Paruh-lengkung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paruh-lengkung
Recurvirostra

Pied avocet
(Recurvirostra avosetta)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliRecurvirostridae
GenusRecurvirostra
Linnaeus, 1758
Species
  • Recurvirostra avosetta
  • Recurvirostra americana
  • Recurvirostra novaehollandiae
  • Recurvirostra andina

Paruh-lengkung atau (nama lama : trinil-lumpur) /ˈævəsɛt/ merupakan burung yang berasal genus burung perandai Recurvirostra dalam famili burung yang sama dengan burung gagang-bayam . Nama genusnya berasal dari bahasa Latin recurvus , 'melengkung ke belakang' dan rostrum, 'paruh'. [1] Nama umum diperkirakan berasal dari kata Italia ( Ferrarese ) avosetta . Francis Willughby pada tahun 1678 mencatatnya sebagai "Avosetta si orang Italia".[2]

Biologi[sunting | sunting sumber]

Paruh-lengkung memiliki kaki yang panjang dan mereka menyapu paruhnya yang panjang, tipis, dan melengkung ke atas dari sisi ke sisi saat mencari makan di lahan basah payau atau asin yang mereka sukai. Bulu mereka berbulu, terkadang juga dengan sedikit warna merah.

Anggota genus ini mempunyai kaki berselaput dan mudah berenang. Makanan mereka terdiri dari serangga air dan makhluk kecil lainnya.

Mereka bersarang di tanah dalam koloni yang longgar. Di daerah muara, mereka mungkin memakan lumpur teluk atau dataran lumpur yang terbuka.

Paruh-lengkung adalah lambang Royal Society for the Protection of Birds .

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus Recurvirostra diperkenalkan pada tahun 1758 oleh naturalis Swedia Carl Linnaeus dalam edisi ke-10 Systema Naturae nya.</link> mengandung satu spesies, yaitu trinil-paya paruh-lengkung Recurvirostra avosetta .[3] Nama genusnya menggabungkan bahasa Latin recurvus</link> artinya 'bengkok' atau 'melengkung ke belakang' dengan rostrum</link> berarti 'paruh'.[4]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Genus ini berisi empat spesies. [5]

Gambar Nama Nama yang umum Distribusi
</img> Recurvirostra americana Paruh-lengkung Amerika Amerika Serikat Tengah/Barat, Florida Selatan, Meksiko, Saskatchewan, dan Alberta
</img> Recurvirostra andina Paruh-lengkung Andes Argentina, Bolivia barat, Chili utara, dan Peru selatan
</img> Recurvirostra avosetta Paruh-lengkung belang Eropa beriklim sedang dan Asia Barat dan Tengah
</img> Recurvirostra novaehollandiae Trinil-lumpur leher-merah Australia

Jangkauan dan habitat[sunting | sunting sumber]

Dalam koloni besar, mereka bertahan secara agresif dan mengusir spesies burung lain yang mencoba bersarang di antara atau di dekat mereka. Hal itu menimbulkan komentar kesal " Avocet: Exocet " dari beberapa pengamat burung Inggris.[6]

Mereka sudah lama punah di Inggris karena reklamasi habitat mereka dan penganiayaan oleh para pengumpul kulit dan telur . Namun selama atau segera setelah Perang Dunia II, mereka mulai berkembang biak di tanah reklamasi dekat Wash, yang dikembalikan ke rawa asin. untuk mempersulit pendaratan penjajah Jerman . Paruh-lengkung menggunakan Cagar Alam Nasional Titchfield Haven sebagai tempat berkembang biak di musim panas.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 266. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  2. ^ Swann, H. Kirke (1913). A dictionary of English and folk-names of British Birds. London: Witherby and Co. hlm. 9. 
  3. ^ Linnaeus, Carl (1758). Systema Naturae per regna tria naturae, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis (dalam bahasa Latin). 1 (edisi ke-10th). Holmiae (Stockholm): Laurentii Salvii. hlm. 151. 
  4. ^ Jobling, James A. (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 331. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  5. ^ Gill, Frank; Donsker, David; Rasmussen, Pamela, ed. (July 2021). "Buttonquail, thick-knees, sheathbills, plovers, oystercatchers, stilts, painted-snipes, jacanas, Plains-wanderer, seedsnipes". IOC World Bird List Version 11.2. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 17 August 2021. 
  6. ^ BBC TV 1 program The One Show, 7–7:30 p.m. 16 January 2008
  7. ^ "Cottage Hide" (dalam bahasa Inggris). Hampshire County Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 June 2019. Diakses tanggal 3 June 2019.