Penerbangan perdana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penerbangan perdana (disebut juga penerbangan pertama) sebuah pesawat terbang adalah usaha pertama ketika pesawat lepas landas menurut kesesuaiannya. Ini sama dengan pelayaran perdana pada kapal laut.

Penerbangan perdana (pertama) sebuah pesawat jenis baru selalu menjadi peristiwa bersejarah bagi jenis pesawat tersebut. Penerbangan ini juga yang paling berbahaya, karena karakteristik penanganan pesawat secara umum belum diketahui. Penerbangan perdana pesawat jenis baru hampir selalu diterbangkan oleh pilot uji coba yang berpengalaman tinggi. Penerbangan perdana biasanya diikuti oleh pesawat kejar, untuk memeriksa ketinggian, kecepatan udara, dan kelayakan udara.

Sebuah penerbangan perdana adalah satu tahap dalam pengembangan suatu jenis pesawat. Kecuali jenis tersebut berupa pesawat penelitian (seperti X-15), pesawat itu harus diuji secara ekstensif untuk menjamin bahwa pesawat memberikan kinerja yang diharapkan dengan tingkat keselamatan yang memadai. Dalam pesawat sipil, sebuah pesawat jenis baru harus disertifikasi oleh lembaga yang memerintah (seperti Federal Aviation Administration di Amerika Serikat) sebelum dapat dioperasikan.

Penerbangan perdana bersejarah[sunting | sunting sumber]

Daftar yang belum lengkap penerbangan perdana jenis pesawat bersejarah, diurutkan menurut tanggal, yaitu:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.centennialofflight.gov/essay/Prehistory/late_1800s/PH4G7.htm