Penganjung tangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penganjung tangga medis

Penganjung tangga adalah alat mekanis untuk mengangkat orang, biasanya penyandang disabilitas, naik dan turun tangga .[1] Untuk tangga yang cukup lebar, dipasang rel pada tapak tangga. Kursi atau anjungan pengangkat terpasang ke rel. Seseorang naik ke kursi atau anjungan dan diangkat ke atas atau ke bawah tangga dengan kursi yang bergerak di sepanjang rel.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1920-an, CC Crispen, seorang pengusaha asal Pennsylvania, menciptakan cara yang memungkinkan temannya yang sakit dapat melakukan perjalanan dari satu lantai ke lantai yang lain. Ide Crispen adalah mendesain tempat duduk yang bisa menaiki tangga. Sebagai seorang insinyur otodidak, ia membuat prototipe pertama kursi miring. Dia menyebutnya Inclinator.[2]

Sebelumnya Frederick Muffett dari Royal Tunbridge Wells menemukan dan mematenkan "Kursi Tidak Valid dengan Jalur Trem untuk digunakan di Tangga"

Sejarawan David Starkey pada tahun 2009 menemukan bukti dalam daftar harta benda Raja Henry VIII bahwa raja menggunakan penganjung tangga.[butuh rujukan][ <span title="This claim needs references to reliable sources. (May 2023)">kutipan diperlukan</span> ] Saat raja terluka, ia menggunakan kursi yang ditarik naik turun tangga dengan sistem blok dan tekel oleh para pelayan di Istana Whitehall di London.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Penganjung tangga modern dapat ditemukan dengan beragam fitur seperti ketinggian kursi yang dapat disesuaikan, sakelar isolasi baterai, stasiun panggilan, rel 'flip-up', sakelar kunci, tangga lipat, pengatur kecepatan, sabuk pengaman, pemulai pelan, dan penghenti pelan.

Rel[sunting | sunting sumber]

Rel lurus untuk digunakan pada undakan rumah tangga biasanya terbuat dari aluminium atau baja ekstrusi dan tersedia dalam berbagai bentuk penampang. Rel ini biasanya memiliki berat lebih dari 30 kg (66 pon), tergantung panjangnya. Di sebagian besar aplikasi, mereka dipasang ke tangga dengan braket logam.

Jika rel melintasi pintu di bagian bawah tangga atau menyebabkan penghalang, engsel dapat dipasang sehingga ujung rel dapat dilipat kembali saat tidak digunakan.

Rel melengkung terbuat dari bahan seperti baja atau aluminium dan tersedia dalam berbagai bentuk penampang sesuai dengan perancangnya. Desain individu sangat bervariasi dan mungkin kriteria utamanya adalah membuat kurva dengan radius sekecil mungkin sehingga dapat melingkari objek dengan rapat seperti tiang baru .

Bagian rel melengkung biasanya dikemas dengan baik untuk mencegah kerusakan dalam perjalanan dan dibuka bungkusnya serta dirakit di lokasi.

Rel untuk Penganjung tanggaa kursi roda dapat dipasang ke dinding sebagai tambahan pada pemasangan tangga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, Melanie (2006). Using the Building Regulations: Part M Access. Routledge. hlm. 63. ISBN 1136349995. 
  2. ^ "About Inclinator Company of America - History of Home Elevators". Inclinator. 17 March 2016. Diakses tanggal 2020-12-04.