Spanyol Pencerahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pencerahan di Spanyol)
Kerajaan Spanyol

Reino de España
1700–1810
SemboyanPlus Ultra
"Lebih jauh ke depan"
Lagu kebangsaanMarcha Real
"Mars Kerajaan"
Imperium Spanyol setelah Perjanjian Paris (1783).
Ibu kotaMadrid
Bahasa yang umum digunakanBahasa Spanyol
Agama
Katolik Roma
PemerintahanMonarki
Era SejarahEnlightenment era
• Kematian Carlo II
1 November 1700
1700–1715
1740–1748
1756–1763
1807–1814
24 September 1810
Kode ISO 3166ES
Didahului oleh
Digantikan oleh
Spanyol Habsburg
krjKerajaan
Aragon
krjKerajaan
Spanyol (Napoleon)
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Spanyol Pencerahan adalah masa ketika gagasan Abad Pencerahan (dalam bahasa Spanyol Ilustración) memasuki wilayah Spanyol pada abad ke-18 setelah berkuasanya Dinasti Bourbon dan kematian penguasa raja Habsburg terakhir, Carlo II, pada tahun 1700. "Seperti Pencerahan Spanyol, raja-raja Bourbon Spanyol dijiwai oleh identitas Katolik Spanyol."[1] Periode reformasi dan "despotisme tercerahkan" di bawah kekuasaan Wangsa Bourbon berfokus pada sentralisasi dan modernisasi pemerintahan Spanyol dan pembangunan infrastruktur. Tindakan-tindakan ini dimulai pada masa kekuasaan Raja Carlo III dari Spanyol dan menterinya, José Moñino. Dalam bidang politik dan ekonomi, Wangsa Bourbon memberlakukan sejumlah reformasi yang disebut reformasi Bourbon dengan tujuan agar jajahan Spanyol di luar negeri dapat lebih menguntungkan Spanyol.

Raja-raja Bourbon mencoba memajukan ilmu pengetahuan, seperti yang telah didesak oleh frater Ordo Benediktus Benito Feijóo. Monarki Spanyol telah mendanai ekspedisi-ekspedisi ilmiah untuk mengumpulkan informasi mengenai kekayaan botani di Imperium Spanyol dari tahun 1777 hingga 1816.[2] Ketika ilmuwan Prusia Alexander von Humboldt mengusulkan ekspedisi ilmiah yang didanai sendiri ke Amerika Spanyol, Monarki Spanyol tidak hanya mengizinkannya, tetapi juga memberikan instruksi kepada pejabat-pejabat kerajaan untuk membantunya.

Di Amerika Spanyol, pencerahan telah berdampak terhadap bidang keilmuwan yang melibatkan orang-orang Spanyol elit yang lahir di benua Amerika.[3] Namun, invasi Semenanjung Iberia oleh Napoleon telah merusak stabilitas di Spanyol dan wilayah jajahannya. Gagasan pencerahan Spanyol dianggap sebagai salah satu faktor yang menyebabkan Perang Kemerdekaan Amerika Spanyol, walaupun situasinya sebenarnya lebih rumit.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard Herr, "Flow and Ebb, 1700–1833" in Spain, A History, Raymond Carr, ed. Oxford: Oxford University Press 2000, hlm. 175.
  2. ^ Daniela Bleichmar, Visible Empire: Botanical Expeditions & Visual Culture in the Hispanic Enlightenment. Chicago: University of Chicago Press 2012.
  3. ^ John Tate Lanning. The Eighteenth-Century Enlightenment in the University of San Carlos de Guatemala. Ithaca: Cornell University Press 1958.
  4. ^ Charles Griffin. “The Enlightenment and Latin American Independence” in Latin America and the Enlightenment (2nd edition). New York 1961.