Pemanggang barbekyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Panggangan barbeque atau pemanggang barbeque (dikenal sebagai barbekyu atau barbie di Australia dan Selandia Baru) adalah alat yang memasak makanan dengan menerapkan panas dari bawah. Ada beberapa jenis panggangan, dengan sebagian besar termasuk dalam salah satu dari tiga kategori: berbahan bakar gas, arang, atau listrik. Ada perdebatan tentang metode mana yang menghasilkan hasil yang lebih unggul. Di Indonesia alat ini lebih dikenal sebagai bakaran.

Sejarah di Benua Amerika[sunting | sunting sumber]

Memanggang telah ada di Amerika sejak zaman pra-kolonial. Orang Arawak di Amerika Selatan memanggang daging di atas struktur kayu yang disebut barbacoa dalam bahasa Spanyol .[1] Selama berabad-abad, istilah barbacoa mengacu pada struktur kayu dan bukan tindakan memanggang, tetapi akhirnya diubah menjadi "barbekyu". Itu juga diterapkan pada teknik memasak gaya lubang yang sekarang sering digunakan di Amerika Serikat bagian tenggara. Barbekyu awalnya digunakan untuk memasak babi dengan lambat; namun, cara menyiapkan makanan yang berbeda menyebabkan variasi regional.[2] Seiring waktu, makanan lain dimasak dengan cara yang sama, dengan hamburger dan hot dog menjadi tambahan baru-baru ini.[3]

Edward G. Kingsford menemukan briket arang modern.[4] Kingsford adalah kerabat Henry Ford yang memberinya tugas untuk mendirikan pabrik suku cadang dan penggergajian mobil Ford di Michigan utara, sebuah tantangan yang dianut Kingsford. Komunitas lokal tumbuh dan diberi nama Kingsford untuk menghormatinya. Kingsford memperhatikan bahwa jalur produksi Ford Model T menghasilkan sejumlah besar potongan kayu yang dibuang. Dia menyarankan kepada Ford agar fasilitas manufaktur arang didirikan di sebelah jalur perakitan untuk memproses dan menjual arang dengan nama Ford di dealer Ford. Beberapa tahun setelah kematian Kingsford, perusahaan kimia tersebut dijual kepada pengusaha lokal dan berganti nama menjadi Kingsford Chemical Company.

George Stephen [5] menciptakan desain panggangan hemispherical yang ikonik, dengan bercanda disebut " Sputnik " oleh tetangga Stephen. Stephen, seorang tukang las, bekerja untuk Weber Brothers Metal Works, sebuah toko fabrikasi logam yang terutama berkaitan dengan pengelasan bola baja bersama untuk membuat pelampung . Stephen lelah dengan angin yang meniupkan abu ke makanannya saat dia memanggang, jadi dia mengambil bagian bawah pelampung, memasang tiga kaki baja ke atasnya, dan membuat belahan yang lebih dangkal untuk digunakan sebagai penutup. Dia membawa pulang hasilnya dan mengikuti beberapa kesuksesan awal, memulai Weber-Stephen Products Company .

Pemanggang gas ditemukan pada akhir 1930-an oleh Don McGlaughlin, pemilik Chicago Combustion Corporation, yang sekarang dikenal sebagai LazyMan.[6] McGlaughlin menemukan panggangan built-in pertama dari ayam pedaging gas yang sukses bernama BROILBURGER. Panggangan Lazy-Man pertama ini dipasarkan sebagai "panggang gas jenis arang api terbuka" yang menampilkan "bara permanen", atau dikenal sebagai batu lava.[7] Pada tahun 1950-an, sebagian besar rumah tangga tidak memiliki barbekyu, sehingga istilah ayam pedaging digunakan untuk tujuan pemasaran ke perusahaan komersial. Desain broiler terbuka gas diadaptasi menjadi pemanggang gas portabel pertama pada tahun 1954 oleh Chicago Combustion Corporation sebagai Model AP. Desain portabel McGlaughlin adalah yang pertama menampilkan penggunaan silinder propana 20-lb, yang sebelumnya secara eksklusif digunakan oleh tukang ledeng sebagai sumber bahan bakar.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Adaptations of Barbecue". 
  2. ^ "Food Network's Brief History of Grilling". Foodnetwork.com. Diakses tanggal 2011-09-02. 
  3. ^ "About.com's History of Barbecue". Bbq.about.com. 2011-03-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-27. Diakses tanggal 2011-09-02. 
  4. ^ Slater, Dashka (2014-09-26). "Who Made That Charcoal Briquette?". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2017-09-10. 
  5. ^ "NY Times Obituary for George Stephen". The New York Times. 1993-02-16. Diakses tanggal 2011-09-02. 
  6. ^ Mauer, Don (2006). The Complete Idiot's Guide to GrillingPerlu mendaftar (gratis). USA: Penguin Group. hlm. 13–14. ISBN 1-59257-481-5. 
  7. ^ Popular Mechanics, June 1957, page 97.
  8. ^ Cart. "60 years of rich history! » LazyMan Gourmet Grills". Lazyman.com. Diakses tanggal 2015-02-01.