Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2000

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2000
Bendera Amerika Serikat
1996 ←
7 November 2000 → 2004

  George-W-Bush.jpeg Al Gore, Vice President of the United States, official portrait 1994.jpg
Calon George W. Bush Al Gore
Partai Republik Demokrat
Negara bagian Texas Tennessee
Pendamping Dick Cheney Joe Lieberman
Suara elektoral 271 266
Negara bagian 30 20+DC
Suara rakyat 50,456,002 50,999,897
Persentase 47.9% 48.4%

ElectoralCollege2000.svg

Peta hasil pemilu Merah adalah negara bagian yang dimenangkan oleh Bush/Cheney(30), Biru adalah negara bagian yang dimenangkan oleh Gore/Lieberman(20+DC).

Presiden petahana

Bill Clinton
Demokrat

Presiden terpilih

George W. Bush
Republik

Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2000 adalah pertarungan antara calon presiden dari Partai Demokrat, Al Gore, melawan calon dari Partai Republik, George W. Bush. Al Gore sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden, sementara Bush berpengalaman sebagai Gubernur Texas dan merupakan anak kandung mantan presiden George H. W. Bush.

Presiden petahana dari Partai Demokrat, Bill Clinton, tidak dapat maju untuk ketiga kalinya, dan Wakil Presiden Gore berhasil menenangkan konvensi pencalonan. Bush dianggap sebagai calon favorit dalam konvensi pencalonan Partai Republik. Ia sempat bertarung sengit dengan Senator John McCain dan calon-calon lainnya, tetapi ia berhasil memenangkan konvensi pada hari Super Tuesday. Beberapa calon ketiga juga maju dalam pemilu, seperti Ralph Nader dari Partai Hijau. Bush memilih mantan Menteri Pertahanan Dick Cheney sebagai wakilnya, sementara Gore memilih Senator Joe Lieberman. Kedua calon memusatkan perhatian pada isu-isu domestik seperti anggaran, pajak dan reformasi program asuransi sosial federal. Clinton dan Gore tidak berkampanye bersama akibat skandal Lewinsky yang menimpa Clinton dua tahun sebelumnya.

Bush menang tipis dalam pemilu ini dengan memperoleh 271 suara elektoral, sementara Gore hanya mendapatkan 266 suara elektoral. Muncul sengketa terkait dengan pemenang 25 suara elektoral di Florida, terutama karena perbedaan 537 suara di Florida membuat Bush memenangkan pemilu ini. Keputusan Mahkamah Agung dalam kasus Bush v. Gore pada tanggal 12 Desember 2000 menghentikan semua upaya penghitungan ulang, sehingga Florida jatuh ke tangan Bush dan membuatnya memenangkan pemilu ini.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]