Porting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pemortaan)

Dalam ilmu komputer, porting atau pemortaan adalah proses menyadur peranti lunak sehingga tata olah tereksekusikan (executable program) dapat dibuat untuk lingkungan komputer yang berbeda dengan lingkungan asli rancangannya. Istilah ini juga digunakan untuk mengacu kepada perubahan terhadap peranti lunak/peranti keras agar dapat digunakan di lingkungan berbeda.

Peranti lunak bersifat mudah alih (portable) karena biaya memindahkannya ke pelantar baru secara signifikan lebih murah daripada biaya penulisannya dari awal. Semakin rendah biaya pemortaan peranti lunak relatif terhadap biaya implementasinya, dikatakan akan semakin mudah alih.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "port" berasal dari bahasa Latin portāre, artinya "membawa".[1] Ketika kode tidak kompatibel dengan sistem operasi atau arsitektur tertentu, kode harus "dibawa" ke sistem baru.

Istilah ini umumnya tidak diterapkan pada proses menyadurkan perangkat lunak agar berjalan dengan lebih sedikit memori pada CPU dan sistem operasi yang sama, juga tidak diterapkan pada penulisan ulang kode sumber dalam bahasa yang berbeda (yaitu konversi atau terjemahan bahasa).

Pengembang perangkat lunak sering mengklaim bahwa perangkat lunak yang mereka tulis itu mudah alih, Artinya, diperlukan sedikit upaya untuk menyesuaikannya dengan lingkungan baru. Jumlah upaya yang benar-benar diperlukan bergantung pada beberapa faktor, termasuk sejauh mana lingkungan asli (pelantar sumber) berbeda dari lingkungan baru (pelantar sasaran), pengalaman penulis asli dalam mengetahui konstruksi bahasa pemrograman dan panggilan pustaka pihak ketiga mana saja yang tidak mungkin mudah alih, dan jumlah upaya yang diinvestasikan oleh penulis asli hanya dengan menggunakan konstruksi mudah alih (konstruksi khusus pelantar sering kali memberikan solusi yang lebih murah).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jumlah CPU dan sistem operasi yang digunakan pada desktop saat ini jauh lebih kecil daripada sebelumnya. Dominasi arsitektur x86 berarti bahwa sebagian besar perangkat lunak desktop tidak pernah diportakan ke CPU yang berbeda. Di pasar yang sama, pilihan sistem operasi telah dikurangi menjadi tiga: Microsoft Windows, macOS, dan Linux. Namun, dalam sistem tertanam dan pasar seluler, portabilitas tetap menjadi masalah yang signifikan, dengan ARM menjadi alternatif yang banyak digunakan.

Standar mancanegara, seperti yang ditetapkan oleh ISO, sangat memfasilitasi pemortaan dengan menentukan perincian lingkungan komputasi dengan cara yang membantu mengurangi perbedaan antara berbagai pelantar yang sesuai standar. Menulis perangkat lunak yang tetap dalam batas-batas yang ditentukan oleh standar ini merupakan upaya praktis meskipun tidak sepele. Pemortaan tata olah semacam itu antara dua pelantar yang sesuai standar (seperti POSIX.1) hanya masalah memuat kode sumber dan mengompilasinya kembali di pelantar baru. Namun, praktisi sering menemukan bahwa berbagai koreksi kecil diperlukan, karena perbedaan pelantar yang tidak kentara. Sebagian besar standar mengalami "area abu-abu" atau tidak pasti di mana perbedaan penafsiran standar menyebabkan variasi kecil dari pelantar ke pelantar.

Ada juga jumlah alat yang terus meningkat untuk memfasilitasi pemortaan, seperti GNU Compiler Collection, yang menyediakan bahasa pemrograman yang konsisten di berbagai pelantar, dan Autotools, yang mengotomatiskan pendeteksian variasi kecil di lingkungan dan menyesuaikan perangkat lunak sesuai sebelum kompilasi.

Kompilator untuk beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi (misalnya, Eiffel, Esterel) mendapatkan portabilitas dengan mengeluarkan kode sumber dalam bahasa perantara tingkat tinggi lainnya (seperti C) di mana kompilator untuk banyak pelantar umumnya tersedia.

Dua aktivitas yang terkait dengan (tetapi berbeda dari) pemortaan adalah emulasi dan kompilasi silang.

Kompilator portaan[sunting | sunting sumber]

Alih-alih menerjemahkan langsung ke kode mesin, kompilator modern menerjemahkan ke kode perantara mesin independen untuk meningkatkan portabilitas kompilator dan meminimalkan upaya desain. Bahasa perantara mendefinisikan mesin virtual yang dapat menjalankan semua program yang ditulis dalam bahasa perantara (sebuah mesin yang ditentukan oleh bahasanya dan sebaliknya).[2] Instruksi kode perantara diterjemahkan ke dalam urutan kode mesin yang setara oleh sebuah code generator (penghasil kode) untuk membuat kode yang dapat dieksekusi. Dimungkinkan juga untuk melewati pembuatan kode mesin dengan benar-benar menerapkan interpreter atau JIT untuk mesin virtual.[3]

Penafsir tidak terlalu rumit dan oleh karena itu lebih mudah untuk diporta daripada penghasil kode, karena tidak dapat melakukan pengoptimalan kode karena tampilan kode programnya terbatas (hanya melihat satu instruksi pada satu waktu, dan Anda memerlukan urutan untuk melakukan optimasi). Beberapa interpreter (penafsir) sangat mudah untuk diporta, karena mereka hanya membuat asumsi minimal tentang set instruksi dari perangkat keras yang mendasarinya. Hasilnya, mesin virtual bahkan lebih sederhana daripada CPU target.[4]

Menulis sumber kompilator seluruhnya dalam bahasa pemrograman yang seharusnya diterjemahkan oleh kompilator, membuat pendekatan berikut, lebih dikenal sebagai compiler bootstrapping, layak di mesin sasaran:

  1. Pemortaan penafair. Ini perlu dikodekan dalam kode rakitan, menggunakan assembler yang sudah ada di sasaran.
  2. Sesuaikan sumber penghasil kode (code generator) ke mesin baru.
  3. Eksekusi sumber yang disadurkan menggunakan penerjemah dengan sumber penghasil kode sebagai masukan. Ini akan menghasilkan kode mesin untuk penghasil kode.

Bagian yang sulit dari pengkodean rutinitas pengoptimalan dilakukan dengan menggunakan bahasa tingkat tinggi alih-alih bahasa rakitan sasaran.

Menurut para perancang bahasa BCPL, kode yang ditafsirkan (dalam kasus BCPL) lebih ringkas daripada kode mesin; biasanya dengan faktor dua banding satu. Namun kode yang ditafsirkan berjalan sekitar sepuluh kali lebih lambat daripada kode yang dikompilasi pada mesin yang sama.[5]

Para perancang bahasa pemrograman Java mencoba memanfaatkan kekompakan kode yang ditafsirkan, karena program Java mungkin perlu dikirim melalui Internet sebelum eksekusi dapat dimulai pada Mesin Virtual Java sasaran.

Pemortaan permainan video[sunting | sunting sumber]

Pemortaan atau porting juga merupakan istilah yang digunakan saat permainan video dirancang untuk berjalan di satu pelantar, baik itu dingdong, konsol permainan video, atau komputer pribadi, dikonversi untuk berjalan di pelantar yang berbeda. Dari awal permainan video hingga tahun 1990-an, "ports", pada saat itu sering dikenal sebagai "conversions", sering kali bukan porta yang benar, melainkan versi permainan yang dikerjakan ulang. Namun, banyak permainan video abad ke-21 yang dikembangkan menggunakan perangkat lunak (sering kali dalam format C++) yang dapat mengeluarkan kode untuk satu atau lebih konsol serta untuk PC tanpa perlu porta yang sebenarnya (alih-alih mengandalkan porta umum dari pustaka komponen individu).

Pemortaan permainan dingdong ke konsol rumah dengan perangkat keras yang lebih rendah itu sulit. Versi pemortaan dari Pac-man untuk Atari 2600 menghilangkan banyak fitur visual dari permainan asli untuk mengimbangi kurangnya ruang ROM dan perangkat keras bermasalah ketika beberapa hantu muncul di layar menciptakan efek yang berkedip-kedip. Kinerja yang buruk dari pemortaan Pac-Man dikutip oleh beberapa ahli sebagai penyebab crash atau jatuhnya permainan video tahun 1983.[6]

Banyak porta awal mengalami masalah kualitas permainan yang signifikan karena di komputer sangat berbeda.[7] Richard Garriott menyatakan pada tahun 1984 di Origins Game Fair bahwa Origin Systems mengembangkan permainan komputer untuk seri Apple II terlebih dahulu kemudian memortakannya ke Commodore 64 dan Atari 8-bit, karena sprite mesin yang terakhir dan fitur canggih lainnya membuat pemortaan dari mereka ke Apple dikatakan "jauh lebih sulit, bahkan mungkin tidak mungkin".[8] Ulasan mengeluhkan porting yang menderita dari "Konversi Apple",[9] mempertahankan "suara jelek dan grafis hitam-putih-hijau-ungu" Apple;[10][11] setelah pernyataan Garriott, ketika Dan Bunten bertanya "orang-orang Atari dan Commodore di antara penonton, apakah Anda senang dengan penulisan ulang Apple? "teriak penonton "Tidak! "Garriott menjawab," [jika tidak] versi Apple tidak akan pernah selesai. Dari sudut pandang penerbit, itu bukanlah uang yang bijaksana".[8]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "port, v.2"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (OED Online). Oxford University Press. Diakses tanggal December 21, 2017. Origin: Of multiple origins. Partly a borrowing from French. Partly a borrowing from Latin. Etymons: French porter; Latin portāre. ... 1. trans. To carry, bear, or convey; to bring. 
  2. ^ Tanenbaum 1984, hlm. 3. §1.1 Languages,Levels, and Virtual Machines describes the terms and their relations.
  3. ^ Tanenbaum 1984, hlm. 2. Ch. 1 Introduction explains translation and interpretation.
  4. ^ Richards & Whitby-Strevens 1984, hlm. 133. §7.4 The bootstrapping process and INTCODE explains the role of the INTCODE interpreter.
  5. ^ Richards & Whitby-Strevens 1984, hlm. 136. §7.4.3 Example gives an example translation of a BCPL program into INTCODE for the interpreter.
  6. ^ Nicoll, Benjamin (2015). "Bridging the Gap: The Neo Geo, the Media Imaginary, and the Domestication of Arcade Games". Games and Culture. doi:10.1177/1555412015590048. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama bunten198412
  8. ^ a b "The CGW Computer Game Conference". Computer Gaming World (panel discussion). October 1984. hlm. 30. Diakses tanggal 31 October 2013. 
  9. ^ Dunnington, Benn; Brown, Mark R.; Malcolm, Tom (January–February 1987). "64/128 Gallery". Info. hlm. 14–21. 
  10. ^ Stanton, Jeffrey; Wells, Robert P.; Rochowansky, Sandra; Mellid, Michael, ed. (1984). The Addison-Wesley Book of Atari Software. Addison-Wesley. hlm. 12,21,44,126. ISBN 0-201-16454-X. 
  11. ^ Bernstein, Harvey (May 1985). "Beyond Castle Wolfenstein". Antic. hlm. 83. Diakses tanggal 8 January 2015. 

Referensi[sunting | sunting sumber]