Pengerek jangkar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah mesin kerek jangkar di dalam ramalan di dek utama kapal layar  Balclutha . Poros vertikal diputar oleh kru yang menggerakkan sebagian penggulung di atasnya.

Mesin kerek atau pengerek adalah mesin yang digunakan di kapal yang digunakan untuk mengeluarkan dan mengangkat peralatan seperti jangkar kapal atau pukat ikan. Pada beberapa kapal, mungkin ditempatkan di ruangan tertentu yang disebut ruang mesin kerek.

Mesin kerek jangkar adalah mesin yang menahan dan memanipulasi rantai jangkar pada perahu, sehingga jangkar dapat dinaikkan dan diturunkan melalui kabel rantai. Roda berlekuk mengikat mata rantai atau tali.

Mesin kerek pukat adalah mesin serupa yang menahan atau memanipulasi pukat-hela (trawl) udang di kapal penangkap ikan komersial. Pukat-hela (trawl) udang adalah sejenis jaring ikan berukuran besar yang dililitkan pada mesin kerek. Para nelayan melepaskan pukat-hela (trawl) udang atau mengangkat pukat-hela (trawl) udang selama operasi penangkapan ikan. Rem disediakan untuk kontrol tambahan. Mesin kerek biasanya digerakkan oleh motor listrik atau hidrolik yang beroperasi melalui rangkaian roda gigi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Sailing ship elements