Pelaporan melingkar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam hal kritisi sumber, pelaporan melingkar atau konfirmasi palsu adalah situasi yang informasinya terlihat berasal dari sumber-sumber independen yang berbeda, tetapi pada kenyataannya informasi tersebut berasal dari sumber tunggal.[1][2] Dalam beberapa kasus, masalah ini timbul secara tidak sengaja melalui praktik pelaporan yang tidak cermat, tetapi dalam kasus yang sedikit, situasi tersebut diyakini disengaja disebabkan oleh sumber aslinya.[3]

Wikipedia kadang-kadang dikritisi digunakan sebagai sumber dari pelaporan melingkar.[4] Wikipedia memberitahukan kepada seluruh peneliti dan jurnalis agar berhati-hati dalam menggunakan Wikipedia sebagai sumber langsung, alih-alih fokus pada informasi yang akurat yang ada dalam referensi kutipan artikelnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marcus Sterzer, CD; Patrick McDuff B.A. & Jacek Flasz (Summer 2008). "The Challenge of Centralized Control Faced by the Intelligence Function in Afghanistan" (PDF). Canadian Army Journal. 
  2. ^ "The Cocktail Napkin Plan for Regime Change in Iran". Mother Jones (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 Mei 2017. 
  3. ^ Hurley, Michael (2004). I solemnly swear : conmen, DEA, the media, and Pan Am 103. New York: iUniverse. ISBN 0-595-29947-4. 
  4. ^ "Wikipedia hoax points to limits of journalists' research". Ars Technica (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 Mei 2017.