Pelesit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pelesit (bahasa Minangkabau: Palasik) menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau dan Melayu adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau pelesit bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Pelesit sangat ditakuti oleh ibu-ibu di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan pelesit adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis pelesit tersebut.

Ilmu pelesit dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang pelesit maka anaknya pun akan jadi pelesit.

Pada umumnya pelesit bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badannya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepalanya yang melayang-layang mencari makan.

Jenis-jenis pelesit[sunting | sunting sumber]

Jenis pelesit ada bermacam-macam. Menurut jenis makanannya pelesit dapat dibagi sebagai berikut:

  • Yang memakan bayi dalam kandungan sehingga bayi tersebut lahir tanpa ubun-ubun / mati dalam kandungan
  • Yang memakan bayi yang masih rapuh sehingga bayi tersebut sering sakit-sakitan / meninggal
  • Yang memakan mayat bayi yang sudah dikubur

Dalam Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Dalam serial terbaru HBO Asia, Halfworlds, Palasik merupakn salah satu demit yang ditampilkan dalam wujud manusia. Palasik diperankan oleh Hannah Al Rashid sebagai Marni yang diceritakan memiliki senjata berupa cakar dan cincin yang menyimpan racun, dan Adinia Wirasti sebagai Nadia, Palasik misterius yang berdandan seperti Assassin dalam Assassin's Creed.


Pelesit yang lepas kepalanya disebut pelesit kudung.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]