Pengawagaram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengawagaram adalah unit proses di kilang minyak yang menghilangkan garam dari minyak mentah . Garam larut dalam air dalam minyak mentah, bukan dalam minyak mentah itu sendiri. Pengawagaraman biasanya merupakan proses pertama dalam penyulingan minyak mentah. Kandungan garam setelah desalter biasanya diukur dalam PTB – pon garam per seribu barel minyak mentah.[1] Spesifikasi lainnya adalah Dasar sedimen dan air .

Istilah pengawagaram juga dapat merujuk pada fasilitas desalinasi air yang digunakan untuk mengolah air payau dari limpasan pertanian . Hal ini dapat dilakukan baik untuk menghasilkan air minum untuk konsumsi manusia atau hewan, atau untuk mengurangi salinitas air sungai sebelum melintasi perbatasan internasional, biasanya untuk memenuhi syarat-syarat perjanjian . Pengawagaram juga digunakan untuk mengolah reservoir air tanah di area yang terkena dampak tempat penggemukan sapi dan perusahaan susu .

Pengawagaraman minyak mentah[sunting | sunting sumber]

Garam yang paling sering terdapat dalam minyak mentah adalah kalsium, natrium, dan magnesium klorida. Jika senyawa ini tidak dihilangkan dari minyak, beberapa masalah muncul dalam proses pemurnian. Suhu tinggi yang terjadi di bagian hilir dalam proses dapat menyebabkan hidrolisis air, yang pada gilirannya memungkinkan terbentuknya asam klorida yang korosif. Pasir, lanau dan garam menyebabkan endapan dan penukar panas yang buruk atau menyebabkan sumbatan. Kebutuhan untuk memasok panas untuk menguapkan air mengurangi kapasitas pra-panas mentah. Natrium, arsenik, dan logam lainnya dapat meracuni katalis. Dengan menghilangkan padatan tersuspensi, mereka tidak dibawa ke pembakar dan akhirnya gas buang, di mana mereka akan menyebabkan masalah dengan kepatuhan lingkungan seperti norma opasitas gas buang.

Minyak mentah yang akan dihilangkan garamnya dipanaskan hingga suhu 100-150 °C dan dicampur dengan 4-10% air tawar, yang mengencerkan garam. Campuran tersebut kemudian dipompa ke tangki pengendapan di mana air garam dipisahkan dari minyak dan dikeluarkan. Medan elektrostatik diterapkan oleh elektroda di tangki pengendapan, menginduksi polarisasi tetesan air yang mengambang di volume minyak yang lebih besar. Hal ini menyebabkan tetesan air menggumpal dan mengendap di dasar tangki.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Measurement of salt content in petroleum flow lines - Patent 4352288". Diakses tanggal 2009-03-11. 
  2. ^ https://m.tau.ac.il/~tsirel/dump/Static/knowino.org/wiki/Crude_oil_desalter.html Crude oil desalter