TIFF

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tagged Image File Format
Gnome-mime-image-tiff.png
Ekstensi berkas .tiff, .tif
Jenis MIME image/tiff, image/tiff-fx
Type code TIFF
Uniform Type Identifier public.tiff
Dikembangkan oleh Aldus, now Adobe Systems
Jenis format Image file format
Dikembangkan menjadi Exif, sDCF, TIFF/EP, TIFF/IT, GeoTIFF

TIFF (Temporary Instruction File Format) merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang[1]. Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi. Ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar.[1]

Format ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit[2]. Format berkas TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic)[2]. Selain itu, format ini mudah digunakan untuk transfer antar program. Hampir semua program yang mampu membaca format berkas bitmap juga mampu membaca format berkas TIFF.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

TIFF dibuat dengan upaya agar penjual desktop scanner pada pertengahan tahun 1980 menyepakati satu scan format file yang sama (atau umum), menggantikan berbagai format milik sendiri (atau swasta). Awal mulanya TIFF hanyalah format gambar binary (hanya memiliki 2 nilai yang mungkin untuk setiap pixel) karena hanya itu yang scanner desktop dapat tangani (atau gunakan). Semakin kuatnya scanner dan semakin banyaknya desktop computer disk space, TIFF mulai dapat mengakomodasi gambar hitam-putih dan lalu gambar berwarna. Sekarang, TIFF, beserta dengan JPEG dan PNG, adalah format gambar populer untuk gambar dengan color-depth tinggi.

Versi pertama spesifikasi TIFF diterbitkan oleh Aldus Corporation pada musim gugur tahun 1986 setelah 2 publikasi draf awal. Versi tersebut dapat disebut sebagai Revisi 3.0 yang dipublikasikan setelah serangkaian pertemuan dengan berbagai produsen scanner dan developer software. Pada April 1987, Revisi 4.0 dirilis dan sebgian besar mengandung hanya tambahan kecil. Padq aoktober 1988 Revisi 5.0 dirilis dan telah ditambahkan bantuan untuk palet warna dan LZW compression.

Spesifikasi awalnya disebut Tagged Image File Format dan Tag Image File Format (Revisi 4.0) dan juga akronim TIFF. Terbitan ISO yang terbaru menggunakan lagi nama lengkap Tag Image File format. Meskipun begitu, versi Tagged Image File Format tampaknya beberapa kali lipat lebih lazim untuk penggunaan tidak resmi, bahkan dari Adobe.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Muksin Wijaya (2006). Manipulasi Gbr & Foto Digital Prophotoxi. Elex Media Komputindo. p. 42. ISBN 979-20-9907-7. 
  2. ^ a b c Wahana Komputer (2007). Buku Latihan : Teknik Mengolah Foto Digital Dengan Adobe Photoshop Cs3. Elex Media Komputindo. p. 32. ISBN 978-979-27-1193-6.