Pembuluh balik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vein
Venous system en.svg
Pembuluh balik utama di dalam tubuh manusia
Vein (retouched).svg
Struktur dari pembuluh balik, yang terbentuk dari tiga lapisan. Lapisan terluar pembuluh balik disebut tunica eksterna atau tunika adventitia; lapisan tengah tersusun dari otot polos disebut tunika media, and lapisan dalam tersusun dari sel sel endotelial yang disebut tunika intima.
Rincian
SistemSistem peredaran darah
Pengenal
Latinvena
TAA12.0.00.030
A12.3.00.001
FMA50723
Terminologi anatomi

Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Darahnya banyak mengandung karbon dioksida. Umumnya terletak dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis. jika diraba, denyut jantungnya tidak terasa. Pembuluh vena mempunyai katup sepanjang pembuluhnya. Katup ini berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah tetap mengalir menuju jantung. Jika vena terluka, darah tidak memancar tetapi merembes.

Dari seluruh tubuh, pembuluh darah balik bermuara menjadi satu pembuluh darah balik besar, yang disebut vena cava. Pembuluh darah ini masuk ke jantung melalui serambi kanan. Setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru, darah mengalir ke jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluh vena ini membawa darah yang kaya oksigen. Jadi, darah dalam semua pembuluh vena banyak mengandung karbon dioksida kecuali vena pulmonalis.

Salah satu penyakit yang menyerang pembuluh balik adalah varises.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]