Pengembangan Windows Vista

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pengembangan Windows Vista terjadi dalam rentang waktu lima setengah tahun, dimulai dengan sungguh-sungguh pada Mei 2001,[1] sebelum rilis sistem operasi Microsoft Windows XP, dan berlanjut hingga November 2006.

Microsoft awalnya berharap untuk mengirimkan versi baru sekitar akhir tahun 2003 sebagai langkah kecil antara Windows XP (nama kode "Whistler") dan rilis utama Windows berikutnya yang direncanakan, dengan kode nama "Blackcomb".[2] kode nama asli Vista, "Longhorn", adalah acuan untuk rencana ini: Sementara Whistler dan Blackcomb adalah resor ski besar di British Columbia, Longhorn adalah nama bar di antara dua gunung yang dilewati pengunjung Whistler untuk mencapai Blackcomb.

Secara bertahap, Windows "Longhorn" mengasimilasi banyak fitur dan teknologi baru yang penting untuk "Blackcomb", sehingga tanggal rilis diundur beberapa kali. Banyak pengembang Microsoft juga ditugaskan kembali untuk meningkatkan keamanan Windows XP. Dihadapkan dengan penundaan dan kekhawatiran yang terus-menerus tentang feature creep, Microsoft mengumumkan pada 27 Agustus 2004, bahwa mereka membuat perubahan signifikan. Pengembangan "Longhorn" dimulai dari awal, membangun basis kode Windows Server 2003, dan hanya menggabungkan kembali fitur yang dimaksudkan untuk rilis sistem operasi yang sebenarnya. Beberapa fitur yang diumumkan sebelumnya, seperti WinFS dan NGSCB, dibatalkan atau ditunda.

Setelah "Longhorn" dinamai Windows Vista pada pertengahan 2005, program beta-test yang belum pernah terjadi sebelumnya dimulai yang melibatkan ratusan ribu relawan dan perusahaan. Antara September 2005 dan Oktober 2006, Microsoft merilis Community Technology Preview (CTP) reguler untuk penguji beta dan dua kandidat rilis untuk masyarakat umum. Pengembangan Windows Vista diakhiri dengan pengumuman penyelesaian 8 November 2006 oleh wakil presiden pengembangan Windows, Jim Allchin.

2001-2002: Pengembangan awal[sunting | sunting sumber]

Tahap pengembangan awal Longhorn umumnya ditandai dengan peningkatan dan pembaruan tambahan untuk Windows XP. Selama periode ini, Microsoft cukup diam tentang apa yang sedang dikerjakan, karena fokus pemasaran dan hubungan masyarakat mereka lebih terfokus pada Windows XP, dan Windows Server 2003, yang dirilis pada April 2003. Build Longhorn sesekali bocor ke jaringan file sharing populer seperti IRC, BitTorrent, eDonkey dan berbagai newsgroup, dan sebagian besar hal yang diketahui tentang build sebelum rilis pengembangan Longhorn yang disetujui pertama pada Mei 2003, berasal dari build ini.

Sebagian besar versi Longhorn dan Vista diidentifikasi oleh label yang selalu ditampilkan di pojok kanan bawah desktop. Label build biasanya akan terlihat seperti "Longhorn Build 3663.Lab06_N.020728-1728". Nomor build yang lebih tinggi tidak secara otomatis berarti fitur terbaru dari setiap tim pengembangan di Microsoft disertakan. Biasanya, tim yang mengerjakan fitur atau subsistem tertentu akan menghasilkan build yang berfungsi yang akan diuji oleh developer, dan ketika kode dianggap stabil, semua perubahan akan dimasukkan kembali ke dalam pohon pengembangan utama sekaligus. Di Microsoft, ada beberapa "Build labs" di mana kompilasi keseluruhan Windows dapat dilakukan oleh sebuah tim. Lab tempat asal build tertentu ditampilkan sebagai bagian dari label build, dan tanggal serta waktu build mengikutinya. Beberapa build (seperti Beta 1 dan Beta 2) hanya menampilkan label build dalam dialog informasi versi (Winver), dan ikonnya berasal dari Windows XP. Saat menginstal Build Milestone 2, OOBE (proses penyiapan) sama dengan Windows XP, tetapi dengan musik yang berbeda.

Milestone 2[sunting | sunting sumber]

Build 3663 (tanggal pembuatan 28 Juli 2002) adalah build pertama yang diketahui dengan beberapa screenshot yang bocor. Itu adalah penampakan pertama dari gaya "Plex" yang dianggap Microsoft sebagai tema tempat untuk versi pengembangan mereka, sampai mereka siap untuk mendemonstrasikan Aero.

Build 3670 (tanggal pembuatan 19 Agustus 2002) di mana beberapa screenshot dari build ini menunjukkan variasi dari Device Manager yang diterapkan di dalam Windows Explorer. Fitur ini kemudian muncul di Windows 7.

Milestone 3[sunting | sunting sumber]

Build 3683 (tanggal pembuatan 23 September 2002) bocor pada 20 Oktober 2002, dan merupakan bangunan Longhorn pertama yang bocor ke Internet. Bangunan ini adalah yang pertama dari beberapa yang memiliki judul "Longhorn XP Professional". Secara visual tidak jauh berbeda dengan Windows XP. Salah satu perubahan penting adalah bahwa logo Windows hanya berwarna putih, tidak diwarnai seperti semua versi Windows sebelumnya. Juga templat di Dokumen Saya dan Gambar Saya sangat berbeda serta kotak dialog Buka dan Simpan sebagai juga menyertakan templat, menggabungkan perubahan estetika dan beberapa opsi antarmuka pengguna baru. "Sidebar" baru juga hadir, yang berisi banyak gadget yang nantinya akan terlihat di Windows Sidebar, seperti jam analog, tampilan slide, dan kemampuan pencarian. Opsi dalam versi bilah sisi ini juga memungkinkan untuk memindahkan tombol Mulai ke dalamnya, dan menonaktifkan bilah tugas tradisional sepenuhnya. Revisi awal WinFS juga disertakan, tetapi sangat sedikit antarmuka pengguna yang disertakan, dan oleh karena itu, tampaknya penguji awal tidak lebih dari layanan yang menghabiskan banyak memori dan waktu prosesor . Panel kontrol "Properti Tampilan"[3] was the first significant departure, being built on the new "Avalon" API.[4]

Build 3706 (tanggal pembuatan 29 Oktober 2002) bocor pada 22 Mei 2006. Itu adalah salah satu build pertama yang menyertakan Desktop Composition Engine (DCE), yang kemudian menjadi Desktop Window Manager (DWM). Build ini muncul di Internet lama setelah build lain dari periode ini, dan menyertakan beberapa perubahan yang pertama kali dilaporkan sebagai bagian dari build milestone selanjutnya, termasuk Internet Explorer 6.05 dan tema "Plex".

Build 3718 (tanggal pembuatan 19 November 2002) bocor pada tanggal 30 April 2004. Ini termasuk DCE dan beberapa transparansi alpha dan efek transisi yang dipercepat perangkat keras. Sebagai demonstrasi kemampuan DCE, program dibalik ke taskbar dan diputar saat diminimalkan.

2003 dan awal 2004: Teknologi baru[sunting | sunting sumber]

Milestone 4[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa bulan berita atau aktivitas yang relatif sedikit dari Microsoft dengan Longhorn, Build 4008 (dengan tanggal pembuatan 19 Februari 2003) muncul di Internet sekitar 28 Februari 2003.[5] Itu juga diberikan secara pribadi kepada sekelompok pengembang perangkat lunak terpilih. Sebagai rilis evolusioner atas build 3683, itu berisi sejumlah perbaikan kecil, termasuk tema biru "Plex" yang dimodifikasi dan penginstal berbasis Windows Image baru yang disederhanakan yang beroperasi dalam mode grafis sejak awal, dan menyelesaikan penginstalan pengoperasian. sistem di sekitar sepertiga waktu Windows XP pada perangkat keras yang sama. Sebuah "bilah tugas baru" opsional diperkenalkan yang lebih tipis dari versi sebelumnya dan menampilkan waktu secara berbeda.

Perbedaan visual dan fungsional yang paling menonjol, bagaimanapun, hadir dengan Windows Explorer. Penggabungan tema Plex menjadikan biru sebagai warna dominan dari seluruh aplikasi. Panel tugas bergaya Windows XP hampir seluruhnya diganti dengan panel horizontal besar yang muncul di bawah toolbar. Antarmuka pencarian baru memungkinkan pemfilteran hasil, mencari bantuan Windows, dan kueri bahasa alami yang akan digunakan untuk berintegrasi dengan WinFS. Karakter pencarian animasi juga dihapus. "Mode tampilan" juga diganti dengan satu slider yang akan mengubah ukuran ikon secara real-time, dalam mode daftar, thumbnail, atau detail, tergantung di mana slider itu berada. Metadata file juga dibuat lebih terlihat dan lebih mudah diedit, dengan dorongan yang lebih aktif untuk mengisi informasi yang hilang. Yang juga perlu diperhatikan adalah konversi Windows Explorer menjadi aplikasi .NET.

Milestone 5[sunting | sunting sumber]

'Build 4015' (tanggal pembuatan 28 Maret 2003) bocor ke Internet pada tanggal 28 April 2003. Beberapa fitur yang telah dikerjakan Microsoft dimasukkan ke dalam build ini, seperti berbagai kontrol orang tua, juga memindahkan dan memperbesar logo Windows ke sisi kiri tombol Start banyak konfigurasi tambahan untuk sidebar (termasuk bisa meletakkannya di bawah start bar di bagian bawah layar), dan gagasan "Libraries" (nanti dikenal sebagai folder virtual) file. Perpustakaan ini mengumpulkan konten dari sekitar hard drive. Pengguna kemudian dapat memfilter konten ini dan menyimpannya dalam folder. Microsoft awalnya bermaksud untuk mengganti semua folder shell khusus (My Documents, My Music, dll.) Dengan folder virtual. Namun, perubahan ini dianggap terlalu drastis dan dihentikan setelah Beta 1 dirilis pada pertengahan 2005. Perpustakaan kemudian dimasukkan dalam Windows 7. Build ini juga terkenal untuk debut bilah kemajuan layar boot yang terlihat pada rilis final (meskipun versi 4015 berwarna biru, bukan hijau). Lokasi shell Download Manager baru menyarankan bahwa Internet Explorer akan mendapatkan download manager gaya Mozilla, meskipun fungsionalitas tersebut tidak terlihat. Masalah signifikan kebocoran memori dengan Windows Explorer dan Sidebar membuat build ini sulit digunakan, yang mengakibatkan beberapa peretasan pihak ketiga untuk mengurangi masalah tersebut. Database back-end Outlook Express berubah total dan menjadi bergantung pada WinFS untuk menyimpan emailnya. WinFS sendiri masih memiliki masalah kinerja dan penggunaan memori yang signifikan, sehingga menjadi umum bagi penguji untuk menonaktifkan WinFS sepenuhnya, sehingga membuat Outlook Express tidak beroperasi.

Pada konferensi Windows Hardware Engineering Conference (WinHEC) bulan Mei 2003, Microsoft memberikan demonstrasi publik pertama mereka tentang Desktop Window Manager dan Aero. Demonstrasi dilakukan pada versi revisi 4015 yang tidak pernah dirilis. Beberapa sesi untuk pengembang dan insinyur perangkat keras di konferensi difokuskan pada fitur baru ini, serta Basis Komputasi Aman Generasi Berikutnya (sebelumnya dikenal sebagai "Palladium"), yang pada saat itu merupakan solusi yang diusulkan Microsoft untuk membuat lingkungan komputasi yang aman. Juga di konferensi ini, Microsoft menegaskan kembali peta jalan mereka untuk mengirimkan Longhorn, menunjuk ke tanggal rilis "awal 2005".[6]

'Build 4028' (tanggal pembuatan 1 Juli 2003) adalah Server yang pertama kali dibuat dan didasarkan pada Windows Server.NET RC1, yang kemudian menjadi Windows Server 2003. Bit klien tradisional, seperti gaya visual dan tampilan , ada tetapi dinonaktifkan secara default.
Build 4029 (Kompile Milestone 5) (tanggal pembuatan 19 Juni 2003), bocor pada 23 September 2003. Build ini berisi beberapa teknologi baru untuk build 4015. Windows Explorer melewati beberapa lainnya perubahan. Pratinjau gambar dan video yang lebih besar ditampilkan di tooltip saat mouse diarahkan ke atas file, pemfilteran hasil tingkat kolom diperkenalkan, dan kinerja keseluruhan Explorer agak ditingkatkan dibandingkan build 4015, meskipun masalah kebocoran memori tidak sepenuhnya terselesaikan. Ada juga antarmuka pengguna jam analog baru. Pemrosesan gambar batch dari gambar juga diperkenalkan, sehingga memungkinkan pengguna untuk memutar beberapa gambar sekaligus.

Nama Build 4029 ditampilkan sebagai "onghornLay rofessionalPay ersionVay 2003" (Pig Latin untuk Longhorn Professional Version 2003) di berbagai tempat di sekitar sistem operasi. Sementara beberapa orang mengira bahwa tangkapan layar dari build ini palsu karena kesalahan yang tampak jelas ini, Microsoft kemudian menjelaskan bahwa ini hanyalah tes beberapa kode baru untuk menemukan dan mengurangi jumlah tempat di kode sistem operasi yang namanya ditentukan.[7]

Milestone 6[sunting | sunting sumber]

Build 4029 (Kompile Milestone 6) (tanggal pembuatan 29 Juni 2003) mirip dengan 4029 dengan sedikit perbaikan.

Build 4033 (tanggal pembuatan 17 Juli 2003) mirip dengan 4029 tetapi berisi beberapa peningkatan UI, termasuk tema Plex yang diperbarui.

Build 4039 (tanggal pembuatan 27 Agustus 2003) bocor pada 22 Agustus 2007. Build ini mencakup Phodeo, tampilan 3D untuk menampilkan foto, serta DWM dan kaca penuh. Ini adalah build terakhir yang memuat gaya visual Plex.

Milestone 7[sunting | sunting sumber]

Build 4042 (tanggal pembuatan 9 September 2003) mungkin adalah build paling awal yang memiliki tema Slate (Lab06), bukan tema Plex (winmain) yang terlihat di build sebelumnya. Namun, kaca Aero dari Build 4039 tetap ada. Kata "Saya" telah dihapus dari "Komputer" dan "Tempat Jaringan".

Build 4050 (tanggal pembuatan 28 September 2003) ditampilkan di TechEd 2004 di Israel dan merupakan salah satu dari banyak build bernomor 4050 yang digunakan dalam demo Microsoft, terutama pada tahun 2003 Professional Developers Conference .

Official PDC 2003 build (tanggal pembuatan 1 Oktober 2003, dengan nomor build 4051) tidak dirilis ke publik umum, tetapi bocor pada 20 Oktober 2003. Ini memperkenalkan tema Slate, yang memulai debutnya pada 4042.Lab06. Bangunan ini juga berisi versi terbaru Internet Explorer dengan nomor versi 6.05. Fitur baru yang dicatat oleh pengulas termasuk Download Manager, pop-up blocker, add-on manager dan alat untuk menghapus riwayat browsing.[8] kecuali untuk pengelola unduhan, yang akhirnya dibuang, semua fitur ini muncul di versi Internet Explorer yang disertakan dengan versi pratinjau Windows XP Service Pack 2 beberapa bulan kemudian. Ketika Windows Sidebar diaktifkan, kata "Start" telah dihapus dari tombol Start - pengembangan yang digunakan kemudian di Windows Vista.

Build 4053 (tanggal pembuatan 22 Oktober 2003) bocor pada 2 Maret 2004, dan memiliki beberapa perubahan kecil.

Build 4066 (tanggal pembuatan 26 Februari 2004). Meskipun build ini mengidentifikasi dirinya sebagai build "Server", build ini berisi banyak fitur yang hanya pernah dilihat dan dikaitkan dengan build desktop. Versi Phodeo yang diperbarui disertakan, serta Sidebar, Mini-Windows Media Player, dan ubin sidebar terkait, build yang berfungsi dari Desktop Window Manager dan tema Jade. Versi ini juga mengganti banyak ikon XP dengan ikon Longhorn baru, beberapa di antaranya sangat mirip dengan ikon di versi final Vista. Build ini bocor pada 20 Desember 2008.[9]

Pada Mei 2004, Microsoft mengubah rencananya untuk menyertakan teknologi Basis Komputasi Aman Generasi Berikutnya dengan Longhorn. Teknologi, yang lebih dikenal dengan nama kode aslinya "Palladium", telah menuai banyak kritik dari para analis, spesialis keamanan, dan peneliti, dan sering dikutip oleh pendukung sistem operasi non-Microsoft sebagai alasan untuk bermigrasi ke platform pilihan mereka. Ross Anderson, misalnya, menerbitkan sebuah makalah, menyusun banyak dari keprihatinan dan kritik ini sebagai bagian dari analisis yang lebih besar pada Komputasi Tepercaya.[10] Mengingat banyaknya tanggapan negatif tidak hanya dari analis, tetapi juga pelanggan perusahaan dan pengembang perangkat lunak, Microsoft menangguhkan banyak aspek proyek NGSCB untuk jangka waktu yang tidak terbatas.[11] Satu-satunya aspek NGSCB yang disertakan dengan rilis final sistem operasi adalah "BitLocker", yang dapat menggunakan chip Trusted Platform Module untuk memfasilitasi pengaktifan yang aman dan enkripsi full-drive.

Build 4067 (tanggal pembuatan 12 Februari 2004) adalah beta pribadi yang ditampilkan selama keynote Jim Allchin di WinHEC 2004.[12]

Build 4074 (tanggal pembuatan 25 April 2004) - Build pratinjau resmi WinHEC 2004. Bocor pada Mei 2004. Build ini memperkenalkan tema Jade yang ditingkatkan, meskipun tema Slate dipertahankan dan adalah defaultnya. Juga, font Segoe UI diperkenalkan untuk tema Jade. Ini juga merupakan build pra-reset yang paling familiar. Itu adalah bocoran build pertama yang memiliki efek aero lengkap di Explorer dan Internet Explorer dari Desktop Window Manager, namun, modifikasi registri diperlukan untuk memperluas efek ke UI penuh.[13]

Build 4083 (tanggal pembuatan 16 Mei 2004) - Bocor pada 10 November 2004. Baik Sidebar maupun WinFS dihapus dari rilis ini. Dianggap sangat tidak stabil, termasuk tidak adanya program di menu start dan masalah driver dan instalasi.

Build 4093 (tanggal pembuatan 19 Agustus 2004) - Ini adalah salah satu build terakhir yang dikompilasi sebelum pengembangan disetel ulang. Dianggap sangat tidak stabil, ini berisi Sidebar, WinFS, dan Avalon berbasis Windows Movie Maker, versi awal Windows Anytime Upgrade, dan penyintesis ucapan Microsoft Anna. Ada applet panel kontrol Properti Tampilan berbasis Avalon yang tersembunyi di folder \WINDOWS \SYSTEM32, mirip dengan yang ada di Build 3683.

Pertengahan 2004-Pertengahan 2005: Pengembangan "ulang"[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, menjadi jelas bagi tim Windows di Microsoft bahwa mereka kehilangan pandangan tentang apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan versi Windows berikutnya dan mengirimkannya kepada pelanggan. Secara internal, beberapa karyawan Microsoft mendeskripsikan proyek Longhorn sebagai "Cairo lain" atau "Cairo.NET", mengacu pada proyek pengembangan Cairo yang dimulai oleh perusahaan hingga paruh pertama tahun 1990-an, yang tidak pernah menghasilkan sistem operasi pengiriman (meskipun hampir semua teknologi yang dikembangkan selama waktu itu berakhir di Windows 95 dan Windows NT).[14] Microsoft dikejutkan pada tahun 2005 dengan peluncuran Mac OS X Tiger oleh Apple. Itu hanya menawarkan subset fitur terbatas yang direncanakan untuk Longhorn, khususnya pencarian file cepat dan grafis terintegrasi dan pemrosesan suara, tetapi tampaknya memiliki keandalan dan kinerja yang mengesankan dibandingkan dengan build Longhorn kontemporer.[15] Kebanyakan build Longhorn mengalami kebocoran sistem utama Explorer.exe yang mencegah OS bekerja dengan baik, dan menambahkan lebih banyak kebingungan ke tim pengembangan di build selanjutnya dengan semakin banyak kode yang dikembangkan yang gagal mencapai stabilitas.

Pada artikel halaman depan tanggal 23 September 2005 tentang The Wall Street Journal, wakil presiden Microsoft Jim Allchin, yang memiliki tanggung jawab keseluruhan untuk pengembangan dan pengiriman Windows, menjelaskan bagaimana pengembangan dari Longhorn "menabrak tanah" sebagian besar karena metode serampangan yang memperkenalkan dan mengintegrasikan fitur ke dalam inti sistem operasi tanpa fokus yang jelas pada produk akhir.[16] Pada Desember 2003, Allchin meminta bantuan dua senior lainnya atau eksekutif, Brian Valentine dan Amitabh Srivastava, yang pertama berpengalaman dengan perangkat lunak pengiriman di Microsoft, terutama Windows Server 2003,[17] dan yang terakhir menghabiskan karirnya di Microsoft meneliti dan mengembangkan metode untuk memproduksi sistem pengujian berkualitas tinggi.[18] Srivastava mempekerjakan tim arsitek inti untuk memetakan secara visual keseluruhan sistem operasi Windows, dan secara proaktif bekerja menuju proses pengembangan yang akan menegakkan kualitas kode tingkat tinggi, mengurangi saling ketergantungan antar komponen. ents, dan secara umum, "tidak memperburuk keadaan dengan Vista".[19] Hal-hal ini, sehubungan dengan fakta bahwa banyak pengembang dan insinyur Microsoft yang paling terampil telah mengerjakan Windows Server 2003, menyebabkan keputusan untuk "mengatur ulang" pengembangan Longhorn, membuat kode yang sama yang akan menjadi Windows Server 2003 Service Pack 1, bukan Windows.NET Server Release Candidate 1 (Build 3663).

Perubahan ini, diumumkan secara internal kepada karyawan Microsoft pada 26 Agustus 2004,[butuh rujukan] dimulai dengan sungguh-sungguh pada bulan September, meskipun akan memakan waktu beberapa bulan lagi sebelum proses pengembangan baru dan metodologi build digunakan oleh semua tim pengembangan. Beberapa keluhan datang dari pengembang individu, dan Bill Gates sendiri, bahwa proses pengembangan baru akan sangat sulit untuk dikerjakan di dalamnya. Perubahan di lab build juga mengakibatkan periode beberapa bulan saat tidak ada build Longhorn yang bocor ke Internet.

Longhorn "Omega 13" atau Milestone 8/9[sunting | sunting sumber]

Build 3790.1232 (tanggal pembuatan 19 Agustus 2004[20]) terkenal, karena ini adalah build pertama dari Longhorn berdasarkan basis kode Server 2003, tetapi dengan antarmuka Windows XP. Build internal berturut-turut selama beberapa bulan secara bertahap mengintegrasikan banyak pekerjaan mendasar yang telah dilakukan selama tiga tahun sebelumnya, tetapi dengan aturan yang jauh lebih ketat tentang kode apa yang dapat dimasukkan ke dalam build utama. Bentukan dalam periode ini digambarkan dengan berbagai cara sebagai Longhorn "Omega 13",<[21] dan sebagai Milestone 8/9, tergantung pada apakah build tree baru atau lama sedang dikerjakan.

Build 5000 dan 5001 (tanggal pembuatan masing-masing 3 Agustus 2004 dan 12 September 2004, keduanya bocor pada 23 Januari 2020 [22]) adalah build Windows Longhorn lainnya yang juga memiliki antarmuka Windows XP. Untuk Build 5001, wallpapernya sama dengan Windows XP tetapi memiliki banteng dengan tanduk panjang. Penggantian beberapa referensi "Windows XP" dengan "Windows LH" ("LH" adalah singkatan dari "Long horn") dan pengenalan versi Windows Media Player 10 yang sangat tidak stabil juga terkenal dalam build 5001.

  1. ^ Peter Galli (30 Juli 2001). "Pushing Forward - the next version of Windows". eWeek. Diakses tanggal 7 Juli 2006. 
  2. ^ longhorn.ms
  3. ^ "Display Properties". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-06-14. Diakses tanggal 2007-09-08. 
  4. ^ Thurrott, Paul (2002-11-13). ""Longhorn" Alpha Preview". Windows SuperSite. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-04. Diakses tanggal 2006-03-30. 
  5. ^ Thurrott, Paul (2003-03-01). "Longhorn Alpha Preview 2: Build 4008". Windows SuperSite. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-04-08. Diakses tanggal 2006-03-30. 
  6. ^ "WinHEC 2003 Session Presentations". Microsoft. 2003-08-01. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-12-16. Diakses tanggal 2006-03-31. 
  7. ^ Thurrott, Paul. "WinInfo Short Takes: Week of September 29". SuperSite for Windows. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2016. Diakses tanggal 2006-03-31. 
  8. ^ Brewer, Matt (December 12, 2003). "New Internet Explorer on Longhorn 4051". OSNews. Diakses tanggal 2008-01-31. 
  9. ^ Si vis Pacem, Para Bellum: 6.0.4066.0.main.040226-1010 Diarsipkan October 14, 2016, di Wayback Machine.
  10. ^ Ross Anderson (August 2003). "`Trusted Computing' Frequently Asked Questions". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-22. Diakses tanggal 2006-12-26. 
  11. ^ Joris Evers (May 6, 2004). "Microsoft revisits NGSCB security plan". ComputerWorld. Diakses tanggal 2006-12-26. 
  12. ^ Windows:Longhorn:4067.private/lddm dev tech(devdmo).040212-1646, diarsipkan dari versi asli tanggal 7 April 2014, diakses tanggal 2 April 2014  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  13. ^ Betawiki: Longhorn Build 4074 
  14. ^ Kaplan, Michael (2005-10-16). "A Reset Does Not Mean Everything Was Thrown Away". Sorting It All Out. Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-02-18. Diakses tanggal 2006-04-02. 
  15. ^ Keizer, Gregg (2007-01-29). "Microsoft's Vista Had Major Mac Envy, Company E-Mails Reveal". Information Week. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-04-20. Diakses tanggal 2013-02-28. 
  16. ^ Guth, Robert A. (2005-09-23). "Battling Google, Microsoft Changes How It Builds Software". The Wall Street Journal. Redmond, Washington. hlm. A1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-12-18. Diakses tanggal 2006-04-02 – via Net127. 
  17. ^ Thurrott, Paul (2003-04-16). "Brian Valentine Talks Windows Server 2003". ITPro. Diakses tanggal 2006-04-02. 
  18. ^ Murphy, Victoria (2003-05-26). "The Exterminator". Forbes. 
  19. ^ Short, Rob (2005-12-23). "Rob Short (and Kernel Team) - Going Deep Inside Windows Vista's Kernel Architecture". Going Deep. Channel 9 (Wawancara). Wawancara dengan Charles Torre. Microsoft. 
  20. ^ "The Build 3790 Leak Topic". BetaArchive. 2011-08-14. 
  21. ^ "The reset". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-07. Diakses tanggal 2020-12-25. 
  22. ^ "New Longhorn Builds for a New Decade". BetaArchive. 2020-01-23.