Patik, Pulung, Ponorogo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Patik
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Ponorogo
Kecamatan Pulung
Pemerintahan
 • Kepala desa Winaryo (2 periode sampai awal 2012)
Kodepos 63481
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Patik adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Desa ini terletak pada 7"5'56.57" - 7"52'47.23" LS dan 111"37'16.72" - 111"38'16.52" BT. Secara geografis sebelah utara dibatasi oleh sungai "Kali Munggung" sebelah selatan dibatasi oleh sungai "Kali Kidul" dusun "Sekandang" (desa Pulung"), sedangkan batas timur adalah dusun "Tuk Suren" (desa "Singgahan"), dan sebelah barat berbatasan dengan dusun "Bedagan" (desa "Pulung").

Wilayah desa "Patik" sebagian besar berupa sawah irigasi dan sebagian kecil berupa ladang tadah hujan yang berada di sekitar pekarangan rumah tempat tinggal. Sebagai wilayah yang berada di barat daya kaki lereng "Gunung Wilis" dengan kemiringan rata-rata 25 derajat dan ketinggian kurang lebih 280 meter dpl, memiliki suhu udara rata-rata 24 derajat Celcius dan suhu pada malam hari rata-rata 18 derajat Celcius. Desa Patik termasuk bersuhu dingin.

Masyarakatnya unik, pernah suatu saat seorang pendatang dari luar Jawa dipilih menjadi sebagai Kepala Desa di desa ini. Sejak dulu kala, sifat dan sikap terbuka yang dimiliki oleh penduduk di desa ini memang sudah demikian adanya. Semangat untuk meraih perubahan dan kemajuan menjadi dasar bagi setiap gerak langkah mereka.