Pasa dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pasa Isageum (?-112, bertahta tahun 80-112) adalah penguasa kelima dari Kerajaan Silla salah satu dari Tiga Kerajaan Korea. Ia memiliki gelar Pasa Isageum. Isageum adalah gelar kerajaan Silla. Sebagai keturunan dari pendiri Silla Hyeokgeose, nama keluarganya adalah Bak.

Pasa dari Silla
Hangeul 파사 이사금
Hanja 婆娑尼師今
Alih Aksara yang Disempurnakan Pasa Isageum
McCune–Reischauer P'asa Isagŭm

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Menurut riwayat Samguk Sagi, ia mungkin putra kedua dari raja ketiga Silla Yuri, atau putra adik lelaki Yuri, Naero. Jika ia adalah keponakan Yuri, ini dapat diindikasikan dukungan kekuasaan dari klan Seok.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 87, ia membangun kastil-kastil pertama Silla yang tercatat berada di luar wilayah Gyeongju.

Pada tahun 94, karena bersisian dengan konfederasi Gaya menyerang, Pasa mengirim 1,000 pasukan berkuda sebagai balasannya. Ketika Gaya menyerang kembali 2 tahun kemudian, ia secara pribadi memimpin pasukan sebanyak 5,000 orang memenangkan pertempuran itu. Pasa kemudian diredakan oleh seorang utusan dari Gaya, tetapi mempertahankan keunggulan atas konfederasi tersebut.

Pada tahun 101, benteng kerajaan Wolseong untuk pertama kalinya didirikan. Porsi dari benteng tersebut masih dipelihara di pusat Gyeongju.

Tahun berikutnya, Silla mendapatkan kontrol atas negara independen sebelumnya Siljikgok (yang sekarang Samcheok), Eumjipbeol (yang sekarang bagian utara Gyeongju), dan Apdok (yang sekarang Gyeongsan). Enam tahun berikutnya ia mengambil alih negara-negara Biji (yang sekarang Hapcheon), Dabeol (yang sekarang Pohang), dan juga Chopal (yang sekarang Changwon).

Negara tetangga saingannya Baekje menyerang pada tahun 85, namun Pasa berdamai dengan Giru dari Baekje pada tahun 105.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]