Penistaan dalam Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penistaan dalam Islam adalah menawarkan penghinaan kepada Allah, Nabi Muhammad, atau bagian mana pun dari Alquran. Dan ini adalah kejahatan dalam hukum agama Islam.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Tidak ada padanan yang tepat untuk penghujatan dalam tradisi Islam, meskipun frase Al-Qur'an dengan kata "kafir" cukup dekat. Dari sudut pandang hukum Islam, penodaan agama dapat didefinisikan sebagai setiap ekspresi verbal yang memberikan alasan untuk kecurigaan kemurtadan. Dalam istilah teologis, penistaan ​​agama seringkali tumpang tindih dengan kekafiran, yaitu penolakan yang disengaja terhadap Tuhan dan wahyu dan dalam hal ini mengungkapkan pendapat agama yang bertentangan dengan pandangan Islam standar dapat dengan mudah dianggap sebagai penghujatan. Penghujatan juga dapat dilihat sebagai padanan dari bid'ah (zandaqah), Istilah Persia pra-Islam yang digunakan untuk merujuk pada ajaran revolusioner Mani dan Mazdak dalam pengertian ini, itu bisa berarti ekspresi publik dari ajaran yang dianggap berbahaya bagi negara. Oleh karena itu, dalam mendeskripsikan konsep Islam penodaan agama, perlu dicantumkan tidak hanya bahasa hinaan yang ditujukan kepada Allah, Nabi dan Alquran, tetapi juga posisi teologis dan bahkan kata-kata mutiara mistik yang dicurigai.[1]

Penistaan dalam Islam[sunting | sunting sumber]

Awal penistaan terhadap Islam[sunting | sunting sumber]

Selama hidupnya sendiri, Nabi Muhammad menghadapi tentangan keras dari para pemimpin kaum Arab di Mekah ketika ia berkhutbah tentang penyembahan kepada satu Tuhan dan menyerang kemusyrikan tradisional orang Arab.

Oposisi ini mengambil bentuk perselisihan verbal dan pelecehan, dimana para pemimpin pagan menolak dan mengejek ajaran Al-Qur'an tentang keesaan Tuhan dan kebangkitan. Dalam konteks, mereka memusuhi Muhammad kemudian mengolok-olok klaimnya sebagai nabi yang diilhami dan menuduhnya berbagai macam kesurupan, peramal, penyihir, penyair, atau pencari kekuasaan yang tidak bermoral. Sejak awal seperti yang ditegaskan Al-Quran, bahasa hujatan para penentang Nabi dengan demikian terdiri dari menyebut ayat Alquran sebagai kebohongan. Penghinaan terhadap Nabi sangat menghujat, karena Muhammad adalah media utama wahyu itu. Di antara lawan-lawan Muhammad terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Lahab. Dari surat tersebut, Nabi memilih Abu Lahab di atas segalanya sebagai yang ditakdirkan untuk dihukum di api neraka menurut catatan tradisional, Al-Qur'an kembali pada Abu Lahab dengan kata-kata yang ia gunakan untuk mengutuk Muhammad. Para pengikut Muhammad yang membunuh dua pujangga yang menulis sindiran tentang Nabi ternyata menganggap ejekan semacam ini sebagai penistaan. Al-Qur'an menekankan pertentangan yang dialami nabi-nabi sebelumnya, seperti dalam kasus firaun yang menyebut wahyu kepada Musa sebagai kebohongan, seperti pada ayat Alquran berikut

Aku adalah Tuhanmu yang tertinggi .(QS An-Naziat 24)

Sebagai penolakan terhadap ketuhanan, pepatah ini biasanya dianggap sebagai puncak penghujatan. Di dalam komunitas Islam awal itu sendiri, orang-orang munafik melontarkan lelucon hujat tentang Tuhan dan Nabi seperti pada ayat berikut[2]

Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), niscaya mereka akan menjawab, ‘Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja.’ Katakanlah, ‘Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kalian selalu berolok-olok?’ Tidak perlu kalian meminta maaf karena kalian telah kafir sesudah kalian beriman. Jika Kami memaafkan sebagian daripada kalian (karena telah bertobat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) karena sesungguhnya mereka adalah orangorang yang selalu berbuat dosa’ .(QS At-Taubah 65-66)

Ejekan semacam itu merupakan kekafiran setelah mengaku beriman dan membatalkan perbuatan baik apa pun yang mungkin telah mereka lakukan sebelumnya.

Penistaan dalam hukum Islam[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan uraian dan pernyataan tentang penistaan yang ditemukan dalam Al-Qur'an dan sunnah Nabi, berbagai sekolah hukum telah menguraikan sifat, kondisi, dan hukuman untuk penistaan. Para ahli hukum menggambarkannya sebagai ekspresi penghinaan (istikhfāf), penghinaan (iḥānah ), atau cemoohan (ḥaqārah) untuk Tuhan, para Nabi, Al-Qur'an, para malaikat, atau ilmu-ilmu agama tradisional berdasarkan wahyu. Buku pegangan hukum mazhab anaf, khususnya, menawarkan banyak contoh ucapan penghujatan, biasanya diklasifikasikan di bawah judul "kata-kata kafir"

Mereka (orang munafik) bersumpah dengan (nama) Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakiti Muhammad). Sungguh, mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah menjadi kafir setelah Islam, dan menginginkan apa yang mereka tidak dapat mencapainya; dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-Nya), sekiranya Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertobat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di bumi. .(QS At-Taubah 74)[3]

Karena sebagian besar kumpulan klasik putusan kasus (fatāwā) dari aliran ini berasal dari ahli hukum Iran dan Asia Tengah dari abad kesebelas dan kedua belas, ucapan-ucapan penghujatan biasanya diberikan bukan dalam bahasa Arab tetapi dalam bahasa Persia yang merupakan bahasa lisan mereka. Perkataan-perkataan itu yang banyak di antaranya pasti diucapkan dalam kesembronoan atau emosi yang meluap-luap yang pada umumnya merupakan ucapan, sumpah, dan kutukan yang tidak sopan atau tidak beragama. Beberapa contoh kasus perbatasan, yang dinilai ambigu atau dinyatakan tidak bersalah. Karya-karya selanjutnya, yang mencakup beberapa monografi terpisah tentang kata-kata perselingkuhan, memberikan koleksi contoh yang lebih besar, dengan penekanan khusus untuk pernyataan yang menyinggung ulama sebagai kelas. Penghinaan terhadap keilmuan agama sama dengan penolakan terhadap pengetahuan agama dan, karenanya, memberikan kebohongan pada wahyu ilahi. Di bawah judul yang sama, buku pegangan juga mencakup tindakan penistaan seperti mengenakan pakaian orang Yahudi Zoroaster dan berpartisipasi dalam festival keagamaan non-Islam yang mengklaim bahwa tindakan terlarang diperbolehkan atau menyebut nama Tuhan saat melakukan dosa adalah penghujatan. Proporsi yang sangat kecil dari pernyataan penistaan (terutama dalam teks-teks anaf) menyangkut hal-hal doktrinal, seperti rumus yang digunakan untuk menyatakan diri sebagai seorang penyembah yang setia.

Otoritas hukum setuju bahwa kondisi untuk penistaan ​​mencakup dewasa, tidak ada paksaan, dan pikiran yang sehat dan tidak penting apakah pelakunya adalah seorang Muslim atau bukan. Penodaan agama yang tidak disengaja, secara umum tidak dimaafkan meskipun ahli hukum anaf mengizinkan pernyataan yang mencurigakan untuk ditafsirkan secara tidak bersalah jika kasus yang sah dapat dibuat untuk interpretasinya. Mazhab Maliki mengizinkan alasan untuk dibuat bagi orang yang telah masuk Islam dari agama lain, tetapi sebaliknya memandang penistaan ​​sebagai membawa kemurtadan.

Hukuman untuk penodaan agama agak berbeda dari satu mazhab ke mazhab lain. Kaum Hanafīyah mendefinisikan pernyataan hujat sebagai tindakan kekafiran dan melucuti semua hak hukum penghujat, seperti pernikahannya dinyatakan tidak sah, semua tindakan keagamaan tidak berharga dan semua klaim atas properti atau warisan batal. Hukuman mati adalah upaya terakhir yang dihindari oleh sebagian besar pihak berwenang, terutama jika ada unsur kecelakaan atau keraguan. Pertobatan, bagaimanapun, memulihkan semua hak sebelumnya, meskipun perlu untuk memperbarui pernikahan. Beberapa kasus disebutkan di mana seorang wanita mengucapkan penistaan ​​​​sebagai siasat untuk membatalkan pernikahannya dengan maksud untuk bertobat kemudian untuk mendapatkan kembali hak-haknya yang lain. Mālikīyah, yang memperlakukan penistaan ​​sebagai kemurtadan menyerukan eksekusi segera terhadap pelaku seperti dalam kasus kemurtadan, mereka tidak menawarkan kesempatan untuk bertobat. Pengecualian dibuat untuk penghujat perempuan, yang tidak akan dieksekusi tetapi dihukum dan didorong untuk bertobat. Dalam kasus penistaan ​​agama kecil, atau kasus yang hanya didukung oleh satu saksi, Mālikīyah menetapkan hukuman diskresioner sebagai pengganti hukuman mati.

Penistaan dalam teologi dan filosofi Islam[sunting | sunting sumber]

Proposisi doktrinal tertentu masuk ke dalam daftar pernyataan penghujatan. Salah satu dokumen kepercayaan paling awal dalam Islam, Fiqh Akbar I dikaitkan dengan ahli hukum Abū Hanīfah, termasuk dua pernyataan menghujat tentang para nabi dan Tuhan dan menyebut mereka kafir. Tetapi dengan berkembangnya dogma teologis, terdapat kecenderungan para sarjana untuk melabeli posisi doktrinal yang berlawanan sebagai bentuk perselingkuhan, meskipun hanya argumen yang sangat abstrak yang terlibat. Konsekuensi hukum dari tuduhan semacam itu cukup serius, seperti disebutkan di atas, sehingga wajar jika kepala dingin bersikeras untuk memoderasi penggunaan kutukan semacam itu dalam debat teologis. Pemikir agama besar Ab āmid al-Ghazālī mengklarifikasi masalah ini dengan menghapus perselingkuhan dari ranah doktrin sama sekali dan bersikeras bahwa perselingkuhan adalah masalah hukum, Ia juga mendefinisikannya sebagai menyebut Nabi adalah pembohong dalam segala hal untuk menyamakan kekafiran dengan penghujatan. Ia lebih lanjut menetapkan bahwa tidak ada orang yang berdoa ke arah Mekah dan mengulangi pengakuan iman Muslim harus dituduh kafir, kecuali ada bukti yang jelas mengenai masalah penting untuk iman. Dalam istilah doktrinal, hanya ada tiga ajaran yang al-Ghazāl anggap sebagai kekafiran dalam pengertian ini. Ajaran-ajaran ini, yang semuanya diambil dari karya para filosof seperti Avicenna adalah doktrin bahwa

  • Dunia ini abadi dan bukan ciptaan Tuhan.
  • Tuhan tidak mengetahui hal-hal khusus
  • Kebangkitan bukanlah jasmani tetapi rohani.

Meskipun al-Ghazālī menyebutkan banyak doktrin lain yang dia anggap tidak pantas, ini saja tampaknya bertentangan dengan Nabi dan wahyu ilahi dalam hal-hal penting (penciptaan, kemahatahuan ilahi, dan eskatologi). Dengan demikian, mengajarkan doktrin-doktrin ini adalah tindakan penghujatan yang dapat dihukum mati. Ibn Rusyd membantah temuan al-Ghazāli atas dasar doktrinal dan hukum dan kemudian para filsuf Iran, seperti Mullā adrā, tentu saja mendukung tesis serupa. Meskipun doktrin-doktrin filsafat Yunani tampak jauh dari penghinaan keji yang umumnya merupakan penistaan, beberapa dari ajaran ini berpotensi bertentangan serius dengan pemahaman Islam tradisional tentang wahyu. Sejauh filsafat dapat dilihat sebagai menyebut Nabi pembohong merupakan penghujatan.

Hukum kenegaraan[sunting | sunting sumber]

Undang-undang penistaan ​​agama terdapat di buku pada tahun 2019 di semua lima wilayah global yang dicakup oleh analisis, termasuk 18 negara di Afrika sub-Sahara, 17 di kawasan Asia-Pasifik, 14 di Eropa dan 12 di Amerika. Dalam satu contoh di Indonesia, seorang wanita Katolik Roma ditahan atas tuduhan penistaan ​​agama karena membawa seekor anjing ke sebuah masjid.

Di beberapa negara seperti Afghanistan, Brunei, Iran, Mauritania, Nigeria, Pakistan dan Arab Saudi, pelanggaran undang-undang penistaan ​​agama dapat membawa kemungkinan hukuman mati. Di Pakistan, setidaknya 17 orang dijatuhi hukuman mati atas tuduhan penistaan pada tahun 2019, termasuk seorang dosen universitas yang dituduh menghina Nabi Muhammad secara lisan dan di Facebook, meskipun pemerintah Pakistan tidak pernah benar-benar mengeksekusi siapa pun karena penistaan.[4]

Sementara itu di Pakistan, Mahkamah Agung pada tahun 2019 menguatkan pembebasan Asia Bibi, seorang wanita Kristen yang telah dijatuhi hukuman mati karena penistaan, yang memicu protes kekerasan dan seruan untuk mengeksekusinya. Dan di Indonesia, pemerintah telah mempertimbangkan RUU untuk memperluas kriminalisasi penodaan agama tetapi akhirnya menundanya menyusul protes oleh kelompok masyarakat sipil.

Dukungan anti penistaan dari Organisasi Kerjasama Islam[sunting | sunting sumber]

Organisasi Kerjasama Islam telah mengkampanyekan undang-undang penistaan ​​agama global sebagai perlindungan dari Islamofobia yang didefinisikan secara luas yang bertentangan dengan PBB dengan tujuan melindungi Nabi Muhammad.

Argumen tersebut menggemakan dasar untuk pengadilan penistaan ​​agama di negara-negara Muslim pra-modern seperti halnya perintah dalam Imamat dan di tempat lain dilakukan di Eropa abad pertengahan. Tetapi sementara undang-undang penistaan ​​agama abad pertengahan secara bertahap ditinggalkan atau dibiarkan tidak digunakan ketika negara-negara Kristen melakukan sekularisasi negara-negara Islam, terutama negara-negara Teluk seperti Arab Saudi yang telah menyimpannya di buku dan pengadilan.

Sementara itu, negara-negara Islam modern telah memperoleh undang-undang penistaan ​​agama mereka bukan sebagai warisan abad pertengahan tetapi melalui salah satu dari dua rute utama: sebagai sisa-sisa kolonialisme Eropa atau sebagai produk dari “Arabisasi abad ke-20 dunia Islam dalam model Teluk negara bagian.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blasphemy: Islamic Concept | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com. Diakses tanggal 2022-05-02. 
  2. ^ "Bercanda Ada Batasnya". Republika Online. 2012-10-02. Diakses tanggal 2022-05-02. 
  3. ^ "Al-Qur'an Surat At-Taubah Ayat ke-74". Liputan6.com. Diakses tanggal 2022-05-02. 
  4. ^ Villa, Virginia. "Four-in-ten countries and territories worldwide had blasphemy laws in 2019". Pew Research Center (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-19. 
  5. ^ Varagur, Krithika. "The Islamic World Has a Blasphemy Problem". Foreign Policy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-19.