Jean-Joseph Benjamin-Constant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jean-Joseph Benjamin-Constant
Jean-Joseph Benjamin-Constant, ca. 1890
LahirJean-Joseph Constant
10 June 1845
Paris, Prancis
Meninggal26 May 1902 (usia 56)
Paris, Prancis
Dikenal atasLukisan, etsa
Gerakan politikOrientalist

Jean-Joseph Benjamin-Constant (atau dikenal juga Benjamin Constant), lahir Jean-Joseph Constant (10 Juni 1845 – 26 Mei 1902), adalah seorang pelukis Prancis dan etcher terkenal karena subjek Oriental dan potret-nya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Frances Benjamin Johnston, Benjamin Constant, c. 1890–1910, Library of Congress

Benjamin-Constant lahir di Paris. Ia belajar di Ecole des Beaux-Arts di Toulouse, di mana ia menjadi murid Alexandre Cabanel. Perjalanan ke Maroko pada tahun 1872 sangat memengaruhi perkembangan artistik awalnya dan membawanya untuk menghasilkan adegan Romantis di bawah pesona Orientalisme. Di antara karya-karyanya yang terkenal dalam nada ini adalah Pemberontak Terakhir, Keadilan di Harem (keduanya di Galeri Luksemburg), Les Chérifas, dan Tahanan Maroko (Bordeaux). Kanvas besar miliknya,The Entrance of Mahomet II into Constantinople (Musée des Augustins Toulouse), menerima medali pada tahun 1876.

Setelah tahun 1880, ia mengubah sikapnya, mengabdikan dirinya pada dekorasi mural dan potret. Contoh yang menonjol termasuk plafon besar di Hôtel de Ville, Paris, berjudul Paris Mengadakan Dunia; lukisannya di New Sorbonne, mewakili Literature, The Sciences, dan Academy of Paris; dan plafon teater Opéra Comique. Dia dibedakan sebagai pelukis potret, terutama di Inggris, di mana dia adalah favorit aristokrasi. Potretnya "Mons fils André" (Luksemburg) dianugerahi medali kehormatan di Salon pada tahun 1896.

Benjamin-Constant dicat Paus Leo XIII, Ratu Alexandra dari Inggris (1901), Lord John Lumley-Savile, dan Henri Blowitz (1902). Dia diangkat menjadi anggota institut pada tahun 1893, dan menjadi komandan Legion of Honor. Dia mengunjungi Amerika Serikat beberapa kali, dan melukis sejumlah potret. Metropolitan Museum of Art di New York memamerkan lukisan besar karya Benjamin-Constant berjudul Justinian in Council. Lukisan itu dikembalikan oleh Metropolitan kepada keluarga pemilik pada tahun 1928. Lukisan itu dibeli oleh John Ringling pada tahun 1929 dan saat ini dipamerkan di Museum Ringling di Sarasota

Benjamin-Constant juga mengajar di Académie Julian;[1] di antara murid-muridnya adalah miniaturis Alice Beckington[2] dan artis Skotlandia W. S. Shanks.[3] Dia adalah seorang penulis yang bereputasi baik, menyumbangkan sejumlah studi tentang pelukis Prancis kontemporer. Bersama dengan sesama seniman, Nasreddine Dinet, Paul Leroy, Jean-Léon Gérôme dan kurator/sejarawan seni, Léonce Bénédite, ia adalah salah satu dari pendiri Société des Peintres Orientalistes Français.[4]

Ia meninggal di Paris pada 26 Mei 1902.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jean-Joseph Benjamin-Constant". The Rockwell Center for American Visual Studies (dalam bahasa Inggris). 2019-02-13. Diakses tanggal 2021-02-23. 
  2. ^ Metropolitan Museum of Art (New York, N.Y.); Carrie Rebora Barratt; Lori Zabar (1 January 2010). American Portrait Miniatures in the Metropolitan Museum of Art. Metropolitan Museum of Art. hlm. 244–. ISBN 978-1-58839-357-9. 
  3. ^ Sale of Tiddley Winks by William Somerville Shanks, R.S.A., R.S.W - Sotheby's (2008)
  4. ^ Benjamin, R., Orientalist Aesthetics: Art, Colonialism, and French North Africa, 1880-1930, University of California Press, 2003, p.57

Pranala luar[sunting | sunting sumber]