Pascaperang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah keluarga Prancis kembali ke desa mereka, Buron, barat laut Caen, yang hancur total selama pertempuran, 18 Juli 1944.

Pascaperang atau periode pascaperang adalah masa yang terjadi setelah berakhirnya suatu perang. Istilah ini seringkali digunakan untuk merujuk pada masa yang berlangsung setelah Perang Dunia II, yang berakhir pada tahun 1945. Periode pascaperang bisa juga diartikan sebagai periode antar perang atau interbellum, khususnya ketika terjadi perang yang melibatkan pihak-pihak yang sama pada waktu berikutnya, seperti yang terjadi antara Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Dalam konteks lain, periode pascaperang ditandai dengan penghentian total konflik bersenjata.

Pasca Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Era Perang Dingin[sunting | sunting sumber]

Era pascaperang sering dianggap sama dengan era Perang Dingin. Dalam konteks ini, periode pascaperang kadang-kadang meliputi dekade 1980-an, yang berakhir pada tanggal 26 Desember 1991 dengan Pembubaran Uni Soviet.[1][2] Tahun 1990-an dan abad ke-21 jarang dianggap sebagai bagian dari era pascaperang, dengan istilah yang lebih spesifik seperti "era Pasca Perang Dingin" lebih sering digunakan untuk menggambarkan masa tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Netherlands History – the Netherlands Travel Guide – Budget Travel – Let's Go". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 August 2011. Diakses tanggal 16 June 2011. 
  2. ^ "Unknown Forum". soapbox.websitetoolbox.com.