Pasukan Keamanan Kosovo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasukan Keamanan Kosovo (KSF; bahasa Albania: Forca e Sigurisë së Kosovës, bahasa Serbia : Косовске безбедносне снаге/Kosovske bezbednosne snage) adalah militer Kosovo. KSF bertugas mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah Kosovo, dukungan militer terhadap otoritas sipil, dan partisipasi dalam misi dan operasi penjaga perdamaian internasional. Sejak tahun 2018, mereka sedang dalam proses transformasi menjadi Angkatan Bersenjata Kosovo, sebuah proses yang diharapkan selesai pada tahun 2028.

Pasukan Keamanan Kosovo
bahasa Albania: Forca e Sigurisë së Kosovës
bahasa Serbia:
Косовске безбедносне снаге
Lambang
Bendera
Didirikan21 Januari 2009; 15 tahun lalu (2009-01-21)
Formasi terkini14 Desember 2018; 5 tahun lalu (2018-12-14)[a]
Markas besarPristina, Kosovo
Situs webmod.rks-gov.net/
Kepemimpinan
Panglima TertinggiVjosa Osmani
Menteri PertahananEjup Maqedonci
KomandanLt. Gen. Bashkim Jashari
Kekuatan personel
Usia penerimaan18
Personel aktif10,000
Personel cadangan5,000
Belanja
Anggaran€123,227,261 (2023)[1]
Industri
Pemasok asing Amerika Serikat
 Turki
 Jerman
 Britania Raya
 Italia
 Israel
 Austria
 Kroasia
Artikel terkait
Operasi militerTentara Pembebasan Kosovo
Korps Perlindungan Kosovo
Jenjang pangkatPeringkat Militer Kosovo

Presiden Kosovo adalah Panglima Tertinggi Pasukan Keamanan Kosovo dan memiliki kompetensi untuk memobilisasi Pasukan Keamanan Kosovo dalam keadaan darurat. Di masa damai, kekuasaan Presiden sebagai Panglima dilaksanakan melalui Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembawa Standar Pasukan Keamanan Kosovo, 2013

Setelah Perang Kosovo pada tahun 1999, Resolusi Dewan Keamanan PBB 1244 menempatkan Kosovo di bawah wewenang Misi Administrasi Sementara PBB di Kosovo (UNMIK), dengan keamanan yang disediakan oleh Pasukan Kosovo (KFOR) yang dipimpin NATO. KFOR memasuki Kosovo pada 12 Juni 1999 di bawah mandat PBB, dua hari setelah diadopsinya Resolusi Dewan Keamanan PBB 1244 .

Setelah KFOR masuk ke Kosovo, Tentara Pembebasan Kosovo dibubarkan dan beberapa anggotanya bergabung dengan Korps Perlindungan Kosovo (KPC) yang baru dibentuk. Menurut peraturan UNMIK 1999/8, tugas KPC adalah memberikan tanggap bencana, melakukan operasi pencarian dan penyelamatan, memberikan bantuan kemanusiaan, membantu penghapusan ranjau, dan berkontribusi pada pembangunan kembali infrastruktur setelah perang. Keanggotaan KPC bertambah seiring berjalannya waktu, namun tidak pernah berperan dalam pertahanan, penegakan hukum, pengendalian kerusuhan, keamanan dalam negeri, atau tugas hukum dan ketertiban lainnya. Pada tahun 2007, tentara Amerika Serikat memindahkan Kamp Monteith di Gjilanke Korps Perlindungan Kosovo.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada bulan Februari 2008. Pada tanggal 19 Maret 2008, Presiden Amerika Serikat George W. Bush mengizinkan bantuan militer ke Kosovo sebagai langkah lain untuk menjalin hubungan formal dengan Kosovo. Pada bulan Maret 2008, Pasukan Kosovo (KFOR) yang dipimpin NATO dan KPC memulai persiapan pembentukan Pasukan Keamanan Kosovo. Sesuai pedoman yang tertuang dalam Rencana Ahtisaari, Pasukan Keamanan Kosovo awalnya diizinkan membawa senjata ringan. Penerimaan dan pelatihan personel dimulai pada awal Juni 2008, ketika para ahli NATO tiba di Kosovo untuk memandu prosesnya, dan sejak awal Desember 2008, pendaftaran kandidat berusia antara 18 dan 30 tahun dimulai.

Pada tanggal 20 Januari 2009, diumumkan nama-nama yang terpilih menjadi KSF dari KPC. Setelah diperiksa oleh NATO, sekitar 1.400 mantan anggota KPC dipilih untuk menjabat sebagai perwira dan anggota KSF.

Pada tanggal 21 Januari 2009, Pasukan Keamanan Kosovo secara resmi diluncurkan. KSF tidak menggantikan Korps Perlindungan Kosovo (KPC) yang dibubarkan beberapa bulan kemudian. KFOR ditugaskan untuk membimbing KSF dan membawa pasukan ke Kemampuan Operasional Penuh. Sebagai bagian dari upaya ini, berbagai negara yang tergabung dalam KFOR telah memberikan bantuan kepada pasukan tersebut secara bilateral termasuk seragam yang dipasok oleh Amerika Serikat dan kendaraan yang disumbangkan oleh Jerman. Upaya pendampingan dimaksudkan untuk mengembangkan KSF sejalan dengan standar NATO.[1][2] Selain itu Italia, Portugal dan anggota NATO lainnya akan membantu KSF melalui sumbangan dan pelatihan. Slovenia menyumbangkan €30.000 untuk pendirian KSF.

Pasukan Etnis Minoritas[sunting | sunting sumber]

Etnis Minoritas Kosovo, didorong untuk mendaftar di Pasukan Keamanan Kosovo karena konstitusi Kosovo mewajibkan integrasi komunitas etnis minoritas ke dalam Pasukan Keamanan Kosovo. Pada bulan April 2013, 179 (8,2%) personel militer Pasukan Keamanan Kosovo berasal dari latar belakang minoritas, sisanya adalah etnis Albania.[3] Pada bulan Mei 2014, Presiden Kosovar Atifete Jahjaga menyatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa 9% KSF berasal dari komunitas minoritas. Pada bulan Juli 2018, 40 dari 137 orang Serbia mengajukan pengunduran diri mereka dari KSF. Menteri KSF, Rustem Berisha menyatakan personel yang dimaksud mendapat tekanan dari Beograd dan mendapat "pemerasan dan ancaman" yang melanggar hak asasi mereka.

Etnis Minoritas di KSF :

Etnis Jumlah
Turki 49
Serbia 45
Bosnia 43
Ashkali 30
Mesir 14
Kroasia 3
Romania 3
Gorani 1
Jerman 1

Angkatan Udara Kosovo[sunting | sunting sumber]

Angkatan Udara Kosovo adalah unit yang beroperasi di bawah payung Pasukan Keamanan Kosovo.

Pesawat

Pesawat Asal Tipe Varian Jumlah Catatan
Helikopter
Sikorsky UH-60 Black Hawk Amerika Serikat Helikopter Pengangkut 2[5]

Drone

Drone Asal Tipe Varian Jumlah Catatan
Drone
Bayraktar TB2 Turki 5 Diterima pada tahun 2023. Dilengkapi dengan amunisi berpemandu presisi Roketsan MAM-C dan MAM-L.
AAI RQ-7 Shadow Amerika Serikat Tidak diketahui




Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fields, Carol C. (2008-12-20). "Staff of Kosovo army". New Kosova Report (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  2. ^ "Kosovo's security force launched" (dalam bahasa Inggris). 2009-01-21. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  3. ^ "Wayback Machine" (PDF). web.archive.org. Diakses tanggal 2023-09-09. 
  4. ^ https://www.hurriyetdailynews.com/kosovo-acquires-baykar-drone-184781
  5. ^ "Kosovo Security Force". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2023-11-13. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan