Pengkih Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengkih Amerika
Ulmus americana

Ulmus americana (American elm) in Northampton, Massachusetts
Tumbuhan
Jenis buahnucule
Status konservasi
Genting
IUCN61966619
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoRosales
FamiliUlmaceae
GenusUlmus
SpesiesUlmus americana
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim takson
  • Ulmus alba Raf.
  • Ulmus americana Planch.
  • Ulmus americana L. f. alba (Aiton) Fern.
  • Ulmus americana L. f. americana
  • Ulmus americana L. f. ascendens Slavin
  • Ulmus americana L. f. columnaris Rehd.
  • Ulmus americana L. f. intercedens Fern.
  • Ulmus americana L. f. laevior Fern.
  • Ulmus americana L. f. pendula (Aiton) Fern.
  • Ulmus americana L. f. viridis Seym.
  • Ulmus americana L. var. alba Aiton
  • Ulmus americana L. var. americana
  • Ulmus americana L. var. aspera Chapm.
  • Ulmus americana L. var. aurea Temple
  • Ulmus americana L. var. bartramii Planch.
  • Ulmus americana L. var. floridana (Chapm.) Little
  • Ulmus americana L. var. glabra Planch.
  • Ulmus americana L. var. pendula Aiton
  • Ulmus americana L. var. scabra Spach
  • Ulmus dentata Raf.
  • Ulmus floridana Chapm.
  • Ulmus mollifolia Marshall
  • Ulmus obovata Raf.
  • Ulmus pendula Willd.
  • Ulmus pubescens Walter
Distribusi

Ulmus americana, umumnya dikenal sebagai pengkih Amerika atau, lebih jarang, sebagai pengkih putih atau pengkih air, [a] adalah spesies pengkih yang berasal dari Amerika Utara bagian timur, tumbuh secara alami dari Nova Scotia di barat hingga Alberta dan Montana, dan selatan ke Florida dan Texas tengah, dan merupakan State Tree of Massachusetts. Dardar Amerika adalah pohon yang sangat kuat yang dapat menahan suhu musim dingin serendah −42 ° C (−44 ° F ). Pohon di daerah yang tidak terkena penyakit dardar belanda (DED) dapat hidup selama beberapa ratus tahun. Contoh utama dari spesies ini adalah Sauble Elm.[2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Pengkih Amerika adalah pohon berumah satu yang meluruh, pohon yang sehat dan tidak diserang DED, biasanya tumbuh hingga lebih dari 100 kaki (30 m) tinggi dengan batang yang diameter setinggi dada lebih dari 4 kaki (1,2 m), menopang tajuk daun yang tinggi dan menyebar seperti payung. Daunnya berseling, 7 – 20 panjang cm, dengan tepi bergerigi ganda dan alas miring. Daunnya menguning di musim gugur. Bunga yang sempurna berukuran kecil, berwarna ungu kecokelatan dan, karena penyerbukannya oleh angin, berbentuk kelopak . Bunganya juga protogini, bagian betina matang sebelum bagian jantan, sehingga mengurangi, namun tidak menghilangkan, pembuahan sendiri, [3] dan muncul di awal musim semi sebelum daun. Buah samara pipih 2 cm panjang 1,5 lebarnya cm, dengan sayap tipis melingkar mengelilingi tunggal 4–5 mm benih .

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Pohon pengkih Amerika tumbuh secara alami di berbagai macam habitat, terutama di dataran rendah yang subur, dataran banjir, tepian sungai, dan tanah rawa, meskipun ia juga sering tumbuh subur di lereng bukit, dataran tinggi, dan tanah lain yang memiliki drainase baik. [4] Di dataran yang lebih tinggi, seperti di Pegunungan Appalachian, paling sering ditemukan di sepanjang sungai. [5] Benih spesies yang disebarkan oleh angin memungkinkannya menyebar dengan cepat seiring tersedianya kawasan habitat yang sesuai. [4] Pohon pengkih Amerika berbuah di akhir musim semi (bisa terjadi pada awal bulan Februari dan paling lambat bulan Juni tergantung pada iklim), benih biasanya langsung berkecambah, tanpa memerlukan stratifikasi dingin (kadang-kadang beberapa mungkin tetap tidak aktif hingga tahun berikutnya). Spesies ini mencapai potensi pertumbuhan terbesarnya di wilayah Timur Laut AS, sementara pohon dardar di Ujung Selatan dan Texas tumbuh jauh lebih kecil dan memiliki masa hidup yang lebih pendek, meskipun sebaliknya tingkat kelangsungan hidup mereka di wilayah terakhir lebih tinggi karena iklim yang kurang mendukung penyebaran penyakit. DED.

Hama dan penyakit[sunting | sunting sumber]

Pohon pengkih Amerika rentan terhadap penyakit belanda dan kuning . Di Amerika Utara, terdapat tiga spesies kumbang kulit kayu pengkih, satu kumbang asli, Hylurgopinus rufipes ("kumbang kulit kayu pengkih asli"); dan dua invasif, Scolytus multistriatus ("kumbang kulit pohon pengkih Eropa yang lebih kecil") dan Scolytus schevyrewi ("kumbang kulit pohon pengkih belang"). Meski kumbang yang secara terus menurus memakan daun pengkih da

M

apat membunuh pohon yang lemah, [6] dampak utamanya adalah sebagai vekt.or DE

Pengkih amerika juga cukup disukai untuk dimakan dan direproduksi oleh kumbang daun dardar dewasa Xanthogaleruca luteola [7] dan sangat disukai untuk dimakan oleh kumbang Jepang Popillia japonica [8] di Amerika Serikat.

U. americana juga merupakan pohon dardar yang paling rentan terhadap layu verticillium, [9] yang gejala eksternalnya mirip dengan DED. Namun, kondisinya tidak terlalu serius, dan pohon yang terserang akan pulih pada tahun berikutnya.

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, pohon pengkih Amerika menjadi pohon jalanan dan taman yang umum karena toleransinya terhadap kondisi perkotaan, pertumbuhannya yang pesat, dan bentuknya yang anggun. Namun hal ini menyebabkan penanaman pohon pengkih secara berlebihan, terutama membentuk lengkungan hidup di jalan-jalan, yang pada akhirnya menghasilkan monokultur pohon dardar yang tidak sehat dan tidak tahan terhadap penyakit dan hama. Pengkih tidak secara alami membentuk tegakan murni dan pohon yang digunakan dalam lansekap ditanam dari segelintir kultivar, sehingga menyebabkan keragaman genetik yang sangat rendah. [10] Pertumbuhan dan umur panjang pohon-pohon ini yang cepat, sehingga menghasilkan ukuran yang besar dalam beberapa dekade, menjadikannya populer sebelum munculnya DED. [11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The name "water elm" is also used for Planera aquatica, another species in the Ulmaceae.
  1. ^ Stritch, L., Rivers, M.C., Barstow, M. (2020). "Ulmus americana". 2018: e.T61966619A180057317. doi:10.2305/IUCN.UK.2020-3.RLTS.T61966619A180057317.en. 
  2. ^ (1) "The Lord of the Elms". Spare The Axe, Save The Tree. flyingsquirrels.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 11, 2011. 
  3. ^ Hans, A. S. (1981). "Compatibility and Crossability Studies in Ulmus". Silvae Genetica. 30: 4–5. 
  4. ^ a b Werthner, William B. (1935). Some American Trees: An Intimate Study of Native Ohio Trees. New York: The Macmillan Company. hlm. xviii, 398. 
  5. ^ Strausbaugh, P.D.; Core, E.L. (1978). Flora of West Virginia (edisi ke-2). Morgantown, WV: Seneca Books, Inc. hlm. xl, 1079. 
  6. ^ Negrón JF, Witcoski JJ, Cain JJ, LaBonte JR, Duerr DA II, McElwe SJ, Lee JC, Seybold SJ (2005).
  7. ^ Miller, F.; Ware, G. (2001). "Resistance of Temperate Chinese Elms (Ulmuss spp.) to Feeding of the Adult Elm Leaf Beetle (Coleoptera: Chrysomelidae)". Journal of Economic Entomology. 94 (1): 162–166. doi:10.1603/0022-0493-94.1.162. PMID 11233108. 
  8. ^ Miller, F.; Ware, G.; Jackson, J. (2001). "Preference of Temperate Chinese Elms (Ulmuss spp.) for the Feeding of the Japanese Beetle (Coleoptera: Scarabaeidae)". Journal of Economic Entomology. 94 (2): 445–448. doi:10.1603/0022-0493-94.2.445. PMID 11332837. 
  9. ^ Pegg, G. F.; Brady, B. L. (2002). Verticillium Wilts. Wallingford, Oxfordshire, UK: CABI Publishing. ISBN 0-85199-529-2. 
  10. ^ Stennes, Mark (2003). "Good News for the American Elm". Shade Tree Advocate. 5 (4): 6. 
  11. ^ Werthner, William B. (1935). Some American Trees: An Intimate Study of Native Ohio Trees. New York: The Macmillan Company. hlm. xviii, 398.