Pengepungan Benteng Mackinac

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengepungan Benteng Mackinac
Bagian dari Perang tahun 1812

Pemandangan Benteng Mackinac
Tanggal17 Juli 1812
LokasiPulau Mackinac, Michigan
Hasil Kemenangan Inggris
Pihak terlibat
 Britania Raya
Suku Indian
 United States
Tokoh dan pemimpin
Charles Roberts Porter Hanks (menyerah)
Kekuatan
skt. 600 prajurit biasa, pedagang kulit, penjelajah dan penduduk asli 61
Korban
tidak ada 61 menyerah

Pengepungan Benteng Mackinac adalah pertempuran pertama dari Perang tahun 1812 yang berlangsung pada 17 Juli 1812 di Pulau Mackinac, yang sekarang terletak di negara bagian Michigan, Amerika Serikat. Selama pertempuran ini, Inggris dibantu oleh sekutu suku Indian yang merebut Benteng Mackinac kemudian dari tangan Amerika dan tidak menyadari pecahnya perang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau ini merupakan tempat penting untuk perdagangan rambut hewan di Selat Mackinac yang menghubungkan Danau Michigan ke Danau Huron. Daerah yang didiami oleh suku Indian[1] ini pertama kali dijajah oleh Prancis sebelum mereka dikalahkan oleh Inggris. Wilayah tersebut kemudian akan diberikan oleh Inggris kepada Amerika pada akhir Perang Revolusi Amerika Serikat.[2] Tentara Amerika membangun Benteng Mackinac di sana untuk mempertahankan wilayah tersebut. Inggris memiliki garnisun yang berjarak lebih dari 50 km di Pulau St. Joseph.

Setelah mengetahui pecahnya perang, Major Jenderal Isaac Brock mengirim rombongan kano untuk memberi tahu Kapten Charles Roberts tentang berita tersebut, dan memerintahkan untuk menangkap Benteng Mackinac.

Pemimpin militer Inggris di Kanada Hulu adalah Mayor Jenderal Isaac Brock, yang, setelah mengetahui pecahnya perang, memerintahkan garnisun Pulau St. Joseph [3] untuk menyerang dan merebut Benteng Mackinac. Dengan demikian, kepala garnisun membentuk pasukan penyerang yang terdiri dari tiga orang artileri, 47 tentara Inggris, 150 penjebak, 300 orang suku Indian Ojibwe dan Odawa yang berada di pulau untuk berdagang kulit[4], 110 orang Sioux, Menomini dan Winnebago.[5][6] Sementara itu, perintah untuk tidak menyerang tiba dan baru pada 15 Juli perintah baru untuk menyerang Brock tiba. Kepala garnisun, yang takut melihat suku Indian pergi jika dia menunggu lebih lama, memutuskan untuk segera menyerang.[7] Pasukan memulai kapal bersenjata HMS Caledonia, di 70 kano dan sepuluh perahu.

Benteng ini dibangun di atas tebing batu kapur yang menghadap ke Danau Huron dan pelabuhan tenggara Pulau Mackninac. Dipertahankan oleh 61 tentara yang dipimpin oleh Letnan Porter Hanks dan dilengkapi dengan tujuh senjata, hanya satu yang bisa mencapai pelabuhan. Kelemahan lainnya, benteng kekurangan akses air minum, hanya tersedia lebih dari satu kilometer dari benteng.

Menteri Perang Amerika Serikat William Eustis, yang tampaknya mengkhawatirkan penghematan keuangan, tidak mengirimkan berita kepada Hanks selama lebih dari tujuh bulan. Dia memberi tahu Hanks tentang dimulainya perang pada 18 Juni menggunakan tarif perangko biasa, yang mengakibatkan surat datang terlambat. Hanks telah mendengar desas-desus tentang aktivitas yang tidak biasa di pulau Inggris dan mengirim penjebak Michael Dousman untuk mendapatkan informasi. Yang terakhir bertemu dengan ekspedisi Inggris, ditangkap dan dengan cepat berpindah pihak.[2]

Dousman juga memperingatkan Inggris bahwa Amerika tidak menyadari pecahnya permusuhan. Inggris mendarat pada 17 Juli di pulau lebih dari 3 km utara benteng. Tempat ini dikenal sebagai "British landing" sekarang. Mereka kemudian mengangkut meriam melalui hutan dan meletakkannya di ketinggian yang menghadap ke benteng. Setelah tembakan meriam, mereka mengirim pesan di bawah penutup bendera putih untuk menuntut penyerahan benteng.[7]

Pemandangan British Landing, skt. 1898. Pasukan Inggris mendarat dekat pemukiman di malam hari pada 16 Juli.

Amerika yang terkejut dan secara taktis dirugikan. Selain itu, penduduk desa yang datang dengan bendera putih, melebih-lebihkan jumlah suku Indian di samping Inggris[8]. Khawatir akan pembantaian oleh suku Indian[9], Hanks menyerah tanpa perlawanan. Amerika dibebaskan dengan janji untuk tidak berpartisipasi lagi dalam perang.

Penduduk pulau memiliki pilihan untuk berjanji setia kepada Inggris atau meninggalkan pulau itu, banyak yang tinggal di pulau itu. Inggris memindahkan garnisun dari Pulau St. Joseph ke Pulau Mackinac dan menawarkan kepada suku Indian beberapa hadiah yang ditemukan di persediaan di pulau itu. Berita penaklukan benteng mendorong beberapa suku Indian untuk bergabung dengan pasukan Inggris sementara netral atau bersahabat dengan Amerika. Pasukan baru ini kemudian akan berpartisipasi dalam pengepungan Detroit yang akan menyaksikan kapitulasi pasukan Amerika. Letnan Hanks akan terbunuh oleh tembakan meriam selama pengepungan Detroit sambil menunggu pengadilan militernya menyusul hilangnya benteng. Pulau Mackinac tidak akan pernah diambil alih oleh Amerika selama perang, Inggris sebenarnya telah menyelesaikan Benteng Mackinac dengan membangun Benteng Holmes. Akan tetapi, pulau itu menjadi tempat pertempuran kedua pada 1814.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McCoy, Raymond. (1946), p.55
  2. ^ a b Elting, p.29
  3. ^ Elting (1995), p.12
  4. ^ Dunnigan, Brian Leigh (2008)
  5. ^ Hitsman, p.72
  6. ^ Wood, Edwin (1918). p. 285.
  7. ^ a b Hitsman, p.73
  8. ^ Elting, p.30
  9. ^ Wood, Edwin O. (1918). p.285

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Dunnigan, Brian Leigh. A picturesque situation Mackinac before photography, 1615-1860. Wayne State University Press, 2008.
  • Elting, John R. (1995). Amateurs to ArmsPerlu mendaftar (gratis). New York: Da Capo Press. ISBN 0-306-80653-3. 
  • Hitsman, J. Mackay; Graves, Donald E. (1999). The Incredible War of 1812. Toronto: Robin Brass Studio. ISBN 1-896941-13-3. 
  • McCoy, Raymond. The massacre of old Fort Mackinac (Michilimackinac) a tragedy of the American frontier, with the early history of St. Ignace, Mackinaw city and Mackinac island ..1946.
  • Wood, Edwin (1918). Historic Mackinac; the historical, picturesque and legendary features of the Mackinac country; illustrated from sketches, drawings, maps and photographs, with an original map of Mackinac Island, made especially for this work.
  • Zaslow, Morris (1964). The Defended BorderPerlu mendaftar (gratis). Toronto: Macmillan of Canada. ISBN 0-7705-1242-9. 

Koordinat: 45°51′11″N 4°37′03″W / 45.853056°N 4.6175°W / 45.853056; -4.6175