Lompat ke isi

Pembunuhan Altantuya Shaariibuu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Altantuya Shaariibuu, seorang warga negara Mongolia, adalah korban pembunuhan yang dibunuh dengan bahan peledak PETN dan RDX atau dibunuh terlebih dahulu dan sisa tubuhnya dihancurkan dengan bahan peledak pada 18 Oktober 2006 di sebuah daerah terpencil di Shah Alam, Malaysia. Kasus pembunuhannya penting dalam politik kontemporer Malaysia karena dugaan keterlibatan orang-orang dekat mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

Pengadilan Tinggi Shah Alam awalnya membebaskan Abdul Razak Baginda dan menjatuhkan hukuman mati kepada dua terdakwa, Inspektur Kepala Azilah Hadri dan Kopral Sirul Azhar Umar, pada 9 April 2009, menyelesaikan persidangan yang berlangsung selama 159 hari.[1] Pada 23 Agustus 2013, Sirul dan Azilah dibebaskan oleh Pengadilan Banding, yang memicu kontroversi.[2] Pada 13 Januari 2015, Mahkamah Federal membatalkan pembebasan kedua individu tersebut, menyatakan mereka bersalah atas pembunuhan dan menjatuhkan hukuman mati kepada mereka.[3] Namun, Sirul melarikan diri ke Australia dan upaya pihak berwenang Malaysia untuk mengekstradisinya terhambat oleh undang-undang Australia yang melarang ekstradisi individu ke negara-negara dengan hukuman mati.[4]

Setelah pemilihan umum ke-14 Malaysia yang menandai kekalahan bersejarah bagi koalisi yang berkuasa, Barisan Nasional, Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan beberapa pihak terkait termasuk ayah Altantuyaa berharap dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan motif pembunuhan dan membawa keadilan dalam kasus ini. Sirul mengatakan dia bersedia mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dalam kasus pembunuhan tersebut asalkan dia diberi pengampunan penuh untuk kembali ke Malaysia.[5]

Pada 16 Desember 2019, pembunuh terpidana Azilah Hadri menuduh dari hukuman mati di Penjara Kajang bahwa perintah untuk membunuh Altantuyaa Shaariibuu datang dari mantan Perdana Menteri Najib Razak dan rekan dekatnya, Abdul Razak Baginda.[6]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Policemen to die in Malaysian case". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2009-04-09. 
  2. ^ "Altantuya murder: Court of Appeal frees cops - Nation". The Star Online (dalam bahasa Inggris). 2013-08-23. 
  3. ^ "Federal Court overturns acquittal of two policemen for murder of Altantuya". thesun.my (dalam bahasa Inggris). 2015-01-13. 
  4. ^ Jayamanogaran, By Thasha (2015-01-16). "IGP says waiting for Australia's reply on Sirul's extradition". Malay Mail (dalam bahasa Inggris). 
  5. ^ "Sirul ready to reveal all in Altantuya case - if he gets full pardon". The Star (dalam bahasa Inggris). 2018-05-19. 
  6. ^ Nadeswaran, R. (2019-12-16). "'Najib ordered me to kill Altantuya' - Azilah's shocking allegation from death row". Malaysiakini (dalam bahasa Inggris).