Pemecah api

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemecah api dalam bahasa Inggris selain firebreak disebut juga "fireroad", "fire line" atau "fuel break"
Pemecah api di Brendan T. Byrne State Forest, ekoregion Pine Barrens, New Jersey.

Pemecah api atau dalam bahasa Inggris disebut Firebreak adalah celah pada vegetasi atau bahan mudah terbakar lainnya yang berfungsi atau digunakan sebagai penghalang untuk memperlambat atau menghentikan kebakaran semak-semak atau kebakaran liar. Pemecah api dapat terjadi secara alami yaitu ketika ada kekurangan vegetasi atau "bahan bakar", seperti sungai, danau, atau ngarai. Pemecah api mungkin juga merupakan buatan manusia dan banyak di antaranya juga berfungsi sebagai jalan, seperti jalan untuk penebangan kayu, jalan untuk kendaraan roda empat, jalan sekunder, atau jalan raya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemecah api termahal di dunia diciptakan ketika bagian dari Van Ness Avenue di San Francisco sengaja diledakan oleh dinamit untuk menghentikan penyebaran api yang diakibatkan oleh Gempa bumi San Francisco 1906.[1] Pekerjaan memadamkan kebakaran setelah terjadinya gempa bumi dapat menjadi sangat menantang, karena gempa bumi dapat menyebabkan pecahnya sistem distribusi air, yang mengakibatkan hilangnya tekanan air.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coleman, Le Vert (1906-05-02). "U.S. Army Dynamite Report - 1906 Earthquake". www.sfmuseum.org. Diakses tanggal 2018-11-10.