Pasta gigi gajah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reaksi pasta gigi gajah

Pasta gigi gajah adalah substansi berbusa yang terbentuk dari proses dekomposisi hidrogen peroksida dengan menggunakan kalium iodida sebagai katalis.[1] Kecepatan reaksi ini bergantung pada konsentrasi hidrogen peroksida.[2][3][4] Reaksi ini hanya memerlukan sedikit bahan dan menghasilkan "gunung berapi busa", sehingga percobaan ini sering dilakukan di sekolah-sekolah.

Sekitar 50 ml hidrogen peroksida yang terkonsentrasi (>30%)[5] pertama-tama dicampur dengan sabun cair. Kemudian, sekitar 10 ml larutan kalium iodida digunakan sebagai katalis agar hidrogen peroksida mengalami dekomposisi dengan lebih cepat. Hidrogen peroksida berdekomposisi menjadi oksigen dan air. Hidrogen peroksida dalam jumlah kecil menghasilkan volume oksigen yang besar, sehingga oksigen dengan cepat terdorong ke luar dari bejana.[6] Air sabun memerangkap oksigen, menghasilkan gelembung dan berubah menjadi busa.[6] Sekitar 5-10 tetes pewarna makanan juga dapat ditambahkan sebelum kalium iodida untuk mempercantik efeknya.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Secara kimiawi, persamaan reaksi dekomposisi hidrogen peroksida adalah sebagai berikut:[2]

Dalam keadaan normal, reaksi ini berlangsung sangat lambat, sehingga katalis ditambahkan untuk mempercepat reaksi.[2][3][4]

Reaksi ini bersifat eksotermik dan busa yang dihasilkan itu panas.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elephant Toothpaste". 
  2. ^ a b c d "Elephant's Toothpaste" (PDF). University of Utah Chemistry Demonstrations. University of Utah. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-12-23. Diakses tanggal 21 March 2014. 
  3. ^ a b c "Elephant's Toothpaste - Kid Version". Steve Spangler Science. Diakses tanggal 21 March 2014. 
  4. ^ a b Dirren, Glen; Gilbert, George; Juergens, Frederick; Page, Philip; Ramette, Richard; Schreiner, Rodney; Scott, Earle; Testen, May; Williams, Lloyd (1983). "Chemical Demonstrations". A Handbook for Teachers of Chemistry. 1: 180–185. Bibcode:1985JChEd..62R..31K. doi:10.1021/ed062pA31.2. 
  5. ^ "Elephant's Toothpaste (slow motion)". Periodic Table of Videos. The University of Nottingham. 
  6. ^ a b "The Great Elephant Toothpaste Experiment!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-30. Diakses tanggal 2018-06-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]