Pasukan Guecha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasukan Guecha (Spanyol: "güechas" atau "gueches"), merupakan pasukan Konfederasi Muiska yang bertugas untuk melindungi wilayah Muiska. Berdasarkan deskripsi, pasukan "güecha" sepertinya "sengaja" dibedakan dengan orang biasa. Pasukin ini merupakan sekelompok orang yang memiliki kasta sendiri dan biasanya hanya menikahi sesama mereka supaya mereka memiliki ciri fisik dan kepribadiannya yang beda dengan masyarakat biasa. Sebagai pelindung orang-orang Muiska, upah atau penghargaan yang mereka terima juga berbeda.[1]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Menurut Pedro Simón, seorang sejarawan Spanyol-Prancis, mengatakan bahwa dalam bahasa Chibcha yang digunakan oleh Muisca, Güecha berarti "berani". Namun ada kesulitan, karena kata tersebut memiliki arti yang bercabang.

Ada etimologi kedua berdasarkan pengkajian dari kamus kata Chibcha. Cha berarti "laki-laki" dan Gue berarti "aku membunuh"; jadi artinya "seorang lelaki pembunuh". 'Güe-(umlaut)' berarti "pria" jadi Güecha juga berarti "pejantan-nya masyarakat", cocok dengan status mereka sebagai prajurit.

Arti Gue dalam bahasa Chibcha memiliki arti yang beragam, biasanya berarti "rumah" atau "tempat". Chá berarti "pria" atau "laki-laki", jadi Guecha berati "kepala rumah tangga". Guecha juga bermakna "saudara laki-laki dari ibu saya", singkatnya "paman".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Los güechas o guechas en Cundinamarca
  2. ^ Henderson & Ostler, 2005, p.154

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Henderson, Hope; Ostler, Nicholas (2005). Muisca settlement organization and chiefly authority at Suta, Valle de Leyva, Colombia: A critical appraisal of native concepts of house for studies of complex societies. Journal of Anthropological Archaeology. 24. Elsevier. hlm. 148–178. ISSN 0278-4165. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]