Penghampiran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penghampiran atau aproksimasi adalah segala sesuatu yang secara sengaja mirip, tetapi tidak sepenuhnya sama dengan sesuatu yang lain.

Etimologi dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Kata aproksimasi berasal dari kata Latin approximatus, dari proximus yang berarti sangat dekat dan awalan ad- (ad- sebelum p menjadi ap- dengan asimilasi) yang berarti dengan.[1] Kata-kata seperti aproksimat (hampiran), approximately (kira-kira), dan aproksimasi (penghampiran) digunakan terutama dalam konteks teknis dan ilmiah. Dalam bahasa Inggris sehari-hari, kata-kata seperti roughly (lebih kurang) atau around (sekitar) digunakan dengan arti yang mirip.[2] Ini sering disingkat sebagai approx.

Istilah ini dapat diterapkan pada berbagai sifat (cth. nilai, kuantitas, citra, penggambaran) yang mendekati, tetapi tidak sepenuhnya benar; mirip, tetapi tidak sepenuhnya sama (cth., hampiran waktu adalah pukul 10).

Meskipun penghampiran paling sering diterapkan pada bilangan, ini juga sering diterapkan pada hal-hal seperti fungsi matematika, bentuk, dan hukum fisika.

Dalam sains, penghampiran dapat merujuk pada penggunaan proses atau model yang lebih sederhana ketika model yang benar sulit digunakan. Model hampiran digunakan untuk mempermudah perhitungan. Penghampiran juga dapat digunakan jika informasi yang tidak lengkap mencegah penggunaan representasi yang tepat.

Jenis penghampiran digunakan bergantung pada informasi yang tersedia, tingkat ketepatan yang diperlukan, kepekaan masalah terhadap data ini, dan penghematan (biasanya dalam waktu dan upaya) yang dapat dicapai dengan penghampiran.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Concise Oxford Dictionary, Eighth edition 1990, ISBN 0-19-861243-5
  2. ^ Longman Dictionary of Contemporary English, Pearson Education Ltd 2009, ISBN 978 1 4082 1532 6

Pranala luar[sunting | sunting sumber]