Paus Yahudi Andreas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Paus bertemu kembali ayahnya yang merupakan seorang rabi pada permainan catur; ilustrasi dalam Jewish Fairy Tales and Legends (1919).

Paus Yahudi Andreas adalah sebuah legenda tentang seorang Paus Yahudi yang belum jelas keakuratannya. Ensiklopedia Yahudi tahun 1906 menyatakan: "Menurut sebuah dokumen Spanyol tua yang ditemukan diantara beberapa karya liturgi peniten karya Eliezer ben Solomon Ashkenazi, penyunting "Ṭa'am Zeḳenim" (Frankfurt am Main, 1854), Andreas adalah seorang Yahudi yang, setelah menjadi Kristen, menonjolkan dirinya dengan menjadi kardinal dan kemudian Paus."[1]

Legenda tersebut terkadang dikaitkan dengan Anti-Paus Anakletus II atau Paus Aleksander III, yang tampak bersikap baik terhadap Yahudi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ H. G. Enelow. "Andreas". Jewish Encyclopedia. 
  2. ^ P. G. Bietenholz; Peter G. Bietenholz (August 1, 1997). Historia and Fabula: Myths and Legends in Historical Thought from Antiquity to the Modern Age (Brill's Studies in Intellectual History). Brill Academic Publishers. hlm. 106. ISBN 978-90-04-10063-3. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Zutot 2003" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Chess" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "legends" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Saints" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Raspe" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

 Artikel ini memuat teks dari Jewish Encyclopedia, publikasi dari tahun 1906, sekarang berada pada domain umum di Amerika Serikat.