Patwa Jamaika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patwa Jamaika
Patwa, Jumiekan, Jamiekan[1]
Dituturkan diJamaika, Panama, Kosta Rika.
Penutur bahasa
3.2 juta  (2000–2001)[2]
Kreol Inggris
  • Atlantik
    • Barat
      • Patwa Jamaika
Kode bahasa
ISO 639-3jam
Glottologjama1262[3]
Linguasfer52-ABB-am
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Patwa Jamaika adalah sebuah bahasa kreol berbasis bahasa Inggris dengan pengaruh Afrika Barat (mayoritas kata-kata pinjaman asal Akan)[4] diucapkan terutama di Jamaika dan di antara diaspora Jamaika; itu diucapkan oleh mayoritas warga Jamaika sebagai bahasa asli. Patwa berkembang pada abad ke-17 ketika para budak dari Afrika Barat dan Tengah terpapar, mempelajari, dan memvalidasi bentuk-bentuk bahasa Inggris vernakular dan dialek yang diucapkan oleh para pemilik budak: Inggris, Skotlandia, dan Hiberno-Inggris.

Kreol Jamaika menunjukkan gradasi antara bentuk-bentuk kreol yang lebih konservatif yang tidak secara signifikan dapat dipahami dengan bahasa Inggris, dan bentuk-bentuk yang hampir identik dengan Bahasa Inggris Standar[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chang, Laurence. "Jumieka Langwij: Aatagrafi/Jamaican Language: Orthography". 
  2. ^ Patwa Jamaika di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  3. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Kreol Inggris Jamaika". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  4. ^ Cassidy FG: Multiple etymologies in Jamaican Creole. Am Speech 1966, 41:211–215
  5. ^ DeCamp (1961)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]