Pemberontakan Panen Musim Gugur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lokasi Pemberontakan Panen Musim Gugur.

Pemberontakan Panen Musim Gugur (Hanzi sederhana: 秋收起义; Hanzi tradisional: 秋收起義; Pinyin: Qīushōu Qǐyì) adalah pemberontakan yang terjadi di provinsi Hunan dan Jiangxi, Tiongkok pada 7 September 1927 yang dipimpin oleh Mao Zedong dengan mendirikan Pemerintahan "Soviet Hunan" yang berumur pendek.

Setelah memperoleh sukses awal, akhirnya pemberontakan ini berhasil diberantas oleh Kuomintang. Mao masih terus yakin pada strategi pedesaan tetapi ia menyimpulkan bahwa perlu membentuk pasukan tentara.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Untuk mendukung Ekspedisi Utara, Mao dikirim ke lokasi survei di provinsi asalnya, Hunan. Laporan Investigasi Gerakan Tani di Hunan mendukung dan mendesak untuk diadakannya gerakan revolusi pedesaan.[1]

Pemberontakan[sunting | sunting sumber]

Awalnya, Mao berjuang mengumpulkan pasukan untuk melakukan aksi pemberontakan, sedangkan Li Zhen mengumpulkan para petani dan anggota pasukan komunis setempat untuk bergabung.[2] Mao kemudian memimpin pasukan kecil yang terdiri dari para petani untuk melawan Kuomintang dan tuan tanah di Hunan. Pemerintahan Soviet Hunan yang ia dirikan di sana hanya berlangsung selama dua bulan. Pemberontakan itu akhirnya berhasil ditumpas oleh pasukan Kuomintang dalam waktu dua bulan setelah pemerintahan Soviet Hunan didirikan, sehingga Mao dan yang lainnya terpaksa mundur ke Pegunungan Jinggang di perbatasan antara provinsi Hunan dan Jiangxi, tempat pasukan penambang muncul membantunya dalam pertempuran selanjutnya. Pemberontakan ini merupakan salah satu pemberontakan bersenjata paling awal yang dilakoni oleh pihak Komunis dan menandai perubahan yang signifikan dalam strategi mereka. Mao dan pendiri Tentara Merah Zhu De terus mengembangkan strategi berbasis pedesaan yang berpusat pada taktik gerilya. Hal ini membuka jalan terjadinya Mars Panjang tahun 1934 (Mars Panjang pertama tahun 1918 tidak jelas datanya).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hofheinz, Jr. (1977).
  2. ^ Wu 吴, Zhife 志菲 (2003). "Li Zhen: cong tongyangxi dao kaiguo jiangjun 李贞:从童养媳到开国将军". Renmin Wang. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-08. Diakses tanggal 27 November 2011. 

Referensi[sunting | sunting sumber]