malam setelah upacara. Penobatan tersebut bertepatan dengan cuaca cerah dan keseluruhan acara secara umum dianggap sukses besar baik oleh pers maupun masyarakat luas, meskipun orang-orang di dalam Biara menyaksikan banyak kecelakaan dan kebingungan, sebagian besar karena kurangnya waktu latihan. Di seluruh negeri, terdapat penentangan terhadap penobatan oleh kaum Radikal, terutama di Inggris Utara.

Bibliografi

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]