Penggerbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penggerbang di Kuil Perumal Srivaikuntanathan.

Penggerbang (Inggris: gatekeeper) adalah orang yang mengatur akses terhadap sesuatu, contohnya melalui gerbang kota atau pengawas pintu, atau lebih abstraknya, mengatur siapa yang diberikan akses ke suatu kategori atau status. Penggerbang menilai siapa yang "masuk atau keluar", dalam kata-kata klasik pakar manajemen Kurt Lewin.[1] Ini juga dapat disebut sebagai penjaga gerbang, penyaring, bawab, pratihara, atau pridondi.

Berbagai tokoh dalam agama dan mitologi dunia bertugas sebagai penjaga gerbang alam firdaus atau jahanam, memberikan atau menolak akses ke alam tersebut, bergantung pada kelayakan mereka yang ingin masuk. Tokoh yang menjalankan tugas ini juga dapat berstatus penjaga, penanya, atau hakim. Pada pengujung abad ke-20, istilah ini mulai digunakan secara metaforis, merujuk kepada orang atau badan yang memutuskan apakah suatu pesan tertentu akan disebarkan melalui media massa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kurt Lewin (2016-04-22). "Frontiers in Group Dynamics: II. Channels of Group Life; Social Planning and Action Research - Kurt Lewin, 1947". Human Relations (dalam bahasa Inggris). doi:10.1177/001872674700100201.