Penerbitan layartama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penerbitan layartama ( DTP ) adalah pembuatan dokumen menggunakan perangkat lunak tata letak halaman pada komputer pribadi. Ini pertama kali digunakan hampir secara eksklusif untuk publikasi cetak, namun sekarang juga membantu dalam pembuatan berbagai bentuk konten online.[1] Perangkat lunak penerbitan layartama dapat menghasilkan tata letak dan menghasilkan teks dan gambar dengan kualitas tipografi yang sebanding dengan tipografi dan pencetakan tradisional. Penerbitan layartama juga menjadi acuan utama tipografi digital . Teknologi ini memungkinkan individu, bisnis, dan organisasi lain untuk menerbitkan sendiri beragam konten, mulai dari menu, majalah, hingga buku, tanpa biaya pencetakan komersial.[2]

Penerbitan layartama sering kali memerlukan penggunaan komputer pribadi dan perangkat lunak tata letak halaman WYSIWYG untuk membuat dokumen baik untuk penerbitan skala besar atau keluaran dan distribusi periferal multifungsi lokal skala kecil - meskipun sistem non-WYSIWYG seperti TeX dan LaTeX juga digunakan, khususnya dalam penerbitan ilmiah . Metode penerbitan layartama memberikan kontrol lebih besar terhadap desain, tata letak, dan tipografi dibandingkan pengolah kata . Namun, perangkat lunak pengolah kata telah berevolusi untuk mencakup sebagian besar, jika tidak semua, kemampuan yang sebelumnya hanya tersedia pada percetakan profesional atau penerbitan layartama.[3]

Keterampilan dan perangkat lunak DTP yang sama yang digunakan untuk penerbitan kertas dan buku pada umumnya kadang-kadang digunakan untuk membuat grafik untuk tampilan tempat penjualan, presentasi, infografis, brosur, kartu nama, barang-barang promosi, pameran dagang, desain paket ritel dan tanda-tanda luar ruangan .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bear, Jacci Howard. "What's Involved in Desktop Publishing?". Lifewire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-02. 
  2. ^ Ruiter, Maurice M. de (1988-04-29). Advances in Computer Graphics III (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. ISBN 9783540187882. 
  3. ^ Amanda Presley (2010-01-28). "What Distinguishes Desktop Publishing From Word Processing?". Bright Hub (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-02.