Pembayangan tepi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pembayangan tepi sering kali ditambahkan ke gambar untuk menarik perhatian ke bagian tengah dan membingkai bagian tengah foto.

Dalam fotografi dan optik, pembayangan tepi atau vinyet atau pemvinyetan ( /vɪnˈjɛtŋ/ ; vin-YET-ing ) adalah pengurangan kecerahan atau saturasi gambar ke arah pinggiran dibandingkan ke pusat gambar. Kata vignette, dari akar kata yang sama dengan tanaman anggur, awalnya mengacu pada batas dekoratif dalam sebuah buku. Belakangan, kata tersebut mulai digunakan untuk potret fotografis yang bagian tengahnya terlihat jelas dan memudar di bagian tepinya. Efek serupa terlihat pada foto gambar atau video yang diproyeksikan dari layar proyeksi, sehingga menghasilkan apa yang disebut efek "titik panas".

Pembayangan tepi sering kali merupakan efek yang tidak disengaja dan tidak diinginkan yang disebabkan oleh pengaturan kamera atau keterbatasan lensa . Namun, kadang-kadang sengaja diperkenalkan untuk efek kreatif, misalnya untuk menarik perhatian ke bagian tengah bingkai. Seorang fotografer mungkin dengan sengaja memilih lensa yang diketahui menghasilkan pembayangan tepi untuk mendapatkan efeknya, atau mungkin diperkenalkan dengan penggunaan filter khusus atau prosedur pengolahan citra digital

Saat menggunakan lensa variabel, pembayangan tepi dapat terjadi di sepanjang rentang penciutan/pembesaran, bergantung pada tingkap dan jarak fokus . Namun, mungkin tidak selalu terlihat, kecuali pada ujung terlebar (panjang fokus terpendek). Dalam kasus ini, pembayangan tepi dapat menyebabkan perbedaan nilai pajanan (EV) hingga 3EV.[1]

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa penyebab terjadinya pembayangan tepi. Sidney F. Ray [2] membedakan jenis-jenis berikut:

  • Bayang-tepi mekanis
  • Bayang-tepi optik
  • Bayang-tepi alami

Penyebab keempat yang unik pada pencitraan digital:

  • Bayang-tepi piksel

Penyebab kelima unik pada pencitraan analog:

  • Bayang-tepi film fotografi

Pembayangan tepi mekanis[sunting | sunting sumber]

Pembayangan tepi mekanis terjadi ketika berkas cahaya yang memancar dari titik objek yang terletak di luar sumbu (secara lateral atau vertikal dari sumbu optik sistem optik yang dipertimbangkan) sebagian diblokir oleh objek eksternal dari sistem optik seperti penyaring gambar tebal atau bertumpuk, lensa sekunder, dan tudung lensa yang tidak tepat. Hal ini berdampak pada perubahan bentuk pupil masuk sebagai fungsi sudut (mengakibatkan sebagian jalur cahaya terhalang). Penggelapan bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba – semakin kecil tingkap, semakin marak bayang-tepi yang akan muncul sebagai fungsi sudut.

Ketika beberapa titik pada gambar tidak menerima cahaya sama sekali akibat bayang-tepi mekanis (jalur cahaya ke titik-titik gambar ini diblokir seluruhnya), maka hal ini mengakibatkan terbatasnya Bidang Pandang (FOV) – sebagian gambar kemudian menjadi tidak terlihat. benar-benar hitam.

Pembayangan tepi optik[sunting | sunting sumber]

Jenis pembayangan tepi ini disebabkan oleh dimensi fisik lensa multi-elemen. Elemen belakang lensa diarsir oleh elemen di depannya, sehingga mengurangi tingkap lensa efektif untuk cahaya datang di luar sumbu. Hasilnya adalah penurunan intensitas cahaya secara bertahap menuju pinggiran gambar. Bayang-tepi optik sensitif terhadap tingkap lensa dan seringkali dapat diatasi dengan pengurangan tingkap sebesar 2–3 stop. ( Peningkatan angka F. )

Pembayangan tepi alami[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan tipe sebelumnya, bayang-tepi alami (disebut juga pengurangan pendar-kilau alami) bukan karena terhalangnya sinar cahaya. Penurunan ini didekati dengan hukum cos 4 atau "kosinus keempat" tentang penurunan iluminasi. Di sini, jatuhnya cahaya sebanding dengan pangkat empat kosinus sudut di mana cahaya mengenai film atau susunan sensor. Desain pengintai sudut lebar dan desain lensa yang digunakan pada kamera saku sangat rentan terhadap sketsa alami. Lensa telefoto, lensa sudut lebar retrofokus yang digunakan pada kamera SLR, dan desain telesentris secara umum tidak terlalu terpengaruh oleh pembayangan tepi alami. Filter abu-abu bertahap atau teknik pascapemrosesan dapat digunakan untuk mengimbangi bayang-tepi alami, karena tidak dapat disembuhkan dengan menghentikan lensa. Beberapa lensa modern dirancang khusus sehingga cahaya menyinari gambar secara tegak lurus atau hampir tegak lurus, menghilangkan atau sangat mengurangi pembayangan tepi.

Pembayangan tepi piksel[sunting | sunting sumber]

Bayang-tepi piksel hanya memengaruhi kamera digital dan disebabkan oleh ketergantungan sudut pada sensor digital[butuh klarifikasi] . Cahaya yang mengenai sensor pada kejadian normal menghasilkan sinyal yang lebih kuat dibandingkan cahaya yang mengenai sensor pada sudut miring. Sebagian besar kamera digital menggunakan pemrosesan gambar internal untuk mengkompensasi bayang-tepi optik dan piksel ketika mengkonversi data sensor mentah ke format gambar standar seperti JPEG atau TIFF . Penggunaan lensa mikro offset pada sensor gambar juga dapat mengurangi efek vignetting piksel.

Pasca pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Untuk efek artistik, pembayangan tepi terkadang diterapkan pada foto yang tidak diberi bayang-tepi dan dapat dicapai dengan membakar tepi luar foto (dengan stok film) atau menggunakan teknik pencitraan digital, seperti menutupi tepi yang gelap. Filter Koreksi Lensa di Photoshop juga dapat mencapai efek yang sama.

Dalam pencitraan digital, teknik ini digunakan untuk menciptakan tampilan dengan ketelitian rendah pada gambar.

Untuk memberikan tampilan 'retro' pada foto - karena dibuat dengan kamera atau lensa lama - seseorang dapat menambahkan 'sketsa' yang jelas menggunakan 'koreksi lensa' atau membakar margin dengan salah satu dari beberapa teknik.

Ada kegunaan yang lebih umum.

Mata pemirsa tertarik pada kecerahan sehingga jika area di sudut atau tepi lebih terang dari pusat perhatian yang diinginkan, mata mungkin akan mengarah ke kecerahan tersebut. Untuk mengarahkan perhatian pemirsa, sudut terang atau marginnya hampir tidak terlihat gelap. Penggelapan ini 'memagari' area terang dan menjaga mata pemirsa tetap berada di tempat yang diinginkan fotografer.

Tujuannya adalah untuk menjaga pandangan di dalam gambar tetapi, pada saat yang sama, tidak terlihat jelas.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Canon EF 24-70 mm f/2.8L II USM review - Vignetting". LensTip.com. 29 November 2012. Diakses tanggal 21 April 2023. 
  2. ^ Sidney F. Ray, Applied photographic optics, 3rd ed., Focal Press (2002) ISBN 978-0-240-51540-3.