Michu dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Michu dari Silla adalah raja ketiga belas salah satu dari Tiga Kerajaan Korea, Silla (262-284). Ia memerintah dari tahun 262 hingga tahun 284. Ia merupakan raja pertama dari klan Kim yang duduk di atas tahta Silla; klan ini akan memegang tahta selama hampir di dalam sejarah Silla kemudian. Ia adalah putra Gudo, jenderal pemimpin Silla, dan generasi kesembilan keturunan dari pendiri klan Kim Alji.

Michu dari Silla
Makam Raja Michu yang berlokasi di lingkungan Hwangnam-dong, Gyeongju, Propinsi Gyeongsang Utara, Korea Selatan.[1]
Nama Korea
Hangul
미추이사금
Hanja
味鄒尼師今
Alih AksaraMichu Isageum
McCune–ReischauerMich'u Isagŭm


Selama masa pemerintahan Michu, riwayat Samguk Sagi menyebutkan sejumlah serangan dari Baekje, dan tidak menyinggung adanya kontak dengan negara tetangga lainnya.

Makam Michu di pelihara di lokasi yang sekarang adalah Gyeongju. Berbagai legenda berhubungan dengan gundukan makam tersebut, yang dikenal sebagai Jukjangneung, atau "Makam Bambu Ketua."

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Meskipun catatan dari eranya tidak berlebih-lebihan, ia sepertinya memiliki perhatian besar pada pertanian. Pada tahun 264, ia mengunjungi rakyat biasa untuk menyemangati mereka di dalam musim kelaparan. Pada tahun 268, para subjek di berangkatkan oleh Michu untuk mendengarkan keluhan rakyat.[butuh rujukan] Selain itu, dia cukup simpatik karena ia menolak kebutuhan untuk membangun istana dengan alasan bahwa orang tidak harus bekerja keras terlalu banyak.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]