Pawai Pernikahan (Mendelssohn)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aransemen tanda tangan Mendelssohn pada Wedding March untuk piano (koleksi British Library )

 

Pawai Pernikahan (Inggris: " Wedding March ") karya Felix Mendelssohn dalam C mayor, yang ditulis pada tahun 1842, adalah salah satu karya paling terkenal dari rangkaian musik insidentalnya (Op. 61) hingga drama Shakespeare A Midsummer Night's Dream . Ini adalah salah satu pawai pernikahan yang paling sering digunakan, umumnya dimainkan di organ pipa gereja.

Pada pernikahan di banyak negara Barat, bagian ini biasanya digunakan sebagai tanda resesi, meskipun sering kali episodenya dihilangkan dalam konteks ini. Lagu ini sering dipadukan dengan " Paduan Suara Mampelai" dari opera Lohengrin karya Richard Wagner, [1] atau dengan " Pawai Pangeran Denmark " karya Jeremiah Clarke, [2] keduanya sering dimainkan untuk masuknya mampelai wanita.

Contoh pertama yang diketahui dari "Wedding March" Mendelssohn yang digunakan di pesta pernikahan adalah ketika Dorothy Carew menikahi Tom Daniel di Gereja St Peter, Tiverton, Inggris, pada tanggal 2 Juni 1847 [3] ketika dibawakan oleh organis Samuel Reay . Namun, itu tidak menjadi populer di pesta pernikahan sampai dipilih oleh Victoria, Putri Kerajaan untuk pernikahannya dengan Pangeran Frederick William dari Prusia pada tanggal 25 Januari 1858. [1] Pengantin wanitanya adalah putri Ratu Victoria, yang menyukai musik Mendelssohn dan sering dimainkan Mendelssohn saat berkunjung ke Inggris.

Sebuah organ tempat Mendelssohn membacakan "Wedding March", di antara karya-karya lainnya, bertempat di Gereja St Ann di Tottenham .

Franz Liszt menulis transkripsi virtuoso dari "Wedding March dan Dance of the Elf" (S. 410) pada tahun 1849–50.[4] Berdasarkan transkripsi Liszt, Vladimir Horowitz kemudian mentranskripsikan "Wedding March" menjadi pertunjukan piano yang virtuoso dan memainkannya sebagai encore di konsernya.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Emmett, William (1996). The national and religious song readerPerlu mendaftar (gratis). New York: Haworth Press. hlm. 755. ISBN 978-0-7890-0099-6. 
  2. ^ Crockett, Laura (2008). Wedding Ceremonies for the Historically Inclined. New York: Lulu.com. hlm. 114. ISBN 978-0-557-00140-8. 
  3. ^ "Mendelssohn's Wedding March. First Performed at a Nuptial Ceremony at Tiverton". Western Gazette. British Newspaper Archive. 8 September 1904. Diakses tanggal 28 August 2016 – via British Newspaper Archive. 
  4. ^ "Liszt: A Midsummer Night's Dream: Wedding March & Dance of the Fairies (after Mendelssohn), S410 (page 1 of 2)". Presto Music (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-22. 
  5. ^ "Horowitz Wedding March - download free sheet music and scores". en.scorser.com. Diakses tanggal 2022-03-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • A Midsummer Night's Dream, incidental music, Op.61: Scores at the International Music Score Library Project

Templat:Felix Mendelssohn