Paul Cornoyer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Potret Paul
A View of St. Louis: A Triptych, oil on canvas, 1898
After the Rain Gloucester

Paul Cornoyer (15 Agustus 1864 – 17 Juni 1923) adalah seorang pelukis Amerika, yang saat ini terkenal karena lukisannya yang direproduksi secara populer dalam gaya Impresionis, tonalis, dan kadang-kadang pointillist.

Lahir di St. Louis, Missouri, Cornoyer mulai melukis dengan gaya Barbizon dan pertama kali dipamerkan pada tahun 1887. Pada tahun 1889, ia melanjutkan studinya di Paris di Académie Julien dengan Jules Lefebvre, Louis Blanc dan Benjamin Constant.[1] Saat Cornoyer berada di Paris, ia juga melakukan perjalanan ke London dan Venesia. Periode ini memaparkannya pada Impresionisme Prancis, yang tercermin dalam gaya yang lebih cair, tonal, dan liris dalam lanskap dan lanskap kota selanjutnya. Penafsiran Cornoyer tentang impresionisme lebih konservatif daripada rekan-rekan Prancisnya, meninggalkan karyanya dengan kepekaan khas Amerika.

Dia kembali ke rumahnya di St Louis pada tahun 1894 dan pada tahun yang sama melukis mural di Planters Hotel yang menggambarkan kelahiran St Louis. Cornoyer sangat dipengaruhi oleh tonals Amerika. William Merritt Chase melihat contoh karya Paul Cornoyer di Paris selama waktu mereka di sana pada tahun 1889. Chase kemudian mendorong Cornoyer untuk meninggalkan St. Louis dan melakukan perjalanan ke New York City. New York City terbukti menjadi tempat yang ideal bagi Cornoyer untuk mengembangkan estetikanya. Di sanalah Cornoyer melukis pemandangan kota perkotaan yang paling dikenalnya. Kanvasnya adalah penggambaran tonal dari pemandangan jalanan, terutama setelah hujan. Membangun dari pelatihannya di jalan-jalan Paris, ia mampu menangkap esensi kehidupan kota dengan trotoarnya yang kokoh, kereta kuda dengan pengemudi dan penumpang, serta jalan-jalan yang dipenuhi pepohonan, dan gedung-gedung tinggi. Contoh adegan jalanan Cornoyer meliputi Plaza After the Rain dan A Rainy Day in the City.

Pada tahun 1908, Galeri Seni Albright–Knox (sebelumnya Galeri Albright) menyelenggarakan pertunjukan karyanya. Pada tahun 1909, ia terpilih menjadi National Academy of Design sebagai Associate Academician. Dia mengajar di Mechanics Institute of New York dan pada tahun 1917, dia pindah ke Massachusetts, di mana dia terus mengajar dan melukis.[2]

Cornoyer menerima pameran retrospektif berjudul "Paul Cornoyer: American Impressionist" di Lakeview Center for the Arts and Sciences di Peoria, Illinois pada tahun 1973.[3] Pameran ini sangat menarik dari koleksi Dr. dan Mrs. Lawrence Ashby, yang meminjamkan beberapa lukisan ke pameran, serta lebih dari 20 karya di atas kertas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paul Cornoyer". Taylor Graham (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-03. 
  2. ^ "Paul Cornoyer, A.N.A." Oxfordgallery.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 January 2015. Diakses tanggal 1 January 2015. 
  3. ^ Paul Cornoyer: American Impressionist. Peoria, Illinois: Lakeview Center for the Arts and Sciences. 1 January 1973. hlm. 52. Diakses tanggal 3 May 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]