Pembunuhan Franz Ferdinand dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pembunuhan Franz Ferdinand dari Austria dan Sophie, Adipati Wanita Hohenberg
Ilustrasi pembunuhan dalam koran Italia Domenica del Corriere, 12 Juli 1914, karya Achille Beltrame
Tanggal28 Juni 1914; 107 tahun lalu (1914-06-28)
LokasiDi dekat Jembatan Latin, Sarajevo 43°51′29″N 18°25′44″E / 43.857917°N 18.42875°E / 43.857917; 18.42875

Pembunuhan putra mahkota Austria-Hongaria Franz Ferdinand dari Austria dan istrinya Sophie, Adipati Hohenberg, terjadi pada tanggal 28 Juni 1914 di Sarajevo setelah mereka ditembak oleh Gavrilo Princip. Princip adalah salah satu dari kelompok enam pembunuh yang juga berisi Muhamed Mehmedbašić, Vaso ubrilović, Nedeljko abrinović, Cvjetko Popovi dan Trifko Grabež (satu Bosniak dan lima Serbia secara berurutan) dikoordinasikan oleh Danilo Ilić, seorang Serbia Bosnia dan anggota Black Hand, sebuah perkumpulan rahasia. Tujuan politik pembunuhan itu adalah untuk memisahkan provinsi Slavia Selatan dari Austria-Hongaria sehingga mereka dapat digabungkan menjadi Yugoslavia. Motif para konspirator itu sejalan dengan gerakan yang kemudian dikenal sebagai Bosnia Muda. Pembunuhan itu mengarah langsung ke Perang Dunia I ketika Austria-Hongaria kemudian mengeluarkan ultimatum kepada Kerajaan Serbia, yang sebagian ditolak. Austria-Hongaria kemudian menyatakan perang terhadap Serbia, memicu tindakan yang mengarah ke perang antara sebagian besar negara Eropa.

Tokoh yang bertanggung jawab atas kelompok pembunuh ini adalah Kepala Intelijen Militer Serbia Dragutin Dimitrijević, tangan kanannya Mayor Vojislav Tankosić dan mata-mata Rade Malobabić. Tankosić memberikan bom dan pistol kepada para pembunuh dan juga telah melatih mereka. Selain itu, para pembunuh diberi akses ke jaringan bawah tanah yang digunakan oleh Malobabić untuk menyelundupkan senjata dan orang ke Austria-Hongaria.

Para pembunuh, anggota-anggota jaringan bawah tanah yang penting, dan konspirator-konspirator militer Serbia yang masih hidup ditangkap, diadili, divonis dan dihukum. Mereka yang ditangkap di Bosnia diadili di Sarajevo pada Oktober 1914. Konspirator-konspirator lainnya ditangkap dan diadili di pengadilan Serbia di Front Salonika yang dikendalikan oleh Prancis pada tahun 1916–1917 berdasarkan tuduhan palsu yang tidak terkait; pada akhirnya Serbia menghukum mati tiga konspirator militer utama. Sebagian besar informasi mengenai peristiwa pembunuhan ini berasal dari dua pengadilan tersebut dan catatan-catatan terkait.

Referensi[sunting | sunting sumber]