Pekerja model

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pekerja model (Hanzi: 劳动模范; Pinyin: láodòng mófàn, disingkat sebagai 劳模 atau láomó) adalah sebuah istilah politik Komunis Tiongkok untuk menyebut para pekerja yang dapat menjadi contoh bagi beberapa atau seluruh magang untuk menaati gagasan pekerja sosialis. Gagasan tersebut mirip dengan ikon Stakhanovit Soviet. Pekerja model dipilih di Tiongkok oleh departemen-departemen tingkat provinsi dan pusat. Beberapa kota dan perusahaan besar juga melakukan proses untuk memilih dan memuji para pekerja model.

Kriteria dasar untuk pekerja model adalah patriotisme, "pemujaan sains", kegiatan dalam perlindungan lingkungan hidup dan mendapatkan kesempurnaan.

Pekerja model seringkali mendapatkan hak yang tak diberikan kepada warga negara atau anggota Partai Komunis lainnya. "Kemungkinan untuk menjadi pekerja model menawarkan para petani dan pekerja dengan salah satu dari sedikit kesempatan untuk meningkatkan mobilitas selain bergabung dengan ketentaraan," tulis cendekiawan Yu Miin-lin.[1] Pekerja model memiliki langkah yang lebih mudah untuk bergabung dengan Partai Komunis, dan juga menjadi kader, manajer atau jabatan pemimpin lain pada tingkat yang lebih tinggi.

Pekerja model terkenal[sunting | sunting sumber]

Hao Jianxiu, pekerja model pada 1951

Salah satu pekerja model terawal adalah buruh tekstil remaja Hao Jianxiu (dianugerahi pada 1951), yang menciptakan "Metode Kerja Hao Jianxiu". Ia dikirim untuk belajar di Institut Teknik Tekstil Tiongkok Timur dan diangkat menjadi Menteri Industri Tekstil, sekretaris Sekretariat Pusat PKT, dan wakil ketua Komisi Perencanaan Negara.[2]

Ni Zhifu, pekerja model pada 1959

Pekerja model berpengaruh lainnya adalah Ni Zhifu (dianugerahi pada 1959), yang menciptakan "bor Ni Zhifu". Ia diangkat dalam jabatan-jabatan kepemimpinan munisipal Beijing, Shanghai, dan Tianjin, dan menjadi anggota Politbiro Partai Komunis Tiongkok. Ia juga menjadi Ketua Federasi Serikat Dagang Seluruh Tiongkok.[3]

Liang Jun adalah seorang pekerja model yang dianggap sebagai pengemudi traktor perempuan Tiongkok pertama.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Li & Bernstein, Hua-Yu & Thomas P. (2011). ""Labor Is Glorious": Model Laborers in the People's Republic of China". China Learns from the Soviet Union, 1949-Present (The Harvard Cold War Studies Book Series). Lexington Books. hlm. 254. ISBN 978-0739142233. 
  2. ^ Lee, Lily Xiao Hong; Stefanowska, A. D. (2003). Biographical Dictionary of Chinese Women: The Twentieth Century, 1912–2000. M.E. Sharpe. hlm. 198–9. ISBN 978-0-7656-0798-0. 
  3. ^ 倪志福同志生平 [Biography of Ni Zhifu]. People's Daily (dalam bahasa Tionghoa). 3 May 2013. 
  4. ^ "Liang Jun, China's Iconic Female Tractor Driver, Dies At 90". NPR.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 January 2020. 
  5. ^ "Tractor 'heroine' immortalised on banknote dies". BBC (dalam bahasa Inggris). 15 January 2020. Diakses tanggal 16 January 2020.