Pembongkarmuat (penerbangan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pembongkarmuat Angkatan Udara Australia mengarahkan kendaraan ke C-130J Hercules pada tahun 2016

Pembongkarmuat adalah anggota awak pesawat di pesawat sipil atau pesawat angkut militer yang bertugas melakukan bongkar muat, pengangkutan, dan pembongkaran kargo udara dengan aman. Pembongkarmuat bertugas di militer dan maskapai penerbangan sipil di banyak negara.

Tugas[sunting | sunting sumber]

Brevet Angkatan Udara Kerajaan Australia

Pembongkarmuat melakukan perhitungan dan merencanakan penempatan kargo dan penumpang untuk menjaga pesawat dalam batas pusat gravitasi yang diizinkan sepanjang penerbangan. Pembongkarmuat memastikan kargo ditempatkan di pesawat sedemikian rupa untuk mencegah kelebihan beban pada bagian sensitif badan pesawat dan lantai kargo. Pertimbangan juga diberikan pada peraturan sipil dan militer yang mungkin melarang penempatan satu jenis kargo berdekatan dengan jenis kargo lainnya. Kargo yang tidak biasa mungkin memerlukan peralatan khusus untuk dimuat dengan aman ke dalam pesawat, sehingga membatasi lokasi penempatan kargo lainnya. Secara taktis, pembongkarmuat juga dapat secara langsung mempengaruhi kesiapan tempur karena mereka juga bertanggung jawab untuk menentukan urutan muatan pesawat sehingga material yang lebih penting secara taktis (misalnya amunisi) diturunkan terlebih dahulu dan oleh karena itu siap untuk dikerahkan lebih cepat dibandingkan item pendukung lainnya; ini mungkin sangat penting untuk meneruskan basis operasi.

Seorang pembongkarmuat dapat memuat pesawat secara fisik, namun terutama mengawasi kru dan prosedur pemuatan. Setelah ditempatkan di dalam pesawat, pembongkarmuat memastikan bahwa muatannya diamankan dengan benar, karena perpindahan muatan yang tidak terduga dapat menimbulkan masalah penanganan yang serius bagi pesawat. Rantai, tali pengikat, dan kunci kargo terintegrasi adalah beberapa alat yang paling umum digunakan untuk mengamankan kargo. Karena muatan dapat bergeser selama manuver mendadak, pembongkarmuat harus menentukan jenis, jumlah dan penempatan penahan muatan yang sesuai.

Banyak pembongkarmuat juga mungkin diharuskan memenuhi syarat untuk "pengiriman udara" pasukan terjun payung atau kargo dengan parasut. Dibandingkan dengan pengangkutan kargo yang relatif rutin, pengiriman melalui udara bisa menjadi pekerjaan yang sangat teknis dan berbahaya. Dalam situasi tertentu, cara paling efektif untuk memasok pasukan darat adalah dengan pengiriman peralatan, amunisi, makanan, dan pasokan medis dari udara. Banyak kemenangan militer sebagian besar bergantung pada pengiriman udara.

Pembongkarmuat helikopter kargo memberikan informasi izin pesawat dan mengarahkan pilot ke posisi aman saat mendarat dan lepas landas.

Pembongkarmuat berjasa[sunting | sunting sumber]

Penerbang Kelas Satu John Levitow menjadi satu-satunya pembongkarmuat yang dianugerahi Medal of Honor setelah pesawat tempur AC-47 miliknya dihantam mortir Viet Cong di dekat Bien Hoa pada tahun 1968. Terluka parah, Levitow berhasil melemparkan suar keluar dari pesawat sebelum menyulut gudang amunisi pesawat.

Sersan Staf Charles Schaub dianugerahi Air Force Cross atas tindakannya ketika C-130 miliknya terkena tembakan darat yang menewaskan insinyur penerbangan dan melukai kopilot dan navigator selama misi penurunan udara di An Loc pada tahun 1972.

SSgt. Maynard Grubbs dianugerahi medali bintang perak atas perannya sebagai pembongkarmuat pada kru C-123 yang dipimpin oleh Letkol Joe M. Jackson, yang mendaratkan C-123 miliknya di Khe Sanh untuk menjemput anggota tim kendali pengangkutan udara Angkatan Udara yang terdampar di kamp yang terkepung di Kham Duc. (Letkol Jackson dianugerahi Medal of Honor atas tindakannya.)

Beberapa pembongkarmuat lainnya menerima Bintang Perak untuk tindakannya di kapal suar Blind Bat C-130 dan SSgt. Ralph Bemis menerima medali setelah C-130 yang ditumpanginya ditembak jatuh di atas An Loc.[butuh rujukan]</link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (May 2014)">kutipan diperlukan</span> ]

Sersan Daniel Baxter (RAF) adalah seorang pemnongkarmuat Chinook dan anggota kru Chinook siaga di Camp Bastion, Afghanistan. Dia disebutkan dalam kiriman tindakan pada tanggal 6 September 2006 bahwa dia bertindak dengan profesionalisme dan keberanian yang luar biasa di bawah tembakan musuh sebanyak tiga kali.[1]

Sersan Graham Jones, 32, seorang awak Chinook, mendapat kehormatan karena melampaui tugasnya dengan meninggalkan pesawat untuk menembak musuh di jantung wilayah Taliban sehingga pengendara sepeda roda empat dapat melarikan diri di darat.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Three RAF And Marine Receive Distinguished Flying Cross In Operational Honours
  2. ^ Three RAF And Marine Receive Distinguished Flying Cross In Operational Honours