Lompat ke isi

Patung Decebalus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung Batu Decebalus
Patung batu Decebalus, raja Dacia (Rumania)
Koordinat44°38′26″N 22°17′29″W / 44.64056°N 22.29139°W / 44.64056; -22.29139
TipePatung
Tinggi40 m (130 ft)
Konstruksi pertama1994
Tanggal selesai2004

Patung batu Decebalus (dalam bahasa Rumania: Chipul lui Decebal) adalah sebuah patung monumental yang terletak di dekat kota Orșova, Rumania. Dibangun dari tahun 1994 hingga 2004, patung ini memiliki tinggi 40 m (130 ft) dan lebar 20 m (66 ft), menjadikannya patung batu tertinggi di Eropa saat ini.

Patung ini menggambarkan wajah Decebalus, raja terakhir dari Dacia (yang memerintah dari tahun 87 hingga 106), yang melawan kaisar Romawi Domitian dan Trajan untuk mempertahankan kemerdekaan negaranya, yang sekarang dikenal sebagai Rumania.

Karakteristik

[sunting | sunting sumber]

Di bawah wajah Decebalus terdapat sebuah prasasti dalam bahasa Latin: DECEBALUS REX—DRAGAN FECIT (terjemahan: Raja Decebalus - dibuat oleh Drăgan), merujuk pada nama donatur yang mendanai karya tersebut. Patung ini dipesan dan dibiayai oleh pengusaha dan sejarawan miliarder Joseph Constantin Drăgan (Iosif Constantin Drăgan), seorang protochronist Italia-Rumania yang membeli batu tersebut pada tahun 1993. Pembangunan patung ini memakan waktu sepuluh tahun dan melibatkan dua belas pematung[1], dengan biaya satu juta dolar Amerika. Enam tahun pertama digunakan untuk meledakkan batu menjadi bentuk kasar yang diinginkan, dan empat tahun berikutnya untuk memahat wajah[2].

Monumen ini terletak di dekat Gerbang Besi, yang membentuk perbatasan alami antara Rumania dan Serbia. Wajah ini diukir di batu sebuah tebing yang berada di ngarai sungai Danube. Di sisi lain Danube, di wilayah Serbia, terdapat Meja Trajan, peninggalan Romawi yang diukir di dinding batu, dibuat oleh kaisar Trajan untuk memperingati kemenangan tentara Romawi yang mengakibatkan penaklukan Dacia pada tahun 105 M.

Joseph Constantin Drăgan meminta pihak berwenang Serbia untuk mengukir kepala raksasa kaisar Romawi di dinding batu sisi mereka yang menghadap patung Decebalus, tetapi mereka menolak[3].

Pembuatan patung ini dikritik oleh para ekologis karena dianggap merusak lingkungan tempat patung ini berada, oleh sejarawan sebagai "tidak menyerupai" dibandingkan dengan satu-satunya representasi yang dikenal dari Decebalus di Kolom Trajan[4], oleh pelukis dan pematung sebagai "tidak estetis" dan "megalomania", dan oleh sosiolog dan ekonom sebagai simbol nasionalisme protochronist yang dipopulerkan oleh Nicolae Ceaușescu[5] dan sebagai pengeluaran yang sia-sia[6]. Kementerian Kebudayaan tidak pernah campur tangan dalam proyek pembuatan patung ini, dan jika Kementerian Luar Negeri ikut campur, itu hanya untuk memastikan bahwa proyek ini tidak akan mempengaruhi wilayah tetangga Serbia. Erosi alami di daerah ini dengan iklim lembab menyebabkan hidung Decebalus (panjang tujuh meter) retak dan terancam runtuh. Hidung tersebut harus dibentuk ulang dan diperkuat dengan rangka besi (yang mulai berkarat) dan semen (yang mulai hancur), yang membuat keruntuhannya tidak terelakkan[7].

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Schily, Daniela; Eickhoff, Matthias (2010). Donau: von Regensburg zum Schwarzen Meer ; [mit Extra-Reisekarte und 10 Entdeckungstouren!] (dalam bahasa Jerman). DuMont Reiseverlag. hlm. 237. ISBN 978-3-7701-7325-9. .
  2. ^ "History of the monument". www.decebalusrex.ro (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2016-03-10. .
  3. ^ Thorpe, Nick (2013). The Danube: A Journey Upriver from the Black Sea to the Black Forest (dalam bahasa Inggris). Yale University Press. hlm. 336. ISBN 978-0-300-18165-4. .
  4. ^ "Palin's travels". Palinstravels.co.uk. Diakses tanggal 2014-08-15. 
  5. ^ Katherine Verdery, National Ideology under Socialism: Identity and Cultural Politics in Ceaușescu's Romania, University of California Press, 1991
  6. ^ Lucian Boia, History and Myth in Romanian Consciousness, Central European University Press, Budapest, 2001, p. 105
  7. ^ Situs protochronist yang mendeskripsikan patung dan masalahnya: [1](Rumania)

Lihat pula

[sunting | sunting sumber]

Artikel terkait

[sunting | sunting sumber]

Tautan eksternal

[sunting | sunting sumber]