Penelusuran layartama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perangkat lunak mesin penelusuran layartama OSL Aduna AutoFocus 5

Penelusuran layartama adalah mencari suatu hal di dalam berkas komputer pengguna dibandingkan mencari di Internet. Alat-alat ini dirancang untuk mencari informasi di PC pengguna, termasuk riwayat web peramban, arsip surel, dokumen teks, berkas suara, gambar, dan video. Berbagai program pencarian layartama kini tersedia; lihat daftar ini untuk contohnya. Sebagian besar program penelusuran layartama adalah aplikasi mandiri. Produk penelusuran layartama adalah perangkat lunak alternatif terhadap perangkat lunak pencarian yang disertakan dalam sistem operasi, membantu pengguna memilah berkas layartama, surel, lampiran, dan banyak lagi.[1] [2] [3]

Penelusuran layartama muncul sebagai kekhawatiran bagi perusahaan besar karena dua alasan utama: produktivitas dan keamanan yang belum dimanfaatkan. Menurut firma analis Gartner, hingga 80% data beberapa perusahaan terkunci di dalam data tidak terstruktur — informasi yang disimpan di PC pengguna, direktori (laci) dan berkas yang mereka buat di jaringan, dokumen yang disimpan di repositori seperti seperti intranet perusahaan dan banyak lokasi lainnya.[4] Selain itu, banyak perusahaan memiliki informasi terstruktur atau tidak terstruktur yang disimpan dalam rupa berkas lama yang belum dapat mereka akses.

Sektor ini menarik banyak perhatian pada akhir tahun 2004 hingga awal tahun 2005 akibat pertikaian antara Microsoft dan Google.[5] [6] [7] Menurut analis pasar, kedua perusahaan berusaha memanfaatkan monopoli mereka (masing-masing atas peramban web dan mesin pencari ) untuk memperkuat dominasi mereka. Karena keluhan Google bahwa pengguna Windows Vista tidak dapat memilih program penelusuran layartama pesaing mana pun dibandingkan program yang ada di dalamnya, kesepakatan dicapai antara Departemen Kehakiman AS dan Microsoft bahwa Windows Vista Service Pack 1 akan memungkinkan pengguna untuk memilih antara program bawaan. di dan program penelusuran layartama lainnya, lalu pilih mana yang akan menjadi default.[8] Mulai September 2011, Google mengakhiri masa pakai Google Desktop .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What do you do for desktop search in VDI and RDSH?". Blogpost by Brian Madden on brainmadden.com. Retrieved on March 25, 2015.
  2. ^ Anthony Ha (2 June 2008). "Lookeen offers a new way for Outlook users to search". VentureBeat. Diakses tanggal 8 March 2016. 
  3. ^ Robert L. Mitchell (8 May 2013). "X1 rises again with Desktop Search 8, Virtual Edition". Computerworld. Diakses tanggal 24 June 2015. 
  4. ^ "Security special report: Who sees your data?", Computer Weekly, 2006-04-25 .
  5. ^ "BBC NEWS - Technology - Search wars hit desktop computers". bbc.co.uk. 26 October 2004. Diakses tanggal 24 June 2015. 
  6. ^ "KMWorld - The Evolution of Desktop Search". Diakses tanggal 7 January 2019. .
  7. ^ "dtSearch UK Blog - Desktop Wars". Diakses tanggal 8 January 2019. 
  8. ^ "SearchMax". goebelgroup.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2013. Diakses tanggal 24 June 2015.